Cara merawat baterai laptop gaming wajib kamu ketahui terutama agar perangkat laptop awet dan tahan lama untuk digunakan baik keperluan sehari-hari atau bermain game.

Ada banyak tipe gamer yang sering ditemui, mulai dari player yang bermain menggunakan ponsel, tablet, kemudian ada juga yang bermain di PC, konsol dan laptop gaming.

Kebanyakan laptop gaming memang memiliki harga yang cukup mahal. Dan bahkan lebih mahal dari perangkat ponsel high end ataupun konsol dan PC rakitan.

Sejatinya laptop gaming merupakan opsi kedua jika kamu seorang gamer. Laptop digunakan hanya untuk bermain game di luar ruangan atau bagi kamu yang sering bepergian.

Hal ini dikarenakan PC atau konsol hanya dapat dimainkan pada satu tempat saja. Sedangkan laptop gaming bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja.

Cara Merawat Baterai Laptop Gaming

Cara Merawat Baterai Laptop Gaming

Agar laptop kamu awet, kamu harus tahu cara merawat baterai laptop gaming yang sudah Haxina rangkum dibawah ini.

Gunakan Alat Tambahan Pendingin Laptop

Ada banyak produk tambahan yang berfungsi untuk mendinginkan laptop. Alat ini biasanya merupakan kipas yang nantinya bisa kamu tempelkan pada bagian laptop.

Sehingga suhu panas ketika bermain game akan dikurangi secara signifikan yang menjadikan laptop akan jarang mengalami overheat dan bisa dimainkan lebih lama untuk bermain game.

Bersihkan Laptop Dari Debu Secara Rutin

Membersihkan bagian luar laptop sangat wajib dilakukan secara rutin, gunakan kuas atau tisu untuk membersihkan laptop dari debu, terutama pada bagian keyboard.

Selain itu, kamu juga bisa membersihkan bagian dalam laptop jika diperlukan. Kamu bisa menggunakan alat seperti Air Brush yang menyemprotkan udara pada bagian dalam laptop sehingga semua kotoran di dalam akan keluar.

Baca Juga: Cara Membersihkan Cache Di Laptop Windows & MAC

Batasi Waktu Bermain Game

Bermain game terlalu lama tentu saja tidak akan baik untuk kesehatan baik baterai walaupun pada diri kamu sendiri, karena itulah membatasi waktu bermain adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Kamu bisa membatasi bermain game beberapa jam sehari, misalnya menjadwalkan untuk bermain hanya 3 – 5 jam sehari saja menggunakan laptop gaming. Jika pengen lebih, gunakan perangkat lain seperti konsol atau PC.

Jangan Sampai Baterai 0%

Baterai tentu saja akan sangat rentan rusak jika dibiarkan kosong alias baterai 0%. Hal ini akan lebih merusak komponen baterai jika sering terjadi.

Karena itulah, usahakan untuk mengisi baterai setidaknya dalam persentase 30% – 90%. Baik digunakan untuk bermain ataupun tidak, cara ini akan memperpanjang Baterai Health laptop gaming kamu.

Kurangi Bermain Game Sambil Charging

Ada banyak gamer yang bermain menggunakan laptop gaming sambil di cas. Hal ini jangan terlalu sering dilakukan. Yang mana biasanya memang laptop sering digunakan sambil di cas.

Agar baterai awet, kamu bisa melepaskan baterai, kemudian gunakan sambil charging, akan tetapi, pastikan bahwa kamu memiliki aliran listrik yang bagus dan jarang ada pemadaman dadakan.

Berhenti Gunakan Laptop Ketika Panas Berlebih

Terakhir adalah untuk berhenti bermain game ketika suhu pada laptop berlebih atau overheat. Suhu panas akan membuat komponen pada laptop mudah rusak.

Tak hanya baterai saja. Jika terlalu panas akan membuat komponen lain seperti RAM, Motherboard, SSD bahkan VGA pada laptop akan mengalami kerusakan. Laptop juga akan mati mendadak jika terlalu panas.

Baca juga: Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan

Demikian diatas merupakan langkah-langkah cara merawat baterai laptop gaming yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat dan selamat bermain.