Install ulang Windows pada laptop memang kerap dilakukan, hal ini menjadi alternatif jika suatu saat sistem operasi mengalami masalah, kamu harus tahu driver yang harus diinstal setelah instal ulang Windows 10 & 11.

Driver merupakan software khusus yang dibuat untuk mengontrol hardware yang terpasang pada laptop. Setiap hardware akan memiliki driver masing-masing sehingga jumlah driver tentu saja akan cukup banyak untuk satu perangkat laptop.

Selain itu, setiap komponen pada laptop, seperti motherboard, VGA, Sound, dan lainnya akan memiliki driver masing-masing yang dapat diinstall secara terpaksa, baik melalui CD ataupun dengan cara manual.

Agar setiap hardware yang terdapat pada laptop bisa berfungsi secara optimal dan untuk menghindari adanya masalah pada laptop. Kamu harus menginstall semua driver yang dibutuhkan untuk laptop.

Setiap seri laptop walaupun dengan merek yang sama, akan memiliki driver yang berbeda, sehingga pastikan bahwa kamu memang menggunakan driver yang benar sesuai dengan merek dan driver yang bisa kamu unduh di situs resminya.

Nah berikut ini, deretan driver yang harus diinstal setelah instal ulang Windows 10 & 11. Semua driver ini akan membuat sistem operasi dan perangkat pada laptop berjalan dengan lancar dan semestinya.

Driver Yang Harus Diinstal Setelah Instal Ulang Windows 10 & 11

Driver Yang Harus Diinstal Setelah Instal Ulang Windows 10 dan 11

Windows 10 dan 11 terbilang cukup mirip dan tidak terlalu ada perubahan yang signifikan, sehingga untuk masalah driver yang kamu install juga cukup sama. Dan kamu bisa menggunakannya sebagai berikut ini.

Ethernet dan Wireless Driver

Driver satu ini memiliki fungsi agar perangkat laptop terhubung dengan jaringan internet. Tentu saja kamu tidak mau jika mengalami masalah pada laptop bukan? Terutama yang mengalami tidak bisa menggunakan WiFi ataupun Jaringan Modem.

Sehingga kamu wajib untuk menginstall driver Ethernet dan Wireless. Jika pada laptop baru tidak terkoneksi pada jaringan, kamu bisa menggunakan USB dengan memanfaatkan perangkat lain.

Akan tetapi, secara umum, walaupun baru saja diinstal ulang dan merupakan perangkat laptop baru, driver jaringan seperti sudah terinstall, kamu cukup memperbaikinya ke versi terbaru.

Baca Juga: Cara Melihat Pass Wifi Di Laptop dengan Mudah

VGA atau Graphics Driver

Terutama untuk kamu yang menggunakan VGA terpisah, misalkan seri AMD RX atau Nvidia, menambahkan driver graphics akan sangat membantu untuk mengoptimalkan kemampuan pada VGA.

Hal ini akan membuat pengalaman bermain game atau menggunakan Video Editor yang berat dan membutuhkan graphis akan berjalan dengan lancar. Kamu wajib menggunakannya.

Baca Juga: Cara Mengatur Resolusi Monitor Tidak Sesuai di Windows 10

Chipset Driver

Chipset Driver memiliki fungsi untuk mengontrol dan mengoptimalkan beberapa komponen seperti CPU, GPU dan PCI devices. Sehingga akan mengurangi masalah yang terjadi dalam penyambungan komponen tersebut.

Sehingga kamu tidak akan mengalami masalah dari ketiga komponen diatas, walaupun begitu driver ini sudah terinstall secara otomatis walaupun sudah di install ulang, kamu harus memperbaikinya.

Audio Driver

Jika laptop kamu tidak mengeluarkan suara, jangan langsung menyimpulkan ada permasalah pada Audio laptop kamu, bisa saja hal ini dikarenakan driver yang belum terinstall.

Nah untuk mengatasinya, silahkan install Audio Driver, sehingga semua suara pada laptop akan muncul kembali dan masalah dapat teratasi.

Baca Juga: Cara Menggunakan Cdg Plug-In For Winamp

Touchpad Driver

Driver ini akan memaksimalkan fungsi dari Touchpad pada laptop, sehingga akan terasa lebih smooth dan lebih nyaman ketika digunakan.

Tanpa dirver ini, kamu akan mengalami masalah pada navigasi ketika menggunakan laptop, touchpad terasa lemot dan sulit untuk digerakan.

Demikian diatas merupakan deretan driver yang harus diinstal setelah instal ulang Windows 10 & 11. Semoga saja berguna dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Sampai jumpa di ulasan Haxina.com lainnya ya!