5 Cara Mengatasi Baterai Laptop Plugged in Charging Tapi Tidak Mengisi

2 min read

laptop

Inilah cara mengatasi baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi. Laptop adalah komputer portabel yang bisa digunakan tanpa kabel karena menggunakan baterai sebagai sumber dayanya.

Maka dari itu jika baterai laptop mengalami drop sudah bisa dipastikan kita tidak bisa menggunakannya. Salah satu yang bisa mengakibatkan baterai drop adalah arus listrik yang tidak stabil ketika melakukan pengecasan.

Kita kadang jarang sekali bisa melihat ciri-ciri awal dari baterai laptop yang mengalami drop sebelum dampaknya terasa sangat parah, contohnya baru saja menggunakan baterai laptop langsung habis, meski kamu baru saja melakukan charging. Jika sudah seperti ini salah satunya adalah dengan mengganti baterai agar masalah ini teratasi.

Selain baterai drop ada juga masalah yang pada baterai yang mungkin diantara kamu pernah mengalaminya, misalnya saat melakukan pengecasan pada baterai laptop dengan charger atau kabel daya, namun indikator menunjukkan dia tidak mengisi, atau yang disebut “Plugged in not Charging”.

Cara Mengatasi Laptop Baterai Plugged in Charging Tapi Tidak Mengisi

Baterai Plugged in

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa cara mengatasi baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi. Inilah penjelasannya.

1. Periksa Charger

Cara pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan pada perangkat charger atau kabel daya terlebih dahulu. Sebab bisa saja masalah ini karena charger laptop kamu yang memang bermasalah.

Untuk memeriksanya bisa dengan menggunakan laptop lain yang memiliki tipe sama dan memastikan charger bekerja dengan normal. Jika hasilnya sama saja, waktunya untuk mengganti charger laptop dengan yang baru.

2. Periksa Kestabilan Daya Listrik

Cara kedua adalah dengan memeriksa kestabilan daya listrik dirumah kamu, mungkin saja tidak terisinya baterai dikarenakan listrik yang tidak stabil dan sejenisnya.

Jika memang tidak stabil kami sarankan untuk langsung mencabut casan dari laptop kontak, sebab ini akan beresiko merusak baterai laptop dan laptop itu sendiri.

3. Restart Laptop

Kadang semua masalah yang kita temui pada laptop bisa dengan mudah teratasi hanya dengan melakukan restart saja.

Meski bisa instant mengatasi masalah, akan tetapi kita bisa berharap cara ini bisa mengatasi masalah yang ada. Lagian tidak akan ribet untuk melakukannya dan tidak ada salahnya untuk mencobanya.

4. Lakukan Kalibrasi Baterai Laptop

Adakalanya kita harus melakukan kalibrasi baterai, meski tidak ada aturan pasti kapan harus melakukan kalibrasi terhadap baterai laptop.

Kalibrasi bisa dikatakan cara untuk menyamakan persepsi antar apa yang dibaca software dengan kondisi riil di lapangan, dalam masalah ini tentu saja persentase kesehatan baterai.

Bisa saja alasan mengapa laptop tidak mengisi karena laptop membaca baterai belum penuh, Sedangkan dalam kondisi nyata baterai sudah terisi penuh.

Kamu bisa dengan mudah melakukan kalibrasi, caranya adalah mengosongkan baterai laptop sampai 0% lalu mengisinya kembali sampai penuh.

Jika terdapat software kalibrasi yang memang disediakan produsen atau developer laptop, bisa mencoba menggunakan software tersebut.

5. Periksa Software yang Menghalangi Pengisian Data

Beberapa developer laptop ada yang mendesain laptop produksinya agar bisa mengatur kapan baterai laptop boleh diisi.

Contohnya baterai laptop akan mulai diisi apabila daya sudah dibawah 60% dan lebih dari itu secara otomatis tidak akan terisi. Maka pada laptop ini bisa mengisi daya ketika baterai jatuh pada titik tertentu dan juga berhenti pada saat mencapai batas tertentu.

Hal inilah yang bisa jadi penyebab baterai laptop seakan tidak terisi meski sudah melakukan charger, sedangkan baterai bertindak sebagai sumber daya bagi laptop dan bertindak sebagai pengganti arus listrik yang sudah terputus.

Itulah beberapa cara mengatasi baterai laptop Plugged in Charging tapi tidak terisi, jika semua cara diatas tidak berhasil, mungkin sudah saatnya kamu untuk mempertimbangkan penggantian baterai dengan yang baru. Terimakasih sudah menyimak pembahasan kita kali ini. See you next time!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *