Cara Membersihkan Cache Di Laptop Windows & MAC

2 min read

Cara Membersihkan Cache Di Laptop

Sebagai pengguna komputer atau laptop, tentu saja anda harus mengetahui bagaimana cara membersihkan cache di laptop atau komputer. Hal ini karena sekarang ini komputer menjadi salah satu alat penunjang kegiatan online sehari-hari. Sehingga performa komputer atau laptop yang lelet tentu saja bisa mempengaruhi dan menghambat aktivitas anda sehari-hari.

Perlu diketahui membuka aplikasi hingga mengakses situs web dapat membuat cache hadir di laptop Anda. Keberadaan cache yang terlalu banyak memang merugikan pengguna laptop. Salah satunya ialah memakan ruang penyimpanan internal pada laptop, sehingga menyebabkan kinerja laptop menjadi berat. Oleh karena itu, membersihkan cache di laptop harus dilakukan sesekali.

Namun, masih banyak pengguna laptop yang belum mengetahui cara membersihkan cache di laptop yang benar.

Apa Itu Cache?

Cache merupakan tempat penyimpanan sementara file yang pernah diakses pada situs web. Sehingga saat mengakses situs web kembali, Anda tidak perlu mengunduh data dari server lagi. Salah satu fungsi dari cache yakni membuat efektif dan efisien Anda saat browsing.

Jadi saat mengakses situs web, secara otomatis Anda akan meminta file untuk ditampilkan. File tersebut bisa berupa teks, gambar maupun video. Untuk menampilkan file kepada Anda, ada beberapa proses yang harus dilewati oleh browser. Salah satu prosesnya ialah menyimpan sementara file tersebut untuk akses berikutnya. Hal ini berlaku untuk semua akses di seluruh website yang Anda kunjungi.

Cara Membersihkan Cache Di Laptop

Kinerja laptop yang lemot merupakan hal yang menyebalkan bagi Anda. Cache memang berguna memudahkan mengakses kembali situs web yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Namun penumpukan file cache juga tidak baik untuk laptop Anda. Sehingga membersihkan cache di laptop harus dilakukan karena caranya yang cukup mudah. Pada kesempatan kali ini saya akan akan bahas cara membersihkan cache di laptop

Membersihkan Cache Di Laptop Windows

Cara Membersihkan Cache Di Laptop Windows

Windows adalah salah satu sistem operasi yang sangat populer dan banyak digunakan oleh pengguna komputer di Indonesia bahkan dunia. Nah untuk cara membersihkan file cache pada laptop dengan Windows OS, ada 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus cache, yaitu

Cara Pertama

  1. Langkah pertama buka menu setting (Anda dapat menekan tombol Windows + I).
  2. Kemudian, pilih menu System, pilih menu Storage, dan pilih partisi This PC (C).
  3. Pada Temporary Files, centang kotak Temporary Files untuk menghapus cache, centang kotak Download Folder jika ingin menghapus isi folder Download dan centang kotak Empty Recycle Bin jika ingin menghapus isi folder Recycle Bin.
  4. Terakhir klik Remove.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Video Yg Terhapus Di Laptop Dengan Ampuh

Cara Kedua

  1. Langkah pertama tekan tombol Windows + R pada keyboard,
  2. Kemudian Anda akan diarahkan pada jendela Run.
  3. Ketikkan “temp” pada kotak box lalu tekan Enter.
  4. Selanjutnya, Anda dapat melihat folder dan file yang merupakan cache.
  5. Tekan CTRL + A untuk memilih seluruh folder dan file cache, setelah itu tekan delete untuk membersihkan cache pada laptop tersebut.

Cara Ketiga

  1. Langkah pertama silahkan anda buka menu setting (Anda dapat menekan tombol Windows + I).
  2. Kemudian, pilih menu System dan pilih menu Storage.
  3. Selanjutnya pada opsi Storage sense geser ke mode on.
  4. Setelah itu klik Change how we free up space, lalu pilih data temporary yang akan dihapus dengan mencentangnya.

Cara Terakhir

  1. Langkah pertama silahkan anda buka folder Recycle Bin pada laptop Anda,
  2. Kemudian klik kanan lalu pilih Select All (Anda dapat menekan CTRL + A) untuk memilih seluruh folder dan file.
  3. Setelah itu, tekan delete untuk menghapus folder dan file.

Baca Juga: Cara Cek Spesifikasi Laptop Lengkap Mudah!

Membersihkan Cache Di Laptop MAC

Cara Membersihkan Cache Di Laptop Mac
Untuk membersihkan file cache pada laptop dengan MAC OS, Anda bisa melakukan dengan cara dibawah ini :

  1. Dari jendela Finder, tekan shift, command dan G. Kemudian anda akan diarahkan jendela Go to Folder. Lalu ketikkan perintah “~/Library/Caches” pada kotak pencarian. Anda dapat melakukan perintah ini dengan membuka Finder dan menavigasi ke Go > Go to Folder dari menu.
  2. Setelah itu tekan tombol Go, maka akan tampil folder yang berisi file cache Mac. Pada folder ini Anda dapat memilih seluruh file cache, kemudian pindahkan ke Trash untuk menghapus file cache.

Nah itulah bagaimana cara membersihkan cache di laptop dengan aman dan mudah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *