Ini cara menghemat baterai HP Xiaomi. Seperti yang kamu ketahui Xiaomi saat ini sudah banyak meluncurkan berbagai perangkat ponsel di Indonesia.

Khususnya untuk perangkat Xiaomi lama, pastinya akan muncul masalah khususnya pada baterai. Agar baterai kamu tahan lama, kamu harus tahu metode cara merawatnya.

Silahkan simak berikut ini tutorial bagaimana cara menghemat baterai HP Xiaomi yang bisa kamu coba. Lakukan dengan benar agar membuat perangkap kamu awet dan tahan lama.

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Ada beberapa poin penting yang bisa kamu coba agar membuat baterai tahan lama. Silahkan ikuti beberapa langkah cara menghemat baterai HP Xiaomi berikut ini:

Jangan Install Banyak Aplikasi

Pertama adalah dengan jangan menginstall banyak aplikasi. Dimana setiap aplikasi akan membutuhkan izin dimana aplikasi tersebut akan berjalan walaupun tidak digunakan.

Tak hanya itu menginstall banyak aplikasi artinya setiap aplikasi akan berjalan di latar belakang sehingga akan mengkonsumsi daya baterai.

Matikan Data Jika Tidak Digunakan

Kedua adalah dengan mematikan paket data kamu jika tidak digunakan. Misalnya kamu sedang tidur. Agar baterai tidak boros sebaiknya mematikan paket data.

Dengan cara ini, baterai kamu bahkan tidak akan berkurang 1% pun ketika kamu bangun dipagi harinya jika mematikan paket data.

Matikan Aplikasi di Latar Belakang

Berikutnya adalah dengan mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Opsi ini bisa kamu settings secara manual.

Caranya cukup pergi ke menu Manajemen Aplikasi pada Xiaomi kamu, dan kemudian matikan secara manual aplikasi apa saja yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan.

Baca juga: Cara Cepat Mengisi Baterai HP Xiaomi

Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Berikutnya adalah jangan menggunakan Live Wallpaper. Aplikasi yang mmeungkinkan gambar bergerak ini cukup boros jika digunakan pada Android.

Dimana wallpaper tersebut akan terus bergerak setiap saat sehingga akan membuat baterai lebih boros dari wallpaper biasanya.

Pasang Wallpaper Warna Hitam

Khusus bagi kamu pengguna Xiaomi dengan layar jenis Amoled menggunakan wallpaper dengan warna hitam menjadi salah satu pilihan terbaik agar baterai awet.

Dimana dengan wallpaper warna hitam tidak akan memakan daya dari baterai sehingga konsumsi baterai sama seperti ketika ponsel dimatikan.

Gunakan Jaringan WiFi

Untuk yang berikutnya adalah dengan menggunakan jaringan WiFi. Dibandingkan dengan menggunakan provider biasa, penggunaan WiFi jauh akan lebih hemat.

Dimana hal ini karena ponsel tidak perlu mencari sinyal, dan penggunaan jaringan data akan lebih stabil karena sumbernya dekat dengan kamu.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Xiaomi Panas dan Baterai Cepat Habis

Matikan Fitur GPS

Berikutnya adalah dengan mematikan fitur GPS pada ponsel Xiaomi kamu. GPS akan aktif terus menerus walaupun ponsel tidak digunakan.

Sehingga dengan mematikan GPS akan lebih menghemat penggunaan pada baterai Xiaomi kamu.

Kurangi Penggunaan Kamera

Berikutnya adalah dengan mengurangi penggunaan Kamera, dimana kamera akan memakan banyak daya baterai ketika digunakan.

Penggunaan kamera sama saja ketika kamu bermain game, dimana akan lebih membuat boros baterai Xiaomi kamu.

Kurangi Kecerahan Pada Layar

Mengurangi kecerahan layar pada HP Xiaomi kamu terbilang lebih efektif untuk menghemat baterai.

Layar yang cerah memungkinkan cahaya lebih terang dan menyerap daya baterai lebih banyak dibandingkan dengan layar yang redup.

Aktifkan Mode Hemat Baterai

Terakhir adalah dengan mengaktifkan mode hemat daya. Setiap smartphone Xiaomi memiliki mode Hemat Daya dan Mode Performa.

Nah agar baterai awet, gunakan mode hemat daya untuk mengurangi aktivitas dalam smartphone.

Baca juga: Cara Merawat Baterai HP Xiaomi Agar Awet

Demikian diatas merupakan beberapa langkah cara menghemat baterai HP Xiaomi. Semoga bermanfaat dan membantu kamu yang membutuhkan. Sampai jumpa!