Cara merawat baterai HP Xiaomi agar awet dan tahan lama. Xiaomi merupakan salah satu brand yang gencar dalam merilis ponsel terbarunya hampir setiap bulan, dan ponsel yang banyak dijumpai saat ini kebanyakan sudah menerapkan baterai tanam.

Baterai tanam atau baterai non-removable merupakan baterai yang dimana tidak dapat dilepas dengan mudah, kamu memerlukan alat dan skill khusus jika ingin melepaskan baterai tersebut.

Karena daya tahan baterai yang cukup lama, biasanya berkisar tiga atau empat tahun, maka dari itu banyak produsen yang menggunakan baterai yang ditanam langsung pada bagian ponsel agar lebih terlihat solid dan tahan lama.

Bagi kamu yang merupakan pengguna ponsel Xiaomi atau ponsel lainnya, ada beberapa tips cara merawat baterai HP Xiaomi agar awet yang bisa untuk kamu coba. Silahkan simak terus ulasan dibawah ini.

Oleh karena itu, kamu harus mencoba cara merawat baterai HP Xiaomi agar awet dan tahan lama, agar tidak sering mengganti komponen khususnya baterai.

Cara Merawat Baterai HP Xiaomi Agar Awet

Cara Merawat Baterai HP Xiaomi Agar Awet

Cukup mudah, cara merawat baterai HP Xiaomi agar awet yang harus kamu lakukan adalah untuk menghindari beberapa poin dibawah ini.

Jangan Digunakan Berlebihan

Pertama, pengguna ponsel Xiaomi yang berlebihan akan membuat baterai kamu cepat mengalami masalah.

Yang dimana pengguna akan mengalami banyak gangguan seperti panas, boros dan lainnya.

Gunakan ponsel sewajarnya saja, misalnya untuk kebutuhan sosial media, selfie dan kegiatan normal lainnya yang tidak berlebihan.

Baca Juga: Aplikasi Pengisian Baterai Cepat HP Xiaomi

Hindari Charger KW

Kedua adalah penggunaan charger KW yang memang cukup memiliki resiko pada penggunaannya. Biasanya jika terlalu sering akan membuat baterai boros, gampang panas dan mudah rusak.

Agar baterai kamu  bisa lebih awet, kamu harus menghindari penggunaan pada charger KW. Gunakan baterai yang original resmi merek Xiaomi.

Biasanya untuk membedakan charger KW dengan charger asli adalah pada harga ketika kamu membeli. Charger asli memiliki harga lebih tinggi dari charger KW.

Jangan Ngecas Semalaman

Tak hanya pada charger saja, cara kamu ngecas juga sangat penting untuk diketahui, dimana salah satunya adalah dengan menghindari ngecas semalaman.

Biasanya banyak pengguna yang melakukan charging HP sebelum tidur, dan meningkatkan charger tersebut menancap semalaman. Hal ini akan membuat baterai kembung dan kesehatan baterai akan berkurang.

Hindari Ngecas Sambil Bermain Game

Selanjutnya adalah dengan menghindari pemakaian baterai ketika bermain game. Biasanya banyak pengguna yang tidak sabar untuk melanjutkan bermain game walaupun dalam keadaan baterai yang boros.

Jika kamu melakukan hal ini, baterai akan cepat panas, dan kesehatan berkurang, baterai juga akan kembung jika terlalu sering melakukannya.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Xiaomi Panas dan Baterai Cepat Habis

Segera Cas Sebelum Baterai Lowbat

Terakhir, adalah jangan menunda-nunda jika ponsel kamu lowbat, segara cas hingga baterai terisi.

Jika perangkat kamu sering drop karena lowbat akan menurunkan kesehatan pada baterai sehingga akan mudah rusak.

Diusahakan untuk segera ngecas perangkat kamu ketika muncul notifikasi baterai dibawah 20% dan hindari penggunaan hingga baterai drop.

Baca Juga: Cara Cepat Mengisi Baterai HP Xiaomi

Penutup

Penggunaan yang baik akan membuat baterai kamu awet dan tahan lama. Namun perlu diingat, umur baterai pada sebuah smartphone bisa dibilang terbatas.

Umumnya baterai akan mengalami kerusakan setelah mencapai penggunaan tiga atau empat tahun, disarankan kamu mengganti baterai atau membeli ponsel baru jika sudah digunakan dalam 4 tahun pemakaian.

Demikian diatas merupakan langkah-langkah cara merawat baterai HP Xiaomi agar awet. Semoga bermanfaat dan membantu kamu yang membutuhkan. Sampai jumpa diartikel Haxina.com lainnya!