Cara Mengatasi Charger iPhone Tidak Berfungsi

Penulis: Ai Konome

Cara Mengatasi Charger iPhone Tidak Berfungsi

Charger merupakan komponen penting untuk mengisi daya pada iPhone, namun pernahkah kamu mengalami masalah charger iPhone tidak berfungsi? Hal ini tentu saja merupakan masalah umum yang sering dialami hampir oleh semua pengguna iPhone.

Ada banyak sekali masalah yang menyebabkan charger rusak, misalnya seperti keteledoran pengguna seperti charger terbentur dengan keras, kerusakan pada kabel data seperti robek atau putus, hingga masalah seperti charger yang terkena air hingga konslet.

Sebenarnya dengan mengetahui penyebab kerusakan secara fisik, pengguna bisa langsung mengetahui solusinya, jika memang benar-benar parah, pengguna bisa langsung membeli charger baru. Namun jika masalah ringan, kamu bisa cara mengatasi charger iPhone tidak berfungsi dibawah ini.

Cara Mengatasi Charger iPhone Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Charger iPhone Tidak Berfungsi

Langsung saja, berikut ini merupakan beberapa langkah mengenai cara mengatasi charger iPhone tidak berfungsi sekaligus penyebabnya. Silahkan simak baik-baik.

Cek Kerusakan Charger

Charger terdiri dari kepala charger dan kabel data, kamu bisa memeriksa kerusakan dari kedua komponen tersebut, kerusakan pada charger sangat bermacam-macam. Seperti tekanan daya pada kepala charger yang bermasalah, kepala charger terkena air, konslet dan lainnya.

Biasanya, komponen yang sangat mudah rusak adalah kepala charger, kamu bisa memeriksa apakah terjadi masalah pada kepala charger. Untuk mengeceknya kamu bisa mengganti kepala charger punya teman.

Kenali juga penyebab kerusakan, mungkin saja charger rusak karena terbentur keras, terkena air atau masalah tekanan yang konslet. Kemudian perbaiki kerusakan tersebut dengan membawanya ke service center atau secara mandiri.

Baca Juga: Ciri-ciri Charger iPhone Rusak

Periksa Port Charge Pada iPhone

Mengatasi masalah charger iPhone juga harus cek bagian port pada iPhone, dimana jika port iPhone mengalami masalah seperti banyak debu, maka iPhone tidak dapat melakukan pengecasan.

Silahkan periksa apakah port charger berfungsi atau tidak, kamu bisa mencoba charger kamu ke perangkat iPhone lain, dan jika berfungsi dengan baik, itu artinya penyebab terdapat pada port charger pada perangkat iPhone.

Untuk mengatasinya, silahkan bersihkan port charger pada iPhone dengan membersihkannya menggunakan jarum atau tusuk gigi, pastikan port charger bersih dari debu hingga kabel lightning dapat masuk dan bekerja dengan baik.

Kabel Data Bermasalah

Bisa saja masalah terjadi karena kabel data rusak, seperti terkena atau putus pada bagian dalamnya, selain itu kerusakan pada kabel data bisa pada port USB yang sudah usang atau rusak.

Untuk memastikannya, kamu bisa cek terlebih dahulu pada bagian kabel data dengan mengganti menggunakan kabel data lain, misalnya meminjam kabel data teman kamu dan kemudian mencobanya.

Jika kabel data benar-benar rusak, kamu bisa mengganti dengan kabel data baru, dan pastikan kamu membeli kabel data ori resmi Apple seperti di iBox atau toko online resmi.

Ganti Charger Baru

Jika memang charger kamu tidak berfungsi secara keseluruhan setelah mengecek berbagai komponen dan sudah dipastikan 100% rusak, kamu bisa mengganti dengan charger baru, dan pastikan bahwa charger baru kamu resmi dari Apple.

Kerusakan pada charger memang sudah hal umum terjadi, karena lamanya pemakaian atau masalah lainnya seperti terkena air atau terbentur akan langsung merusak komponen pada charger.

Daripada memperbaiki charger, akan lebih baik bagi kamu untuk mengganti dengan yang baru, atau jika salah satu komponen rusak, ganti komponen yang rusak tersebut sehingga bisa dapat digunakan kembali.

Baca Juga: Ciri Kepala Charger iPhone Original

Demikian diatas merupakan ulasan mengenai cara mengatasi charger IPhone tidak berfungsi yang bisa saja disebabkan karena masalah pemakaian atau human error. Semoga ulasan diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu pengguna iPhone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!