Ciri-Ciri Charger iPhone Rusak

Penulis: Ayaka Kamisato

charger iphone

Charger merupakan perangkat penting harus ada jika kamu menggunakan ponsel pintar, kebutuhan mengisi daya dapat dilakukan setiap hari. Bagi kamu pengguna iPhone, berikut ini ciri-ciri charger iPhone rusak yang bisa kamu ketahui.

Terdapat dua tipe charger yang biasanya digunakan, pertama adalah charger original dan charger KW, charger original memiliki keunggulan dan kelebihan yang sudah pasti, namun jika menggunakan charger KW, akan ada banyak masalah yang timbul jika sering digunakan.

Jika kamu mengalami masalah charger yang bermasalah, mengetahui apa saja ciri-ciri charger iPhone rusak cukup penting untuk memastikan apakah charger tersebut benar-benar rusak atau tidak.

Ciri-Ciri Charger iPhone Rusak

Tanda iPhone Ngecas Saat Mati

 

Berikut ini informasi mengenai beberapa ciri-ciri charger iPhone rusak yang bisa kamu ketahui, sekaligus solusi untuk mengatasinya.

Kerusakan Secara Fisik

Kamu bisa melihat apakah charger rusak atau tidak melalui fisik dari charger tersebut, misalnya charger yang mengalami benturan, keretakan pada body charger, kabel putus dan lainnya.

Kerusakan ini bisa dilihat secara jelas, kamu bisa mencoba menggunakan charger lain untuk memastikan apakah benar-benar rusak atau tidak.

Untuk cara mengatasinya dapat dilakukan dengan mengganti komponen yang rusak, jika kabel putus, gunakan kabel data baru, jika kepala charger yang rusak, kamu bisa mengganti kepala charger.

Kerusakan Karena Cairan

Kerusakan karena cairan cukup sulit untuk diketahui, sebagai alat elektronik pastinya akan sangat rentan rusak jika terkena air.

Secara fisik, kerusakan ini sulit untuk diketahui, namun sudah dipastikan mesin charger akan mengalami konslet dan rusak hingga tidak bisa digunakan.

Tidak ada cara untuk mengatasi kerusakan ini selain mengganti dengan charger yang baru. Pastikan mengganti dengan charger original Apple ya.

Lightning USB atau USB Type C Longgar dan Kotor

Kebanyakan charger iPhone saat ini menggunakan Lightning USB, sedangkan untuk iPhone keluaran baru sudah mulai menggunakan USB Type C.

Biasanya kerusakan pada port USB ini mengalami kerusakan seperti kotor atau sudah longgar ketika digunakan, sehingga charger tidak dapat digunakan.

Jika kepala charger masih bagus dan masih dapat digunakan, kamu bisa mengganti kabel data agar charger normal kembali.

Suhu Baterai atau Kepala Charger Sering Panas

Jika charger yang bermasalah, biasanya ketika proses pengisian, kepala charger atau suhu pada baterai iPhone akan sangat panas tidak masuk akal.

Suhu tersebut biasanya akan merusakan komponen lain, seperti membuat baterai kembung, hingga ke bagian layar.

Jika mengalami hal ini, segeralah untuk mengganti charger iPhone kamu, dan pastikan charger yang digunakan merupakan original.

Baterai Berkurang Ketika Charging

Ketika di charger, pastinya baterai akan penuh sesuai dengan kemampuan charger dalam mengisi baterai, namun jika charger bermasalah, baterai malah akan terus berkurang.

Itu artinya, charger memang tidak mengisi dengan semestinya, dan hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kabel data yang rusak atau kepala charger rusak.

Charger Tidak Mengisi Sama Sekali

Terakhir adalah charger yang tidak mengisi sama sekali, ini artinya charger tersebut sudah benar-benar rusak, namun pastikan letak kerusakan mungkin terjadi pada kabel data atau kepala charger saja.

Kamu bisa mencoba untuk menggunakan charger atau kepala charger teman kamu yang sesama iPhone, dan pastikan kerusakan pada bagian apa terlebih dahulu. Jika sudah, ganti komponen yang sudah rusak dengan membeli yang baru.

Demikian diatas merupakan beberapa informasi ciri-ciri charger iPhone rusak. Informasi diatas bisa bermanfaat khususnya bagi kamu yang bingung dalam memeriksa perangkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!