Haxina.com Baterai merupakan komponen utama untuk menghidupkan sebuah smartphone, ketika membeli iPhone bekas, kamu harus tahu cara cek keaslian baterai iPhone terlebih dahulu.

Untuk mengetahui apakah baterai sudah pernah diganti atau tidak memang sulit dilakukan, terlebih jika after service baterai tersebut menggunakan baterai palsu, pengguna baru harus mengantisipasi masalah yang akan datang.

Menggunakan baterai palsu pada perangkat iPhone sangat beresiko, pasalnya baterai tersebut bukan asli dari Apple, dan tentu saja akan menimbulkan berbagai masalah kedepannya.

Ponsel akan lebih panas, baterai cepat habis, hingga mungkin umur baterai tidak akan bertahan lama seperti pada baterai asli iPhone. Lantas bagaimana cara cek keaslian baterai iPhone?

Berikut ini merupakan informasi mengenai cara cek keaslian baterai iPhone yang bisa kamu jadikan referensi sebelum membeli perangkat iPhone bekas. Ketahui dibawah ini ya.

Cara Cek Keaslian Baterai iPhone

Cara Cek Keaslian Baterai iPhone

Bagi pengguna baru, biasanya akan memilih ponsel bekas sebagai alternatif untuk memiliki iPhone yang berharga sangat mahal.

Akan tetapi, iPhone bekas akan mengalami banyak kelemahan, hal ini dikarenakan kita tidak tahu apakah iPhone tersebut digunakan secara baik atau mungkin sudah di service berkali-kali.

Selain masalah pada layar LCD yang mungkin tidak asli, masalah kedua terletak pada baterai, bisa saja baterai yang digunakan bukan asli bawaan iPhone. Untuk itu kamu harus cek terlebih dahulu.

Cek Baterai Secara Fisik

Langkah pasti untuk mengecek keaslian pada baterai iPhone adalah dengan melakukan pengecekan fisik. Namun sayangnya cara ini mengharuskan kamu membongkar iPhone terlebih dahulu.

Jika memang kamu sudah paham untuk membuka backcase iPhone, silahkan cek secara fisik, namun jika kamu pengguna awam, kamu bisa mencoba cara lain.

Mengecek Kesehatan Pada Baterai

Cara kedua adalah dengan mengecek kesehatan pada baterai. Secara umum, jika kamu membeli iPhone bekas dan baru menggunakannya, kesehatan baterai tergolong baik. Biasanya diatas 90.

Yang harus kamu perhatikan adalah kesehatan baterai iPhone setelah penggunaan beberapa bulan, dimana baterai palsu akan mengalami penurunan baterai secara drastis, pastikan cek secara berkala.

Baca Juga: Cara Menaikkan Kesehatan Baterai iPhone

Sering Mengalami Overheat, Terutama Ketika di Charge

Jika kamu mengalami masalah baterai akan terasa panas ketika di charge, mungkin ini dikarenakan baterai palsu yang terdapat di iPhone.

Umumnya baterai iPhone asli ketika di charge hanya akan terasa hangat saja, dan jika baterai mengalami panas berlebih segera ganti baterai ponsel kamu.

Proses Pengisian Daya Akan Lebih Lama

Proses pengisian daya akan memakan waktu lebih lama dibandingkan menggunakan baterai asli. Dimana hal ini dikarenakan baterai yang tidak asli.

Pengisian baterai iPhone asli umumnya tergolong cukup cepat dikarenakan fitur fast charging sekaligus kapasitas baterai yang tergolong kecil dibandingkan Android.

Baterai Tidak Akan Bertahan Lama

Baterai palsu memiliki ketahanan singkat, beberapa bulan saja kamu akan mengalami masalah pada ponsel dan mungkin baterai sudah tidak bertahan lagi.

Baterai akan mengalami kebocoran, mulai dari sulit untuk di cas, suhu baterai panas, baterai kembung dan bahkan baterai akan mati total.

Jika kamu mengalami hal tersebut, pastikan untuk mengganti baterai iPhone resmi, dan bawa ke service center resmi Apple agar terjamin.

Baca Juga: Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Demikian diatas merupakan informasi mengenai cara cek keaslian baterai iPhone yang bisa kamu ketahui. Pastikan ketika kamu membeli iPhone bekas untuk memastikan apakah ponsel terutama baterai sudah di service atau tidak untuk mengecek keasliannya. Semoga bermanfaat.