Haxina.com Bagaimana cara menaikkan kesehatan baterai iPhone? Seperti yang kamu ketahui, iPhone merupakan produk Apple yang memiliki harga yang sangat mahal dibandingkan Android kebanyakan.

Akan tetapi, kelemahan iPhone terletak pada kapasitas baterai yang lebih kecil, penggunaan iPhone yang cenderung candu pada charger dan lebih sering melakukan pengisian daya baterai menjadi salah satu kelemahan.

Semakin banyak digunakan, dan semakin sering kamu mengisi daya baterai akan membuat baterai iPhone mengalami penurunan kesehatan.

Pada perangkat iPhone sendiri terdapat sebuah fitur bernama “Battery Health” atau “Kesehatan Baterai” Fitur ini akan menampilkan berapa persen kesehatan pada baterai di iPhone kamu, sehingga kamu bisa mengetahui kondisinya lebih mudah.

Seiring penggunaan, kesehatan baterai akan terus menurun, lantas bagaimana sih cara menaikan kesehatan baterai iPhone? Kamu bisa menyimaknya dibawah ini.

Langsung saja berikut ini merupakan langkah tutorial mengenai bagaimana cara menaikkan kesehatan baterai iPhone yang bisa kamu terapkan. Pastinya akan membuat kesehatan baterai membaik dan lebih awet digunakan.

Cara Menaikkan Kesehatan Baterai iPhone

Cara Menaikkan Kesehatan Baterai iPhone

Berikut ini merupakan tutorial bagaimana cara menaikkan kesehatan baterai iPhone agar bisa mencapai 100% kembali. Pastikan kamu menyimaknya baik-baik ya.

Lakukan Kalibrasi Baterai

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkalibrasi baterai di iPhone. Melakukan kalibrasi ini agar bisa meningkatkan kesehatan pada baterai, sehingga memiliki ketahanan yang lebih baik walaupun merupakan baterai lama.

Adapun langkah-langkah melakukan kalibrasi baterai iPhone adalah sebagai berikut:

  • Pertama, silahkan cas baterai iPhone hingga 100%.
  • Kemudian kuras baterai iPhone hingga baterai tersebut drop atau mati otomatis.
  • Lanjutkan dengan membiarkan ponsel selama satu hari atau lebih.
  • Pada hari berikutnya, silahkan charger kembali baterai iPhone hingga penuh.
  • Gunakan kembali seluruh baterai, kemudian istirahat kan kembali.
  • Cara ini bisa dilakukan berkali-kali, hingga kesehatan baterai membaik.

Baca Juga: Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa di Charge Dalam Keadaan Hidup

Jangan Gunakan PowerBank

Kedua adalah dengan menjaga kebiasaan dalam mengisi baterai, memang ada banyak cara charging ponsel, mulai dari magnetic charging, wireless charging, hingga menggunakan powerbank.

Namun perlu kamu ketahui, menggunakan powerbank sebenarnya tidak begitu baik, karena jika lama menggunakannya, kesehatan baterai akan menurun.

Charger iPhone Sebelum Lowbat

Jika sudah melakukan kalibrasi baterai, pastikan untuk selalu membuat mengisi baterai sebelum lowbat, cara ini dilakukan agar menjaga baterai agar lebih awet.

Sehingga dengan begitu, baterai akan lebih baik dan tahan lama, serta kamu tidak akan mengalami masalah kesehatan baterai menurun di kemudian hari, walaupun memang usia bateria ada batasnya, namun dengan merawatnya dengan baik, pastinya akan lebih tahan lama.

Baca Juga: Cara Membersihkan Port Charger iPhone

Pastikan Menggunakan Charger Original.

Charger asli memungkinkan penggunaan lebih baik, dan baterai iPhone kamu terjaga dari berbagai masalah yang ada. Pastikan untuk tidak menggunakan charger merk lain atau KW.

Pasalnya, jika kamu menggunakan charger KW atau yang berbeda dari aslinya, penggunaan baterai akan lebih cepat boros, selain itu proses pengisian akan lebih lama, ponsel akan terasa lebih panas dan masalah lainnya.

Ganti Baterai iPhone

Langkah terakhir yang pastinya akan membuat kesehatan baterai langsung pulih adalah dengan mengganti baterai iPhone kamu yang bermasalah.

Biasanya harga baterai memang tidak begitu mahal, dan ada banyak sekali jasa yang bisa kamu pakai untuk mengganti baterai. Setelah baterai diganti dengan baterai baru, kesehatan baterai tentu saja akan langsung bagus.

Baca Juga: Kenapa iPhone di Charge Tidak Nambah dan Malah Berkurang?

Demikian diatas merupakan tutorial mengenai bagaimana cara menaikkan kesehatan baterai iPhone yang bisa kamu terapkan agar menghindari berbagai masalah pada baterai. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnya.