Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Penulis: Ayaka Kamisato

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Haxina.com Cara kalibrasi baterai iPhone berguna untuk meningkatkan kesehatan baterai pada ponsel kamu, sehingga baterai akan lebih awet dan tahan lama ketika digunakan, bagi kamu pengguna ponsel iPhone wajib melakukan hal ini.

Baterai memang merupakan komponen yang rawan terkena masalah terutama pada iPhone, dimana baterai iPhone rata-rata memiliki kapasitas yang kecil sehingga membuat kamu harus lebih sering men-charge.

Semakin sering charge, tentu saja kesehatan baterai pada iPhone akan lebih mudah berkurang, dan jika hal ini terjadi kamu harus memperbaikinya dengan cara menaikan kesehatan baterai. Nah untuk menaikan kesehatan baterai, kamu bisa mencoba melakukan kalibrasi baterai.

Oleh karena itu, simak berikut ini merupakan tutorial lengkap mengenai bagaimana cara kalibrasi baterai iPhone yang bisa kamu terapkan. Pastikan mencoba dan menyimaknya dengan baik dan benar ya.

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Sebelum melakukan langkah cara kalibrasi baterai iPhone, ada beberapa persiapan yang harus kamu penuhi, dimana peresapan ini berguna agar dapat meningkatkan kesehatan pada baterai.

Berikut beberapa persiapan untuk kalibrasi baterai iPhone:

  • Mematikan fitur GPS, paket data, internet, bluetooth, WiFi dan fitur lainnya.
  • Mematikan aplikasi di latar belakang.
  • Kurangi kecerahan layar atau brightness.
  • Matikan update otomatis software.

Setelah mengetahui apa saja persiapan untuk melakukan kalibrasi baterai iPhone, langkah berikutnya adalah langkah-langkah tutorial cara kalibrasi baterai iPhone yang bisa kamu ikuti.

Habiskan Baterai

Pertama, silahkan gunakan iPhone kamu dan habiskan baterai hingga benar-benar habis, namun jangan sampai drop ya, pastikan ketika dalam keadaan 1 persen, kamu mematikan iPhone yang nantinya akan dilakukan kalibrasi baterai.

Istirahatkan Baterai dan Ponsel

Selanjutnya, kamu bisa mematikan iPhone dalam keadaan baterai habis, silahkan istirahatkan iPhone dengan cara menempatkan iPhone di tempat yang tidak lembab atau panas selama 3 jam.

Dalam keadaan ini, jangan lakukan pengisian daya apapun dan jangan mencoba untuk menghidupkan iPhone selama waktu tersebut. Setelah 3 jam atau lebih barulah charge iPhone kamu.

Baca juga: Cara Menaikkan Kesehatan Baterai iPhone

Charge Hingga Penuh

Pada proses ini kamu bisa mengecas perangkat iPhone hingga benar-benar penuh dalam keadaan mati ya. Untuk bisa mengecas iPhone dalam keadaan mati, kamu bisa mencolak kabel data dan kemudian iPhone hidup secara otomatis.

Masih dalam keadaan mengisi baterai, kemudian matikan kembali dengan menekan tombol power dan slide off, dan biarkan ponsel mengisi baterai dalam keadaan mati hingga penuh, dan kemudian gunakan hingga habis kembali.

Gunakan iPhone dan Habiskan Baterai

Pada tahap ini, kamu bisa menggunakan perangkat iPhone seperti biasanya, kemudian habiskan baterai hingga tidak tersisa namun jangan sampai baterai drop. Kemudian lanjutkan dengan mengistirahatkan baterai kembali.

Istirahatkan Baterai dan iPhone Kembali

Setelah baterai habis digunakan, silahkan istirahatkan baterai selama lebih dari 3 jam kembali pada tempat yang sejuk dan tidak lembab, pastikan bahwa kamu tidak menaruhnya pada suhu yang panas.

Charge Kembali Hingga Penuh

Silahkan charger kembali perangkat iPhone dalam keadaan mati, dalam proses pengisian ini jangan sampai kamu menggunakan iPhone ketika dalam proses pengisian baterai agar proses kalibrasi berjalan lancar.

Lakukan Berulang-Ulang

Kamu bisa melakukannya berkali-kali hingga baterai iPhone benar-benar sehat, untuk memastikannya kamu bisa cek kesehatan baterai iPhone terlebih dahulu. Jika kesehatan baterai masih kurang, silahkan lakukan tahap diatas berkali-kali.

Baca Juga: Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa di Charge Dalam Keadaan Hidup

Demikian diatas merupakan tutorial mengenai bagaimana cara kalibrasi baterai iPhone yang bisa kamu terapkan. Semoga saja dapat berguna dan membuat baterai kamu semakin sehat dan bisa digunakan dengan normal kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!