Membuka rekening bank ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan diketahui sebelumnya. Salah satu hal yang paling penting adalah cara perhitungan bunga tabungan. Alasannya, agar nasabah mengetahui perkembangan tabungannya di bank. 

Hanya saja, sebelum membahas tentang cara menghitung bunga tabungan di bank, ada baiknya juga mengetahui beberapa hal lain yang mempengaruhi kenyamanan Anda. Hal tersebut di antaranya, biaya administrasi, rekanan, keuntungan dan fasilitas online-nya. Kenyamanan dalam menabung tentu menjadi impian setiap orang bukan?

Bagaimana Perhitungan Bunga Tabungan Bank? 

Perhitungan Bunga Tabungan

Perhitungan bunga ada 3 metode. Anda bisa menerapkannya salah satunya untuk mengetahui bunga yang sudah dimiliki. Di bawah ini lebih lengkap terkait penjelasan metode-metodenya: 

1. Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Harian

Menghitung bunga tabungan bank yang pertama bisa dilakukan dengan berdasarkan jumlah saldo harian. Perhitungan bank terkait bunga ini yaitu mulanya menghitung setiap saldo yang masuk pada tabungan. Tentunya dengan rumus sesuai dengan yang ditetapkan oleh bank.

Bagi Anda yang ingin mengetahui jumlah bunga tabungan dapat menggunakan rumus berikut:

Saldo per hari × suku bunga dalam persen × jumlah hari per bulan/ 1 tahun sedang berjalan.

2. Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Terendah

Metode berikutnya untuk perhitungan bunga adalah menghitung berdasarkan saldo terendah. Triknya dari bank untuk dimasukkan pada rumus, yaitu menarik saldo terendah kemudian memasukkannya lagi kedalam rumus perhitungan bunga.

Rumus yang bisa Anda gunakan untuk menghitung bunga tabungan yaitu: 

Saldo per hari × suku bunga dalam persen × jumlah hari per bulan/ 1 tahun yang sedang berjalan.

Metode perhitungan bunga tabungan ini memakai perhitungan dan rumus yang sama. Tapi syaratnya Anda perlu mempunyai data saldo terendah dalam laporan bulanan di bank.

3. Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Rata-rata

Anda juga bisa menghitung bunga berdasarkan saldo rata-rata, tentunya sesuai dengan rumus yang ditentukan oleh bank. Dalam metode ini total saldo akan dihitung melalui rumus kemudian diambil jumlah rata-ratanya.

Metode ini tergambarkan dalam rumus berikut: 

Saldo rata-rata × suku bunga dalam persen × jumlah hari per bulan/ 1 tahun sedang berlangsung.

Anda bisa dengan mudah menyesuaikannya bukan? Anda tinggal melihat buku tabungan untuk dapat mengetahui jumlah bunga perbulan atau per tahunnya. Metode perhitungan bunga tabungan di bank ini cukup mudah diterapkan bukan? Kini saatnya mulai menabung dan memilih bank yang tepat.

Buka Tabungan di digibank by DBS

Pentingnya mengetahui hal-hal mengenai fasilitas maupun administrasi serta keuntungan menabung di bank, tentu saja Anda harus membuka rekening bank yang menawarkan banyak kemudahan. digibank by DBS Salah satu aplikasi digital banking yang menawarkan kemudahan membuka rekening tabungan. Beberapa kemudahan tersebut di antaranya: 

1. Buka Rekening Cukup dari Rumah

Terlalu sibuk untuk membuat rekening di bank? Tidak perlu khawatir karena digibank by DBS dapat membantu Anda untuk membuka rekening tabungan cukup dari rumah saja. Anda tidak perlu meluangkan waktu sibuk Anda untuk berkunjung ke bank hanya untuk membuat rekening tabungan.

2. Verifikasi Tanpa Ribet

Verifikasinya hanya menggunakan face id dan e-KTP saja. Jadi, tidak perlu menyiapkan dokumen-dokumen untuk melakukan administrasi pembuatan rekening tabungan. Apalagi bunga tabungan digibank melimpah dan ditambah dengan berbagai fiturnya yang memudahkan transaksi, tentu sangat menguntungkan. 

3. Gratis Tarik Tunai di ATM Manapun

Meskipun Anda tidak membuat rekening tabungan di bank tapi Anda bisa melakukan tarik tunai melalui ATM. Menariknya lagi, Anda melakukannya di berbagai ATM bank mana saja. 

Selain itu penarikan tunai di ATM bank mana saja ini tidak dipungut biaya alias gratis. Layanan ini mungkin hampir tidak ditemukan pada aplikasi digital banking lainnya. Jadi, digibank by DBS layak untuk dipertimbangkan masyarakat.

Kemudahan yang ditawarkan oleh digibank by DBS ini tentu sangat menarik bukan? Waktu dan tenaga Anda dihemat dan semuanya terasa lebih efisien apalagi dalam perihal tarik tunai. Hanya dengan memastikan minimal saldo rata-rata Anda Rp1 juta perbulannya.

4. Gratis Transfer ke Bank Mana Saja

Kegiatan transfer tentu pasti sangat dibutuhkan bagi pengguna rekening apalagi dalam dunia kerja. Harus transfer uang ke Bank lain tentu sudah menjadi hal yang sering terjadi. Transfer antar bank pastinya membutuhkan biaya, bahkan ada yang tidak sedikit. 

Bagi Anda yang keterbatasan budget atau memerlukan layanan transfer berkali-kali tentu menjadi masalah besar bukan? Oleh karena itu digibank by DBS menawarkan kemudahan transfer ke bank mana saja tanpa dipungut biaya alias gratis.

Hanya dengan memastikan minimal saldo rata-rata Anda Rp1 juta perbulannya dan Anda hanya tinggal menyiapkan dana yang ingin ditransfer atau memastikan dana cukup. Setelah itu, tinggal transfer saja tanpa repot memikirkan biayanya. Ditambah lagi menabung di digibank by DBS Anda mempunyai kesempatan mendapatkan suku bunga tabungan yang fantastis.

Melalui metode perhitungan bunga yang sudah disebutkan di atas yaitu berdasarkan saldo harian, saldo rata-rata dan terendah Anda bisa melihat pertumbuhan bunga dari bank dengan jelas. Ditambah lagi kalau Anda memilih layanan dari digibank by DBS, pastinya suku suku bunga yang didapatkan jauh lebih menarik. digibank menjamin Anda tidak rugi menabung di sana.

Bagi Anda yang tertarik membuka rekening tabungan digibank by DBS tinggal download aja aplikasinya kemudian mulai melakukan pendaftaran. Seperti yang sudah diinformasikan pada ulasan sebelumnya di atas, bahwa verifikasinya hanya menggunakan face id dan e-KTP saja. Anda tidak perlu menyiapkan dokumen layaknya membuka rekening di bank offline.