Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Contoh

Penulis: Ai Konome

Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Contoh

Driver komputer sudah menjadi hal umum yang kerap ditemui jika kamu memiliki sebuah perangkat pintar seperti laptop atau komputer rakitan.

Pasalnya ketika kamu menjalankan berbagai alat tambahan untuk menunjang komputer, kamu membutuhkan adanya Driver agar saling terhubung dan berjalan dengan lancar.

Sebagai pengguna baru, dan kamu belum tahu apa saja fungsi dari Driver, pengertian serta apa saja contoh dari penggunaan Driver pada komputer, Haxina berikut ini akan memberikan penjelasannya.

Pengertian Driver Komputer

Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Contoh

Driver komputer merupakan perangkat lunak yang memiliki peran sebagai pengontrol pada setiap komponen perangkat keras yang tersambung pada komputer. Baik itu keyboard, WiFi Card, Port USB dan mengatur pencahayaan serta lainnya.

Sehingga, dengan adanya Driver pada perangkat laptop atau komputer membuat setiap komponen dapat terhubung dengan baik dan lancar untuk melakukan fungsi dari komponen tersebut.

Komponen pada komputer akan terhubung dan berinteraksi pada sistem operasi atau program yang sudah terinstall pada komputer.

Selain itu, Driver juga digunakan untuk menjalankan perangkat keras lain, seperti adanya alat tambahan Printer, Scanner, atau agar terhubung dengan smartphone.

Untuk menjalankan sebuah Driver, kamu bisa menginstall Driver secara manual melalui situs resmi dari perangkat laptop yang kamu gunakan, biasanya setiap laptop atau komputer akan memiliki Driver yang berbeda.

Fungsi Driver Komputer

Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Contoh

Fungsi Driver pada komputer adalah berfungsi sebagai penghubung antara perangkat lunak dengan perangkat keras pada hardware komputer.

Driver akan berperan sebagai penerjemah serta menghubungkan antara hardware dengan sistem operasi yang terpasang, baik itu Windows, MacOS, Linux dan OS lainnya.

Seperti yang kamu ketahui, setiap perangkat keras pada perangkat komputer memiliki peran dan fungsi masing-masing agar tercipta sebuah mesin yang canggih.

Nah fungsi Driver disini adalah sebagai alat penerjemah yang kemudian akan mengatur fungsi dari komponen tersebut agar sesuai dengan fungsinya. Pengguna sendiri dapat mengaturnya secara manual.

Ada empat poin mengenai peran utama Driver pada perangkat komputer yang diantaranya sebagai berikut:

  • Mengatur, menjalankan berbagai fungsi dari komponen komputer.
  • Menyediakan berbagai informasi API (Application Programming Interface).
  • Berperan sebagai media komunikasi, penerjemah dan mengatur hardware dengan software.
  • Sebagai penghubung antara hardware, sistem operasi dan pengguna.

Baca Juga: Tempat Download Software Full Version Terlengkap

Contoh Driver Komputer

Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Contoh

Ada banyak contoh penggunaan Driver pada komputer, kamu sendiri sering melakukannya dalam aktivitas sehari-hari.

Misalnya, ketika kamu membeli sebuah printer, kamu harus menyambungkan antara printer dengan komputer, nah untuk menyambungkannya selain menggunakan kabel penghubung, kamu harus menginstall driver sesuai dengan merk printer yang digunakan.

Contoh lainnya, ketika kamu ingin menghubungkan sebuah perangkat ponsel dengan laptop, namuan pada laptop, ponsel tersebut tidak dapat terhubung maksimal. Disini perlu adanya peranan dari driver agar dapat terhubung dengan mudah.

Selain itu, misalnya kamu menggunakan VGA baru pada perangkat komputer yang digunakan untuk bermain game. Nah tanpa adanya Driver, permainan tidak akan berjalan maksimal, dan FPS pada game akan rendah. Kamu bisa menggunakan Driver dari VGA agar permainan bisa berjalan maksimal.

Baca Juga: Driver Yang Harus Diinstal Setelah Instal Ulang Windows 10 & 11

Penutup

Intinya, Driver merupakan salah satu perangkat lunak yang sangat dibutuhkan pada sistem operasi baik itu Windows maupun Mac OS yang memiliki fungsi utama untuk menghubungkan hardware dalam komputer berjalan dengan baik.

Demikian diatas merupakan pengertian dari Driver, beserta fungsi dan contohnya pada perangkat komputer. Semoga saja dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Sampai jumpa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!