Jailbreak mungkin istilah yang baru saja kamu dengar sehingga kamu ingin mengetahui keuntungan dan kekurangan dari jailbreak iPhone. Haxina akan membahasnya dibawah ini.

Pada perangkat Android, jailbreak sama seperti root atau ponsel yang sudah di root sehingga memiliki akses pada sistem pada perangkat yang digunakan, kamu akan leluasa dalam menggunakan ponsel.

Pengertian jailbreak tidak jauh sama seperti root, hanya saja berbeda pada sistem operasi saja, jika pada Android dinamakan root, dan pada perangkat iPhone atau iPad dinamakan jailbreak.

Lantas apa saja sih keuntungan dan kekurangan jailbreak iPhone? Mengenai hal ini mari kita bahas pada ulasan sebagai berikut.

Keuntungan dan Kekurangan Jailbreak iPhone

Keuntungan dan Kekurangan Jailbreak iPhone

Berbicara mengenai manfaat dan fungsi jailbreak, pasti ada keuntungan dan kekurangan didalamnya, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan jailbreak di iPhone, alangkah baiknya mengetahui alasannya dibawah ini:

Keuntungan atau Kelebihan Jailbreak iPhone

  • Kelebihan jailbreak pertama adalah pengguna bisa mendapatkan full akses pada sistem di iPhone, sehingga kamu bisa memodifikasi sedemikian rupa, dan terserah apa yang kamu inginkan.
  • Selain itu, penggunaan jailbreak juga memungkinkan kami bisa menginstall berbagai aplikasi dari pihak luar, seperti aplikasi pihak ketiga yang tidak ada di App Store.
  • Kamu akan mendapatkan aplikasi khusus dimana aplikasi tersebut dapat digunakan untuk apapun, yah bisa dibilang merupakan aplikasi super user yang bisa digunakan hanya khusus untuk iPhone jailbreak.
  • Dengan adanya jailbreak, kamu bisa membuka batasan pada perangkat iPhone, misalnya iPhone tidak bisa download file menggunakan browser, dengan adanya jailbreak hal tersebut bisa terjadi.

Kekurangan atau Kelemahan Jailbreak iPhone

  • Perangkat iPhone akan kehilangan garansi resmi dari Apple, dimana jika kamu memiliki iPhone yang masih dalam periode garansi, sebaiknya jangan melakukan jailbreak.
  • Penggunaan jailbreak juga akan memungkinkan perangkat kamu mengalami berbagai masalah, seperti error, lag, lemot dan lainnya. Terlebih jika proses jailbreak gagal, iPhone akan mengalami bootloop atau stuck di logo.
  • Ketika melakukan jailbreak, iPhone kamu akan memiliki aplikasi khusus dimana dapat mengatur berbagai hal pada ponsel. Aplikasi ini akan terinstall secara otomatis.
  • Terakhir, logo Apple pada iPhone akan hilang ketika ponsel dinyalakan, tentu saja hal ini akan membuat ke ekslusifan iPhone akan hilang.

Pertimbangan Sebelum Memutuskan Untuk Jailbreak

Sama seperti root pada Android, tentu saja ada banyak pertimbangan yang bisa kamu lakukan, terlebih cara melakukan jailbreak membutuhkan keahlian dan perangkat khusus. Nah sebelum menjailbreak iPhone kamu, silahkan simak pertimbangannya sebagai berikut.

  • Jangan sampai setengah yakin ketika jailbreak, pasalnya jika kamu gagal dalam proses jailbreak, akan mengakibatkan kerusakan pada iPhone, seperti stuck di logo atau mati total.
  • Jangan melakukan jailbreak ketika iPhone kamu masih dalam periode garansi, gunakan perangkat iPhone lawas saja.
  • Kamu harus menerima resiko dari Apple, bisa saja Apple akan memberhentikan update software pada iPhone kamu, hal ini dikarenakan jailbreak merupakan tindakan ilegal dan dilarang oleh Apple sendiri.

Walaupun memiliki kelemahan dan keuntungan masing-masing, namun tetap saja beberapa orang yang sudah lama menggunakan iPhone akan melakukan jailbreak, hal ini dikarenakan kamu bisa melakukan apapun pada iPhone.

Sedangkan iPhone tanpa jailbreak, merupakan ponsel yang terbatas, dan apapun masih tergantung pada Apple. Tapi pastikan jika ingin jailbreak, kamu harus paham mengenai modifikasi software atau sistem terlebih dahulu.

Baca Juga: 10 Aplikasi Wajib iPhone Yang Harus di Install

Nah demikian diatas merupakan informasi mengenai keuntungan dan kekurangan jailbreak iPhone. Semoga dapat menjadi referensi dan sampai jumpa.