Kenapa Tidak Bisa Upload File di Google Form?

Penulis: Ai Konome

Kenapa Tidak Bisa Upload File di Google Form

Kenapa Tidak Bisa Upload File di Google Form? – Google Form menjadi salah satu layanan yang disediakan Google untuk pengisian formulir secara praktis dan cepat. Dalam membuat dan menggunakan Google Form, terkadang kita akan dihadapkan dengan berbagai jenis masalah, salah satunya kenapa tidak bisa upload file di Google Form.

Masalah saat uploading file ini memang sering terjadi. Dalam menghadapinya, kamu harus mengidentifikasi dahulu sumber masalahnya. Bisa jadi karena koneksi internet, browser yang kamu gunakan, atau memang ada kesalahan teknis saat pembuatan formulir melalui Google Form tersebut.

Seperti yang kamu ketahui, Google Form sendiri memiliki beragam fitur pembuatan form dengan berbagai opsinya. Mulai dari untuk mengisi kolom teks, pilihan gkamu, pengisian angka, tanggal, hingga uploading file dalam berbagai bentuk format dokumen.

Kenapa Tidak Bisa Upload File di Google Form?

Untuk mengatasi kenapa tidak bisa upload file di Google Form, kamu bisa menggunakan perangkat desktop ataupun smartphone. Jangan lupa menggunakan koneksi internet yang lancar agar proses identifikasi masalah uploading file berjalan dengan lancar.

Selain itu, kamu juga perhatikan format file yang dizinkan pada kolom Google Form tersebut. Namun sebelum mulai mengatasinya, kamu perlu ketahui dulu apa saja penyebab mengapa sering gagal upload file di Google Form. Simak informasi selengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Penyebab Kenapa Tidak Bisa Upload File di Google Form

Setiap pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi pastinya akan menemui suatu kesalahan atau error. Hal serupa juga terjadi ketika kamu tidak bisa mengupload file di Google Form. Ada beberapa penyebab permasalahan kenapa kamu tidak bisa mengupload file di Google Form, diantaranya :

  1. Gangguan Koneksi Internet

Penyebab pertama yang sering terjadi ketika kamu gagal dalam upload file di Google Form adalah adanya gangguan pada jaringan internet. Gangguan ini bisa terjadi karena banyak hal. Misalnya kuota kamu yang habis, sinyal tidak stabil, atau terputus secara tiba-tiba.

  1. Size Dokumen yang Diupload Terlalu Besar

Penyebab kenapa tidak bisa upload file di Google Form salah satunya adalah size dokumen yang kamu upload melebihi dari keterangan yang tersedia di kolom formulir. Biasanya, pembuat formulir akan memilih beberapa opsi besaran size file yang akan diupload oleh pengisi form.

Adapun pilihan size tersebut misalnya maksimal 1 MB, 10 MB, 100 MB, 1 GB bahkan ada yang maksimal 100 GB. Hal ini tergantung kebutuhan si pembuat form.

  1. Salah Dalam Memasukkan Format File

Seringkali kesalahan yang dialami oleh para pengupload file di Google Form adalah salah memasukkan file dengan format yang sudah ditetapkan. Google Form sendiri menyediakan fitur untuk memilih satu atau lebih format file untuk diupload, yang mana bisa diatur sesuai kebutuhan.

  1. Adanya Kerusakan Pada File yang Diupload

Penyebab yang biasanya tak disadari oleh pengupload saat mengalami gagal upload yakni file yang diunggah sudah rusak atau corrupt. File yang rusak tentunya dideteksi oleh web Google Form bahwa file tersebut tidak valid atau tidak sesuai dengan apa yang diminta.

Baca Juga: Cara Memulihkan Akun Google yang Dihapus

Cara Mengatasi Kenapa Tidak Bisa Upload File di Google Form

Beberapa penyebab diatas mungkin bisa memberikan gambaran kepada kamu bahwa masalah gagal upload file di Google Form bisa diatasi dengan mudah. Untuk itu, ikuti setiap langkah dalam mengatasi gagal upload file di Google Form sebagai berikut:

  1. Memastikan bahwa koneksi internet kamu lancar dan tidak terganggu. Caranya, kamu bisa merefresh ulang koneksi internet. Selain itu kamu juga bisa pergi ke tempat yang memiliki sinyal terbaik atau kamu bisa manfaatkan WiFi karena jaringannya yang terpusat dan lebih stabil.
  2. Memastikan jika size dokumen yang kamu upload sesuai dengan batas yang dianjurkan di kolom form. Jika file yang ingin kamu upload terlalu besar, kamu bisa mengkompres dahulu file yang akan kamu upload agar size-nya lebih kecil.
  3. Cek dahulu format file yang diminta pada kolom form. Apabila file yang diminta adalah format PDF, maka kamu harus mengupload file dalam format PDF sesuai permintaan. Jika selain itu, kamu bisa melalukan konversi file dahulu untuk menyesuaikannya.
  4. Memastikan bahwa file yang kamu upload di Google Form bukan file rusak. Sebelum mengirim file tersebut ada baiknya jika kamu mengeceknya terlebih dahulu. Proses pengecekan bisa kamu lakukan melalui file manager di perangkat kamu. Jika sudah benar kamu bisa upload lagi.
  5. Kamu bisa mengupload file melalui Google Drive. Setelah kamu berhasil upload file di Google Drive, kamu bisa memilih opsi upload file melalui Drive Saya. Selanjutnya jendela popup akan mengarahkan kamu untuk mencari file yang sudah kamu upload dari Google Drive.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Sinkronisasi Akun Google

Demikian pembahasan kenapa tidak bisa upload file di Google Form dan cara mengatasinya. Jika kamu menghadapi masalah dalam web, kamu jangan langsung panik. Kamu bisa cari referensi tutorial di internet terlebih dahulu, seperti permbahasan artikel Haxina kali ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!