Apa Itu Conversion Rate? Pengertian, Cara Optimasi dan Manfaatnya

Penulis: Ai Konome

Apa Itu Conversion Rate

Setiap bisnis pasti membutuhkan berbagai cara agar bisa mencapai target penjualan yang memuaskan. Salah satu alternatifnya dengan meningkatkan pemasarannya secara digital. Namun dalam memasarkan bisnis secara digital, anda perlu memperhatikan banyak hal. Contohnya mengenai conversion rate. Apa itu conversion rate?

Apa Itu Conversion Rate?

Apa Itu Conversion Rate

Bagi anda yang memulai bisnis digital, conversion rate sangat dibutuhkan sebagai tolak ukur yang digunakan untuk mengetahui keefektifan penerapa strategi marketing yang dilakukan seorang pebisnis. Bagaimana cara mengetahui tingkat conversion suatu bisnis?

Tinggi rendahnya conversion rate pada suatu bisnis yang anda jalankan bisa dilihat dari aksi yang dihasilkan oleh para audiens. Dimana akan terlihat banyaknya apa yang mereka lakukan saat mengunjungi web bisnis, membeli produk, berlangganan, mengirim email, dan lain-lain.

Cara Mengoptimasi Conversion Rate

Tingkat conversion dalam suatu bisnis yang dijalankan melalui digital marketing dapat diketahui dengan perhitungan yang sederhana. Anda bisa membagi seluruh tingkat conversion di web anda lalu membaginya dengan total visitor web dan dikalikan 100.

Jadi setelah anda berhasil menemukan angka conversion rate bisnis milik anda, maka anda bisa bandingkan dengan nilai idealnya. Ideal conversion rate suatu bisnis adalah sekitar 2,35%. Namun jika bisnis anda masih belum memenuhinya, ada beberapa cara untuk mengoptimasi conversion rate, diantaranya :

1. Menggunakan Call To Action

Memasarkan bisnis secara digital yang penting adalah aktif dalam mengajak pengunjung web untuk membeli produk anda. Contohnya adalah call to action yang mana dapat anda tuliskan dalam bentuk kalimat atau paragraf di bagian akhir campaign bisnis anda. Hal ini memungkinkan pengunjung web tertarik untuk ikut membeli produk yang anda tawarkan.

2. Menggunakan Pop Up

Selain call to action, anda juga bisa menggunakan pop up di website anda dengan promo-promo yang menarik. Pop up yang anda tampilkan pun harus memiliki desain yang menarik dan fresh agar pengunjung semakin penasaran.

3. Menghadirkan Layanan Customer Service

Menjalankan bisnis digital melalui web ada baiknya juga dengan menghadirkan layanan customer service. Hal ini berguna agar calon pembeli atau yang sudah jadi pembeli dalam menyalurkan pertanyaan, kritik hingga saran. Semakin baik jika layanan CS hadir selama 24 jam dengan pilihan channel yang memudahkan pengunjung.

4. Menggunakan Artikel

Agar conversion rate pada bisnis anda semakin meningkat, anda bisa menggunakan artikel yang informatif dan mampu menarik minat pengunjung. Artikel yang anda sajikan hendaknya masih berkaitan dengan apa yang sedang anda pasarkan. Tujuannya agar pembaca tidak jungkir balik dalam memahaminya.

5. Meningkatkan Strategi Remarketing

Berbagai jenis iklan yang dahulu pernah anda tayangkan sebaiknya jangan dipendam begitu saja. Anda bisa memanfaatkan peluang remarketing, yakni dengan mengunggah kembali iklan-iklan lama anda agar pengunjung ingin membelinya kembali.

Manfaat Menggunakan Conversion Rate Pada Bisnis

Conversion rate bisa menjadi  salah satu strategi bisnis agar pebisnis bisa lebih lancar dalam memprediksi penjualan produk ke depannya. Ada beberapa manfaat yang akan dirasakan pebisnis jikalau pebisnis mampu memaksimalkan conversion rate, diantaranya seperti :

Meningkatkan keuntungan bisnis

Sebagian besar pebisnis yang menggunakan conversion rate akan lebih banyak menghasilkan keuntungan. Apalagi jika tingkat rasio konversi dalam web bisnis anda tinggi, keuntungan besar pun menanti dari banyaknya pengunjung yang berhasil membeli produk di bisnis anda.

Lebih mengetahui target pembeli

Dari adanya kegiatan optimasi tingkat konversi di website anda, anda akan semakin tahu lalu lintas yang dilakukan pengunjung. Apa yang mereka butuhkan anda bisa melakukan perencanaan dan menjalankan aksi dalam bisnis anda.

Selain itu, jika conversion rate anda lebih rendah, maka anda harus bisa meningkatkan optimasi agar pengunjung web anda tertarik datang kembali.

Menguntungkan dalam optimasi web secara organik

Tingkat konversi yang tinggi tak hanya dapat bermanfaat untuk menghasilkan uang saja. Nantinya website anda dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk SEO. mengapa begitu, karena website bisnis yang anda jalankan akan berpeluang untuk masuk ke ranking teratas di mesin pencarian dan mudah ditemukan oleh pengunjung baru.

Itulah sedikit informasi mengenai apa itu conversion rate pada bisnis. Maksimalkan conversion rate dan strategi digital marketing lainnya bersama Optimasi.ai. Optimasi.ai menyediakan layanan optimasi web hingga conversion rate yang mampu meningkatkan trafik website bisnis anda. Informasi layanan lebih lengkap dapat anda kunjungi melalui website https://optimasi.ai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!