Kenapa iPhone di Charge Tidak Nambah dan Malah Berkurang?

Penulis: Ayaka Kamisato

Kenapa iPhone di Charge Tidak Nambah dan Malah Berkurang?

Haxina.com Kenapa iPhone di charge tidak nambah dan malah berkurang? Sama seperti ponsel pada umumnya, pengguna mungkin akan menemukan masalah tidak dapat mengisi baterai.

Terkhusus untuk perangkat iPhone, masalah baterai terbilang sangat sering terjadi, terlebih baterai merupakan komponen yang sangat penting dan cukup mudah rusak.

Langsung saja berikut ini merupakan jawaban serta solusi mengenai kenapa iPhone di charge tidak nambah dan malah berkurang. Semoga saja dapat memberikan jawaban yang tepat untuk kamu ya.

Kenapa iPhone di Charge Tidak Nambah dan Malah Berkurang?

Kenapa iPhone di Charge Tidak Nambah dan Malah Berkurang?

Masalah utama kenapa iPhone di charge tidak nambah dan malah berkurang adalah terletak pada kesehatan baterai yang berkurang. Umumnya pengguna bisa mengetahui berapa persen kesehatan baterai pada perangkatnya.

Dan jika angka kesehatan baterai dibawah 70%, baterai tersebut harus segera diganti dengan baterai baru. Terlebih jika baterai kamu kembung atau sudah rusak, baterai tidak akan bertambah walaupun sedang dalam proses pengisian data.

Baca Juga: Cara Mengatasi Charger iPhone Tidak Ada Tanda Petir

Cara Mengatasi Baterai iPhone Tidak Bisa di Charge

Lantas bagaimana cara mengatasi perangkat iPhone yang tidak nambah ketika proses charging? Kamu sendiri sebenarnya bisa mengatasinya dengan banyak cara, pertama adalah dengan melakukan kalibrasi baterai, mengganti charger dan kedua adalah dengan mengganti baterai baru.

Lakukan Kalibrasi Baterai

Langkah paling mudah adalah dengan melakukan kalibrasi baterai, dimana proses ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan.

Pengguna bisa melakukan kalibrasi dengan cara menguras daya baterai terlebih dahulu, setelah baterai benar-benar kosong, tunggu dan biarkan selama 3 jam, kemudian charger kembali sampai penuh dalam keadaan mati.

Umumnya, cara ini akan meningkatkan kesehatan baterai pada iPhone, pengguna juga bisa mencobanya berulang kali hingga tingkat kesehatan baterai semakin membaik.

Namun jika cara kalibrasi baterai pada iPhone tidak bekerja sama sekali, itu tandanya baterai iPhone kamu memang sudah rusak atau bocor. Jika hal ini terjadi kamu bisa mengatasinya dengan mengganti baterai lama dengan baterai baru.

Pastikan Charger Original

Biasanya pengguna akan mengalami masalah iPhone tidak bisa di charge karena masalah pada charger yang digunakan merupakan barang KW atau palsu.

Kamu bisa memastikan apakah charger tersebut asli atau tidak, dan jika masalah diatas muncul, biasanya terjadi karena daya pada charger memang tidak mendukung untuk iPhone sehingga pengisian daya tidak maksimal.

Silahkan gunakan charger asli agar masalah diatas dapat teratasi, kamu bisa membelinya di toko resmi Apple atau mencoba menggunakan charger iPhone milik teman.

Baca Juga: Tanda iPhone Ngecas Saat Mati

Ganti Baterai iPhone

Pengguna bisa mengganti baterai dengan sangat mudah, ada dua cara untuk mengganti baterai iPhone, pertama kamu bisa menggantinya secara mandiri, pastikan memiliki obeng khusus untuk membuka baterai serta memperbaikinya, hati-hati pada kabel fleksibel pada baterai agar tidak rusak.

Kedua jika kamu tidak ahli dalam service baterai, kamu bisa mencari jasa ganti baterai, biasanya cukup banyak jasa yang bisa kamu coba melalui e-commerce atau website jasa lainnya.

Jasa penggantian baterai juga bahkan bisa dipanggil ke rumah kamu loh. Cara ini juga cukup aman, biasanya jasa akan membawa baterai sesuai dengan tipe iPhone kamu, dan kemudian menggantinya.

Ketiga, kamu juga bisa membawa baterai ke service center resmi, cara ini merupakan cara yang paling aman untuk bisa kamu lakukan. Untuk harganya sendiri tergantung tipe dari iPhone, untuk versi lawas berkisar antara Rp 300.000 dan untuk versi baru akan lebih mahal.

Diatas merupakan jawaban mengenai pertanyaan kenapa iPhone di charge tidak nambah dan malah berkurang. Semoga dengan jawaban yang diberikan bisa menjadi solusi bagi kamu penggun iPhone baik yang baru maupun yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!