Cara Mengembalikan Icon Desktop Yang Berubah Menjadi Windows Media Center

1 min read

Cara Mengembalikan Icon Desktop Yang Berubah Menjadi Windows Media Center

Virus bisa saja muncul dan menghampiri perangkat elektronik, apalagi laptop. Tentu saja akan sangat menjengkelkan jika laptop kesayangan kita harus terkena virus atau program berbahaya. Salah satu virus yang paling sering terjadi di komputer dengan sistem operasi Windows 7 adalah virus yang mengubah icon dari aplikasi berubah menjadi windows media center. Lantas bagaimana sih cara mengembalikan icon desktop yang berubah menjadi windows media center?

Karena icon aplikasi yang semuanya berubah menjadi logo windows media center tentu saja saat kita ingin membuka aplikasi tersebut, yang terbuka adalah aplikasi Windows Media Center. Misalnya saja saat kita ingin membuka aplikasi Microsoft Word, namun yang terbuka adalah aplikasi Windows Media Center. Bagaimana cara mengembalikannya?

Cara Mengembalikan Icon Desktop Yang Berubah Menjadi Windows Media Center

Tentu saja akan sangat mengganggu dan juga menjengkelkan ketika kita ingin membuka aplikasi, namun yang terbuka malah Windows Media Center. Hal tersebut bisa saja terjadi jika komputer kita terkena virus atau malware. Bahkan semua icon aplikasi yang ada di Start Menu, di My Computer juga berubah menjadi Windows Media Center.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi terkait bagaimana cara mengembalikan icon desktop yang berubah menjadi Windows Media Center semua. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian coba.

1. Menggunakan Antivirus

Cara mengembalikan icon desktop yang berubah menjadi Windows Media Center semua yang pertama adalah dengan menggunakan antivirus. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa salah satu penyebab dari icon desktop yang berubah menjadi Windows Media Center adalah karena malware atau virus yang terdapat di komputer.

Untuk itu, agar kita bisa menghapus dan menghilangkan semua virus yang terdapat di komputer kita bisa menggunakan antivirus. Kalian bisa menggunakan antivirus seperti Avast, Smadav dan sebagainya untuk mengembalikan icon-icon yang berubah menjadi Windows Media Center tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Utilities

Jika anda sudah menggunakan antivirus namun masih tidak bisa mengembalikan icon desktop yang berubah menjadi Windows Media Center, kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi Utilities yang bisa memperbaiki semua error dan juga kerusakan yang terdapat pada komputer kita.

Karena aplikasi Utilities ini memang didesain khusus untuk memperbaiki error dan masalah yang ada di komputer, jadi kalian cukup menjalankannya maka aplikasi Utilities lah yang akan memperbaiki masalah error pada sistem operasi kalian tersebut.

3. Melakukan Perbaikan Sendiri Pada File Registry

Langkah terakhir cara mengembalikan icon desktop yang berubah menjadi Windows Media Center adalah dengan melakukan perbaikan registry secara manual. Karena mungkin penyebab dari semua icon yang berubah menjadi Windows Media Center itu disebabkan karena error atau kesalahan pada file registry Windows. Berikut adalah cara mengembalikan icon desktop yang berubah menjadi Windows Media Center.

  1. Pertama anda tekan tombol Windows + R untuk menjalankan aplikasi registry.
  2. Kemudian anda ketik Regedit, kemudian klik run.
  3. Nah selanjutnya anda cari folder HKEY_CURRENT_USER.
  4. Berikutnya anda pilih folder Software.
  5. Kemudian anda pilih folder Microsoft.
  6. Masuk pada folder Windows.
  7. Selanjutnya anda masuk ke folder CurrentVersion -> Explorer -> FileExts dan cari file .ink
  8. Langkah berikutnya anda hapus semua file Keys yang ada, kecuali folder OpenWithProgids.
  9. Setelah itu, kalian bisa melakukan restart pada komputer atau laptop kalian.

Nah itulah bagaimana cara mengembalikan icon desktop yang berubah menjadi Windows Media center. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *