Bagaimana Cara Mengatasi Netcut Di Mikrotik Dengan Ampuh

1 min read

Cara Mengatasi Netcut Di Mikrotik

Bagaimana Cara Mengatasi Netcut Di Mikrotik Dengan Ampuh? Saat ini akses Wifi sudah bisa kita temukan dengan mudah di sekitar kita. Mulai dari rumah tetangga, tempat nongkrong atau cafe dan sebagainnya. Namun sayangnya dari mudahnya ditemukan akses wifi, terkadang ada pengguna Wifi yang nakal dan jail sehingga mereka menggunakan Netcut untuk mengacaukan koneksi internet Wifi orang lain di satu jaringan. Untuk anda pemilik jaringan Wifi, tentu saja harus tahu bagaimana Cara Mengatasi Netcut Di Mikrotik  agar koneksi internet Wifi anda tidak terganggu atau dikacaukan oleh pengguna wifi yang nakal.

Untuk akses internet yang bersifat free Wifi atau publik seperti Wifi sekolah, wifi kantor, atau wifi kampus tentu saja dapat diakses oleh semua orang. Karena diakses oleh orang-orang bebas tersebut tentu saja terkadang ada pengguna nakal yang ingin mendapatkan akses internet full speed. Mereka menggunakan program nakal seperti Netcut untuk memutus jaringan internet pengguna lain.

4 Cara Mengatasi Netcut Di Mikrotik Dengan Mudah

Netcut merupakan program utility yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan yang berkaitan dengan koneksi internet TCP dan UDP. Dimana Netcut ini bisa digunakan untuk melakukan scanning terhadap port yang terkadang bisa digunakan juga untuk kegiatan nakal seperti memutuskan koneksi internet orang lain yang berada di satu jaringan Wifi yang sama.

Untuk itu, kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara mengatasi Netcut di Mikrotik agar jaringan wifi kita terhindar dari pengguna wifi yang nakal. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang harus kalian lakukan.

Mengatasi Netcut Di Mikrotik Dengan ARP For Leases

Kita bisa mengatasi Netcut di Mikrotik dengan menggunakan fitur ARP For Leases pada DHCP server. Dengan mengaktifkan fitur ini maka secara otomatis klien yang bisa terhubung hanya mereka yang memperoleh alokasi IP Address dari DHCP server di Mikrotik. Jadi bagi client yang mencoba untuk mengubah IP nya menjadi IP statis, mereka tidak akan bisa mengakses koneksi jaringan Wifi yang anda miliki.

Menggunakan NetMask Prefix 32

Dengan kita menggunakan Netmask Prefix 32 pada DHCP server di Mikrotik, maka secara otomatis klien yang terhubung hanya mereka yang bisa terbaca IP dan juga Mac Addressnya saja. Untuk menerapkan cara ini kalian bisa masuk ke menu IP, kemudian pilih DHCP Server, kemudian pilih Network. Berikutnya kalian ubah Subnet Mask nya dengan 255.255.255.255 agar bisa terganti menjadi prefix 32.

Mengatasi Netcut Di Mikrotik Dengan Mengaktifkan ARP Reply-Only

Cara lainnya untuk mengatasi Netcut di Mikrotik adalah dengan mengaktifkan fitur ARP Reply-Only. Dimana dengan mengaktifkan fitur ini, berguna untuk Mikrotik supaya tidak melakukan update secara otomatis di tabel ARP saat ada klien yang terhubung dengan IP Address statis. Caranya adalah dengan masuk pada menu Interface, berikutnya anda pilih nama Interface menjadi ARP Reply Only.

Mematikan Default Forward

Cara mengatasi Netcut di Mikrotik yang terakhir adalah dengan mematikan default format. Untuk caranya adalah dengan mengatur di menu Wireless Tables, kemudian anda beri centang pada Default Forward.

Nah itulah tadi bagaimana cara mengatasi Netcut di Mikrotik dengan ampuh yang bisa kalian lakukan untuk mengamankan jaringan Wifi yang anda miliki dari serangan para orang-orang jahil yang menggunakan Netcut untuk kepentingan pribadi. Terutama untuk mendapatkan akses internet yang kencang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *