Cara Memblokir Situs Dengan Firewall Mikrotik Mudah

1 min read

Cara Memblokir Situs Dengan Firewall Mikrotik

Terkadang kita ingin memblokir situs di internet agar pengguna wifi di rumah kita tidak bisa mengakses situs tersebut. Namun pertanyaannya adalah bagaimana cara memblokirnya? Tentu saja kita bisa memblokir situs di internet dengan mudah asalkan anda memiliki alat mikrotik dan mengetahui bagaimana cara memblokir situs dengan firewall mikrotik.

Mikrotik sendiri merupakan alat yang bisa kita gunakan untuk membantu mengatur atau mensetting koneksi internet nirkabel maupun kabel yang ada di rumah kita. Dengan menggunakan Mikrotik, kita juga bisa memblokir website seperti Youtube, website dewasa dan sebagainnya dengan mudah. Jadi nanti tidak akan ada yang bisa mengakses situs tersebut.

Cara Memblokir Situs Dengan Firewall Mikrotik

Firewall dalam mikrotik adalah suatu mekanisme yang berguna untuk melindungi jaringan atau host dari berbagai macam ancaman yang berasal dari luar atau dari dalam. Dimana biasa nya firewall ini berada di tengah-tengah dari jaringan publik dengan jaringan lokal. Tapi di dalam komputer atau laptop anda sendiri sebenarnya juga terdapat firewall.

Dengan menggunakan firewall, kita dapat mengatur paket apa saja yang boleh masuk dan keluar ke jaringan kita. Sehingga kita bisa memanfaatkan firewall di Mikrotik untuk memblokir website tertentu. Nah berikut dibawah ini adalah bagaimana Cara Memblokir Situs Dengan Firewall Mikrotik Mudah.

Cara Memblokir Situs Dengan Firewall Mikrotik Menggunakan Parameter Content

Langkah ini terbukti sangat ampuh untuk memblokir situs dengan firewall yang terdapat di Mikrotik. Anda bisa memanfaatkan matched content yang ada pada firewall filter atau raw yang terdapat pada mikrotik router os.

Dimana parameter content ini nantinya akan melakukan pencocokan terhadap string yang ada di dalam web dengan nilai yang sebelumnya sudah kita isi. Sehingga jika ditemukan kecocokan, maka secara otomatis firewall Mikrotik akan memblokir halaman website yang dibuka tersebut.

Matcher ini bisa kita temui di menu Tab. Dimana Firewall nantinya akan mencocokan isi dari paket yang masuk dengan nilai yang sudah kita set di parameter Content. Berikut dibawah ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama anda buka dulu aplikasi Winbox untuk mengkonfigurasi Mikrotik yang anda miliki.
  2. Login menggunakan Mac Address, masukkan username dan juga password.
  3. Berikutnya anda masuk pada menu IP, kemudian anda pilih Firewall, kemudian anda pilih Filter.
  4. Nah nantinya akan terbuka menu tampilan baru, silahkan anda pilih Add (+) untuk menambahkan parameter baru.
  5. Di parameter chain, anda bisa memilih forward. Kita menggunakan forward karena nantinya kita akan memblokir paket yang akan melewati router kita.
  6. Selanjutnya anda isi Address, dengan menggunakan IP Network yang akan anda gunakan di jaringan lokal.
  7. Berikutnya pada tab Advanced, anda isikan website mana yang ingin anda blokir pada bagian Content.
  8. Nah di tab menu Action, anda pilih saja Action Drop untuk mengeksekusi pemblokiran situs tersebut.

Terakhir, anda bisa mencoba mengakses halaman website yang sebelumnya sudah anda blokir tadi. Cobalah untuk mengaksesnya dengan browser di komputer atau laptop. Tentu saja website tersebut sudah tidak bisa diakses lagi.

Nah itulah bagaimana cara memblokir situs dengan firewall Mikrotik mudah yang bisa anda lakukan sendiri. Semoga informasi yang saya berikan kali ini bermanfaat untuk anda yang masih bingung terkait bagaimana cara memblokir situs dengan Firewall di Mikrotik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *