Topik pembahasan kita kali ini adalah tentang cara memotong video di Kinemaster pada versi lama dan terbaru dimana kerap membingungkan. Namun, dengan hadirnya tutorial ini, kamu bisa mempelajari semuanya dengan sangat mudah dan praktis.

Tak cuma itu saja, kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara menyimpan video di kinemaster yang sudah berhasil kamu edit. Oleh karena itu, sebaiknya simak artikel kita kali ini dengan cermat.

Cara Pakai Kinemaster

Terserah Anda sebagai editor video untuk apa tujuan memotong bagian video yang kamu miliki. Yang paling utama adalah sobat haxina perlu berbagai persyaratan supaya pengeditan yang akan dilakukan bisa berjalan dengan maksimal.

Namun secara umum, ketika kamu sudah berhasil mempelajari cara memotong video di kinemaster dengan menggunakan dua metode di Haxina.com, kamu akan membagikan hasilnya ke publik.

Entah itu di unggah ke ke situs penyimpanan video besar, seperti YouTube, atau hanya menghapus bagian film yang tidak relevan. sebagai bahan koleksi galeri di ponsel Anda.

Untuk menghilangkan bagian video yang tidak kamu sukai, sebenarnya Anda tidak perlu pergi ke warnet atau meminjam komputer teman.

Cukup dengan menggunakan satu aplikasi Kinemaster saja, semuanya bisa kamu lakukan dengan sangat maksimal bahkan tidak perlu banyak waktu untuk melakukan kegiatan editing seperti itu.

Utamanya adalah, kamu hanya perlu menyiapkan aplikasi kinemaster yang saat ini bisa kamu download melalui media Google play store untuk versi asli.

Sedangkan untuk versi mod dari aplikasi kinemaster ini, kalian bisa mengunduh-nya dari berbagai media blog yang saat ini juga sangat mudah untuk ditemui.

Tentu saja, aplikasi versi Mod lebih unggul karena kalian tidak perlu melakukan pembelian pada aplikasi. Sebagai akibat dari adanya versi mod kinemaster tersebut, kamu bisa menyimpan video yang terkesan profesional tanpa meninggalkan watermark.

Kalian tahu apa itu Kinemaster? Sebenarnya, aplikasi hampir sama dengan Apk Capcut yang bisa kamu manfaatkan untuk mengedit video dengan sangat mudah tanpa harus mengeluarkan biaya untuk pembelian fitur.

Baca Juga: Cara Download Kinemaster di Laptop

Di sisi lain, aplikasi ini juga sangat populer di kalangan youtuber karena bisa diandalkan untuk menciptakan berbagai proyek video denga kualitas yang tidak kalah dengan software premium.

Lantas bagaimana cara memotong video di Kinemaster? Tidak ada satu pun langkah yang bakal membuat kalian minder. Tampilan yang sangat sederhana membuat kalian akan lebih mudah memahami semua fitur yang tersedia di aplikasi tersebut.

Dalam praktek kali ini, saya akan memanfaatkan aplikasi Kinemaster versi lama dan juga versi terbaru yang mana saya sebelumnya telah saya unduh melalui play store, dan berikut adalah instruksi yang harus kamu terapkan.

Cara Memotong Video di Kinemaster

Cara Memotong Video di Kinemaster

Berikut adalah petunjuk cara memotong Video di Kinemaster versi lama dan versi terbaru:

Cara Memotong Video di Kinemaster Versi Terbaru

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Kinemaster yang yang sudah kamu Download sebelumnya.
  2. Tap pada ikon dengan tanda “+”.
  3. Tentukan rasio pada layar editing.
  4. Klik Menu media yang terdapat pada aplikasi.
  5. Pilih dan Impor video yang akan di Potong.
  6. Tap langsung di gambar klip yang letaknya sejajar dan berurutan. Gambar klik tersebut merupakan bagian dari file video yang kamu impor.
  7. Klik langsung ikon Gunting. cara memotong video di kinemaster versi lama ini yaitu dengan cara menekan ikon gunting yang tersedia sebagai fitur default.

Nah setelah kalian menekan ikon gunting, maka bagian video yang sudah kamu tentukan tersebut akan langsung terpotong secara otomatis. Bagaimana, sangat mudah sekali kan? Mari kita lakukan praktek ke versi terbarunya berikut ini.

Cara Memotong Video di Kinemaster Versi Lama

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Kinemaster yang yang sudah kamu Download sebelumnya.
  2. Tap pada ikon dengan tanda “+”.
  3. Tentukan rasio pada layar editing.
  4. Klik Menu media yang terdapat pada aplikasi.
  5. Pilih dan Impor video yang akan di Potong.
  6. Tentuka Tema video. Kami bisa memilih tema sesuai preferensi anda atau membiarkannya sebagai tampilan original.
  7. Klik Next untuk melanjutkan.
  8. Lengkapi teks. Kamu dapat menyisipkan tulisan apapun di bagian awal video, tengah atau bagian akhir. Namun kamu juga bisa membiarkannya sebagai versi original.
  9. Tekan next sekali lagi untuk melanjutkan.
  10. Tentukan Background Video. Namun kamu juga bisa membiarkannya sebagai versi original dan melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni dengan cara menekan tombol Next.
  11. Tap langsung di gambar klip yang letaknya sejajar dan berurutan. Gambar klik tersebut merupakan bagian dari file video yang kamu impor.
  12. Klik langsung ikon Gunting. cara memotong video di kinemaster versi lama ini yaitu dengan cara menekan ikon gunting yang tersedia sebagai fitur default.
  13. Selesai

Geser ke kiri atau kanan dengan garis vertikal berwarna merah yang menunjukkan bagian target yang akan dipotong adalah suatu cara yang dapat kalian terapkan untuk mengedit atau memangkas klip video agar sesuai dengan rencana proyek yang kamu tentukan.

Meskipun demikian, kamu juga perlu memahami fungsi fitur untuk memotong video berikut ini agar proses cara memotong video di kienmaster dapat berlangsung tanpa kendala apapun.

Keterangan Fitur Pangkas

  • Trim to left. Merupakan sebuah fungsi untuk memotong bagian video yang berada di bagian kiri.
  • Playhead. Merupakan sebuah fungsi untuk memotong bagian video yang berada di bagian depan video.
  • Trim to right of playhead. Merupakan sebuah fungsi untuk memotong bagian video yang berada di bagian akhir atau awal video.
  • Split at Playhead/Bagi di Playhead. Merupakan sebuah fungsi untuk memotong bagian video manapun tanpa membuang sisanya. Dalam arti laian, kamu bisa memanfaatkan fungsi untuk membagi video menjadi beberapa bagian yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk melekatkan berbagai jenis efek canggih.

Cara Menyimpan Video yang sudah di potong

Nah jika kamu sudah selesai dalam melakukan pemangkasan bagian video, sebaiknya simpan proyek yang sudah kamu buat tersebut suapaya hasilnya bisa diputar. Berikut adalah cara menyimpan video di kinemaster:

  1. Pilih video yang sudah kami edit.
  2. Klik ikon kabel bercabang yang terletak di bilah kiri.
  3. Klik Save Video to Gallery. Kamu bisa memilih fitur ini untuk menyimpan video yang kamu potong ke lokal drive di ponsel anda yang kemudian nantinya bisa kamu putar melalui aplikasi Video atau langsung menggunakan Gallery.
  4. Tunggu sampai proses penyimpanan video selesai.

Kesimpulan

Cara memotong video di Kinemaster baik itu versi terbaru atau versi lama sebenarnya sangat mudah untuk dipahami. Dan bahkan, tutorial ini juga dapat kamu terapkan pada aplikasi Kinemaster Diamond Mod Apk versi apapun. Sekian panduan kinemaster dari haxina dan nantikan tutorial lainnya.