Cara Edit Video di Kinemaster

Penulis: Ai Konome

cara edit video di kinemaster

Sudah punya aplikasi Kinemaster? Lalu apakah kamu tahu bagaimana Cara Edit Video di Kinemaster? Jika bingung memulainya darimana, Haxina.com akan membantu Anda sekarang.

Membuat video yang bagus, jernih dan super keren tentunya tidak lepas dari tools yang Anda gunakan untuk membuat video itu sendiri. Dalam hal ini, saya menggunakan aplikasi Kinemaster MOD yang merupakan aplikasi terbaik bagi pengguna Android untuk berkreasi dalam membuat video.

Melalui aplikasi ini, kita dapat menambahkan banyak efek slide, layer, membuat video layar hijau dan jenis video lainnya sesuai dengan kemampuan kita. Namun, kembali ke Anda masing-masing. “Seberapa kreatif Anda dalam mengedit video”.

Jika kamu mahir menggunakan aplikasi edit video ini, kemungkinan besar kamu sanggup membuat serial kartun yang juga dapat dijadikan konten Youtube.

Mungkin tutorial cara edit video di kinemaster ini sudah tidak asing lagi, apalagi jika saat ini kamu adalah salah satu youtuber yang selalu mengandalkan handphone untuk membuat konten di channel Youtube.

Meskipun aplikasi Kinemaster sudah banyak digunakan, tetap saja ada orang yang tidak tahu cara edit video di Kinemaster. Biasanya, mereka adalah orang yang baru pertama kali menginstal aplikasi ini. Oleh karena itu, tidak salah kan jika saya membuat tutorial sederhana ini.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi Kinemaster bagi pemula? Jika kamu benar-benar ingin mempelajari aplikasi ini, sebaiknya simak langsung Langkah langkah edit video di KineMaster berikut ini.

Cara Edit Video di Kinemaster

cara edit video di kinemaster

Berikut adalah panduan dasar cara edit video di Kinemaster:

1. Membuat Project Baru

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah menginstal aplikasi tersebut.
  • Setelah aplikasi kinemaster terinstal, segera buka aplikasi tersebut.
  • Silakan masuk ke bagian menu “Media Browser” untuk mulai mengimpor video ke dalam aplikasi.
  • Nah, setelah video berhasil diimport, sekarang kamu sudah bisa mulai mengedit video sesuai dengan kesukaan kamu sendiri dan tentunya
  • sesuai dengan skill yang kamu miliki.

Oh ya, Anda tidak memiliki keterampilan apa pun karena Anda baru mengenal aplikasi ini. Lupakan saya, mari kita lanjutkan ke tahap kedua, yaitu bagian editing.

2. Memotong bagian Video

Memotong bagian video ini mungkin berguna untuk kalian, terutama pada saat akan menambahkan lapisan klip ke video pertama tadi. Jadi, ini juga masuk dalam daftar cara edit video di kinemaster. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Anda harus terlebih dahulu mengupload satu buah video layer sebelum Anda dapat memotongnya.
  • Untuk mengunggah video tersebut, maka cukup tekan simbol “+” yang terletak di lingkaran tengah.
    Setelah video yang kamu pilih terunggah, maka centang bagikan kanan atas.
  • Jika ingin memotong video, maka cukup tekan Video di bilah bawah dan tahan bidang garis kuning berada di sisi kiri.
  • Lihat ke bagian kiri Video, klik ikon Gunting  sehingga hasil pemotongan video yang kamu lakukan akan tampak di bagian bilah yang sama.
  • Apabila pilihan untuk pemangkas masih mati, maka kalian cukup menggeser garis yang ada pada video ke kanan atau ke kiri untuk menentukan bidang yang akan di potong.

Ingat, kamu bisa memotong video pada bagian yang anda inginkan. Baik itu ke kiri atau ke kanan yakni Playhead. Bahkan, kamu juga bisa membagi video ini menjadi dua bagian.

Cara membagi video menjadi dua bagian ini dapat dilakukan dengan cara menekan menu PlayHead, dan lihat hasil yang tampak pada bidang yang sama. Fungsi utama proses pemotongan ini adalah membuang bagian video yang tidak kamu inginkan. Misalnya memotong durasi yang tidak jelas atau adegan yang tidak sesuai dengan kriteria.

Cara Edit Video di Kinemaster pada bagian pemotongan ini saya pikir sudah sangat jelas untuk kalian terapkan sendiri. Jadi, mari kita lanjut ke tahap selanjutnya.

3. Memanfaatkan Fungsi Transisi

Transisi ini bisa kamu gunakan untuk mengubah tampilan klip atau bagian video yang baru saja di potong. Atau bisa pula digunakan ketika anda memasukkan klip video tambahan ke video utama. Tujuannya tentu untuk membuat video yang kamu edit menjadi lebih halus saat berganti klik, lokasi, atau adegan. Caranya yaitu:

  1. Impor video dari galery ponsel. Video yang akan kita gunakan kali ini terdiri dari dua file, sehingga anda harus mengimpornya dua kali. Ingat, ketika kedua video ini sudah terimpor, maka anda akan melihat bilah kotak kecil yang merupakan pembatas antara Video 1 dan video 2. Biasanya ini ditandai dengan kotak kecil berwarna abu-abu dan dengan garis ditengahnya.
  2. Klik Kotak abu-abu. Untuk menambahkan efek transisi, maka kamu harus menekan kotak tersebut.
  3. Pilih efek transisi. Kamu akan mendapati banyak menu, tapi cukup pilih efek transisi saja yang mana anda akan mendapatkan banyak efek yang siap untuk diterapkan ke video tersebut. Mulai dari 3D, kesenangan, Images, Klasik, teks, presentasi, dll semuanya bisa kamu gunakan dengan gratis.
  4. Tentukan efek transisi. Silahkan pilih salah satu efek transisi tersebut dengan cara menekan efek atau klik pada tanda ceklist dibagian atas efek transisi yang sudah kamu tentukan.
  5. Geser Video dan Klik Putar. Jika kamu sudah menentukan efek transisi, maka sebaiknya lihat terlebih dahulu hasilnya dengan cara menggeser video ke kanan atau menekan tombol putar pada video yang kamu edit di Kinemaster.

Banyaknya efek transisi ini bisa mengubah video anda menjadi lebih bagus dan terkesan profesional. Akan tetapi, tetap saja kamu harus bisa menentukan efek yang cocok untuk video tersebut. Oleh karena  itu, tujuan “Pratatinjau” di langkah ke 5 di atas sangat penting untuk kamu terapkan. Untuk hasil yang maksimal, lakukan prantinjau video sesering mungkin setelah memilih efek transisi.

4. Menyematkan Audio

Menyematkan audio juga masuk dalam panduan cara edit video di kinemaster kita kali ini. Coba bayangkan, kamu memutar video tanpa audio. Saya yakin rasanya pasti akan sangat hambar. Oleh karena itu, audio juga penting untuk menyampaikan sebuah informasi yang ada dan juga sebagai back sound video anda.

Cara menyematkan video yaitu:

  • Silahkan klik ikon Mikrofon. Ini merupakan upaya pertama yang harus kamu lakukan untuk menambahkan audio ke dalam video yang kamu edit.
  • Klik Rekam. Untuk menambahkan suara dari rekaman, maka kamu harus menekan tombol Rekam. Pada saat anda merekam, pastikan bahwa microfone telah menyala yang artinya proses pengambilan suara sedang berlangsung. Biasanya, ini akan ditandadi dengan adanya indikator ikon lampu berkedip pada aplikasi kinemaster.
  • Buat rekaman Audio. Silahkan buat rekaman audio anda agar bisa dijadikan sebagai musik atau suara di Video yang kamu edit. terserah mau seperti apa, yang utama adalah mampu menghasilkan suara.

Ketika kamu menekan tombol rekam, maka video yang kamu pilih akan ditandadi dengan garis merah yang artinya itu adalah audio yang kamu sematkan ke video. Kemudian, ketika kamu menekan tombol Stop (rekaman), maka garis merah tersebut akan dilengkapi dengan garis berwarna ungu yang terletak dibawah audio.

Sebelum kamu benar-benar menerapkan audio ini ke Video, sebaiknya gunakan fitur tinjau audio untuk memastikan kualitasnya bahwa audio tersebut sudah sesuai dengan preferensi kalian. Jika hasilnya tidak bagus, maka gunakan fitr “rekam ulang”.

Jangan lupa atur bagian Volume audio suara dan jika ada noise yang menggangu, maka anda dapat membuat rekaman video secara terpisah yang  kemudian mengonfigurasinya ke video yang kamu impor.

Penutup

Itulah kira-kira cara edit video di kinemaster yang bisa saya bagikan untuk Anda. Sebenarnya masih banyak tutorial cara edit video di kinemaster yang belum saya jelaskan di sini. Mungkin, di lain waktu kami akan membahasnya kembali. Sampai jumpa di artkel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!