3 Cara Convert MBR Ke GPT Tanpa Kehilangan Data

2 min read

Cara Convert MBR Ke GPT Tanpa Kehilangan Data

Apakah anda sudah tahu bagaimana cara convert MBR ke GPT tanpa kehilangan data? Tentu saja anda harus mengetahuinya, sebab saat melakukan instalasi Windows 10, Anda perlu mengubah MBR ke GPT.

MBR atau biasa disebut Master Boot Record dan GPT yakni GUID Partition Table merupakan style partisi komputer yang menjalankan Windows. Keduanya mempunyai perbedaan, MBR merupakan format partisi lama dan menjadi sebab masalah utama saat Anda tidak dapat melakukan instalasi Windows 10.

Sedangkan GPT merupakan partisi baru yang diciptakan untuk menggantikan partisi yang lama. Dengan begitu, pengguna laptop memilih mengubah partisi disk mereka dari MBR ke GPT. Namun masih banyak dari mereka yang belum tahu cara Convert MBR Ke GPT tanpa kehilangan data.

Cara Convert MBR Ke GPT Tanpa Kehilangan Data

Menggunakan partisi terbaru seperti GPT memang mempunyai beberapa kelebihan. Standar yang lebih baru hadir dengan serangkaian keunggulan dibandingkan teknologi yang lebih lama, termasuk kecepatan boot yang lebih cepat, mendukung banyak sistem operasi, perlindungan data yang lebih canggih dan lain sebagainya.

Nah, lalu bagaimana sih cara Convert MBR Ke GPT tanpa kehilangan data? Pada pembahasan kali ini saya sudah berikan cara Convert MBR Ke GPT tanpa kehilangan data. Yuk simak cara lengkapnya dibawah ini, yah.

Convert MBR ke GPT Menggunakan Disk Management

Cara Convert MBR Ke GPT Tanpa Kehilangan Data yang pertama ialah menggunakan Disk Management. Disk Management ini merupakan diskpart berbentuk grafis. Nah, untuk caranya Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Pertama cari “This PC” di kotak pencarian Windows.
  2. Klik kanan pada “This PC”, lalu pilih Manage.
  3. Kemudian, klik Disk Management untuk mencantumkan semua disk yang tersedia.
  4. Selanjutnya, klik kanan pada partisi disk yang ingin di ubah ke GPT dan pilih Delete Volume untuk membersihkan disk.
  5. Proses ini akan menghapus semua data partisi.
  6. Setelah itu, klik kanan pada disk target dan pilih Convert to GPT Disk dan Klik Ok. Proses selesai.

Baca Juga: Cara Cek Spesifikasi Laptop

Convert MBR ke GPT Menggunakan DiskPart

Cara Convert MBR Ke GPT Tanpa Kehilangan Data yang kedua ialah menggunakan DiskPart. Diskpart memungkinkan Anda untuk mengubah MBR ke partisi GPT tanpa kehilangan data dengan mudah. Nah, untuk caranya Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

Sebelum Convert MBR ke GPT menggunakan DiskPart pastikan Anda sudah mencadangkan data Anda sebelum menggunakan metode ini, yah. Setelah dicadangkan lanjut ke langkah-langkahnya.

  1. Pertama cari “cmd” di kotak pencarian Windows, lalu pilih Run as Administrator.
  2. Pada jendela Command Prompt, ketik “diskpart”, kemudian klik Enter.
  3. Selanjutnya, ketik list disk dan klik Enter.
  4. Pada disk yang tercantum oleh utilitas, pilih disk yang ingin Anda konversi menggunakan perintah select disk X, ‘X‘ ialah nomor yang ditetapkan ke disk yang ingin Anda konversi. Kemudian, hapus data dari disk yang Anda pilih dengan menjalankan perintah clean.
  5. Setelah proses clean selesai akan muncul kalimat “DiskPart succeeded in cleaning the disk”. Lalu, ketik convert GPT, kemudian klik Enter.
  6. Tunggu beberapa saat dan Anda berhasil mengkonversi MBR ke GPT dengan DiskPart.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Video Yg Terhapus Di Laptop

Convert MBR ke GPT Menggunakan Gptgen

Cara Convert MBR Ke GPT Tanpa Kehilangan Data yang ketiga adalah menggunakan Gptgen. Untuk caranya sendiri, Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

Sebelum Convert MBR ke GPT menggunakan Gptgen pastikan Anda sudah mencadangkan data Anda sebelum menggunakan metode ini, yah. Hal ini dilakukan jika sewaktu-waktu proses konversi terjadi kesalahan. Apabila data telah dicadangkan, lanjut ke langkah-langkahnya.

  1. Pertama, download dan instal utilitas yang bernama Gptgen terlebih dulu.
  2. Kemudian, cari “cmd” di kotak pencarian Windows, lalu pilih Run as Administrator.
  3. Setelah Command Prompt terbuka, ketik alamat folder instalasi Gptgen Anda sesuai dengan lokasi yang tersimpan. Misal, alamat folder instalasi Gptgen adalah “C:Users\Anton\Desktop\Stuff\File\gptgen-1.1”, maka Anda harus mengetik di “cd c:Users\Anton Desktop\Stuff\File\gptgen-1.1” untuk masuk ke folder dimana Gptgen terinstal.
  4. Kemudian, jalankan perintah list disk. Lalu untuk mengkonversi tabel partisi disk target Anda dari MBR ke GPT, ketik “gptgen.exe -w \\. \\physicaldriveX” dan klik Enter.
  5. Setelah perintah dijalankan, Anda berhasil mengubah MBR ke GPT menggunakan Gptgen tanpa kehilangan data.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Laptop

Nah itulah bagaimana cara convert MBR ke GPT tanpa kehilangan data yang bisa anda lakukan dengan mudah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *