4 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Laptop Dengan Mudah

3 min read

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Laptop

Bagaimana cara menghilangkan virus shortcut di laptop yang membandel? Sebab tentu saja virus bukan hanya bisa menjangkit makhluk hidup seperti virus Covid-19, namun virus juga bisa menjangkit komputer yang juga memiliki resiko yang sama.

Namun yang membedakan virus di komputer adalah komputer akan mengalami malfungsi atau terjadi masalah terkait kesalahan pada komputer, komputer tidak bisa digunakan dengan baik, atau komputer mengalami masalah lelet dan lemot.

Untuk itu, tentu saja anda harus mengetahui bagaimana Cara menghilangkan virus shortcut di laptop dan bagaimana cara mencegahnya supaya laptop atau komputer yang anda miliki tidak terserang virus lagi. Walaupun sebenarnya cara menghilangkan virus ini tidak susah, bahkan cara menghilangkan virus di laptop bisa dilakukan dengan cepat dan mudah asalkan buka virus ransomware.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Laptop Yang Membandel

Virus shortcut merupakan salah satu jenis virus yang sempat menghebohkan pengguna komputer dan laptop di tahun 2011 lalu. Dimana virus ini berhasil menginfeksi lebih dari jutaan komputer. Hal ini karena virus Shortcut bisa menginfeksi file yang berformat Exe dan juga DLL.

Seperti yang kita ketahui bahwa file DLL dan juga Exe adalah program dan juga file system dari Windows. Virus ini bisa dengan mudah menginfeksi komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows XP, Windows 7.

1. Cara Menghapus Virus Shortcut Di Flashdisk

Cara Menghapus Virus Shortcut Di Flashdisk

Flashdisk sendiri adalah salah satu perantara dari terjadinya penyebaran virus. Dimana flashdisk adalah salah satu media penyimpanan eksternal yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saat ini. Sebenarnya untuk bisa menghapus dan menghilangkan virus shortcut yang terjadi di flashdisk, anda hanya perlu melakukan format saja.

Lalu bagaimana cara menghilangkan virus shortcut yang terjadi di flashdisk? Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan bagaimana langkah-langkah menghilangkan virus shortcut yang berada di flashdisk.

  1. Langkah pertama silahkan anda buka dulu CMD di fitur Start, kemudian anda ketik saja CMD. Klik kanan pada aplikasi CMD, kemudian anda pilih Run As Administrator.
  2. Lihat dimana letak dari drive lokasi flashdisk yang anda gunakan, apakah berada di drive E, F, atau G. Berikutnya silahkan arahkan direktori CMD dengan cara mengetikan perintah lokasi drive. Misalnya drive flashdisk berada di abjad E, silahkan anda ketik saja E: kemudian tekan enter.
  3. Langkah selanjutnya untuk melakukan format, anda hanya perlu mengetikkan perintah del *.ink s/ d/ berikutnya silahkan anda tekan saja enter. Jika muncul pesan error, anda ketik ulang kode del *.ink s/ atau del *.ink kemudian tekan enter.
  4. Langkah berikutnya silahkan anda ketik perintah attrib -s -r -h *.* /s /d /l kemudian tekan enter.
  5. Tunggu proses hingga selesai.

Baca Juga: Cara Memindah File Dari Laptop Ke Flash Disk

2. Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Laptop Dengan Task Manager

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Laptop Dengan Task Manager

Cara menghilangkan virus shortcut di laptop dengan mudah yang berikutnya adalah dengan menggunakan fitur task manager. Dimana seperti yang sudah kita ketahui bahwa task manager berguna untuk menampilkan beberapa file atau program yang sedang dijalankan.

Jadi tanpa anda sadari, ada beberapa program-program yang berjalan di latar belakang. Mungkin anda tidak melihat program atau suatu aplikasi, sehingga tidak muncul di taskbar Windows. Namun kenyataanya ada beberapa file program yang berjalan di latar belakang.

Salah satu program yang bisa berjalan di latar belakang adalah program virus shortcut. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan bagaimana cara menghilangkan virus shortcut di laptop dengan task manager.

  1. Langkah pertama silahkan anda buka dulu Task manager, dengan cara menekan tombol CTRL + ALT + DEL yang berada di keyboard. Kemudian silahkan anda pilih menu task manager.
  2. Atau cara lainnya adalah dengan klik kanan di taskbar, kemudian anda pilih menu Task manager.
  3. Jika task manager sudah terbuka, silahkan anda pilih tab Processes kemudian anda cari dan pilih pada proses Wscript.exe.
  4. Klik tombol End Task pada proses tersebut.

3. Cara Menghapus Virus Shortcut Di Laptop Dengan Regedit

Cara Menghapus Virus Shortcut Di Laptop Dengan Regedit

Regedit adalah program yang digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap file-file registry di laptop. Perlu anda ketahui, bahwa terkadang file registry yang bermasalah lah yang membuat munculnya virus-virus shortcut di laptop.

Nah untuk bisa mengatasinya, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan bagaimana cara menghapus virus shortcut di laptop melalui regedit.

  1. Langkah pertama silahkan anda buka regedit dengan cara menekan tombol Windows + R di keyboard, kemudian anda ketik regedit dan tekan OK untuk menjalankan aplikasi regedit.
  2. Berikutnya nanti akan muncul tampilan dari jendela Registry Editor.
  3. Silahkan anda buka direktori HKEY_CURRENT_USER/
  4. Kemudian pilih Software/Microsoft.
  5. Berikutnya silahkan anda masuk ke direktori Windows/CurrentVersion/Run.
  6. Berikutnya silahkan anda cari file registry key yang bernama dowcamszas, silahkan anda hapus file registry tersebut. Jika anda tidak berhasil menemukan file tersebut, silahkan anda cari file lainnya dengan nama yang aneh kemudian anda hapus file registry tersebut.

4. Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Laptop Dengan SMADAV

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Laptop Dengan SMADAV

SMADAV adalah salah satu antivirus terbaik yang bisa digunakan di komputer maupun laptop. Dimana Smadav sendiri merupakan antivirus buatan anak bangsa yang sudah terbukti bisa diandalkan untuk menghilangkan virus shortcut di laptop.

Nah untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menghapus virus shortcut di laptop dengan SMADAV, berikut dibawah ini sudah saya tuiliskan bagaimana langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama silahkan anda download dulu aplikasi SMADAV, kemudian silahkan anda install aplikasi tersebut.
  2. Berikutnya, silahkan anda pilih deep scan untuk melakukan pemeriksaan atau pemindaian virus lebih mendalam. Saya sarankan untuk tidak menggunakan quick scan karena hasil dari quick scan tidak akurat.
  3. Tunggu proses pemindaian berjalan sampai selesai. Biasanya memakan waktu cukup lama karena SMADAV melakukan scanning atau pemindaian lebih mendalam.
  4. Jika ditemukan virus shortcut, maka secara otomatis akan muncul notifikasi yang ditampilkan oleh SMADAV. Silahkan anda pilih hapus file virus tersebut dengan menggunakan SMADAV.
  5. Selesai, sekarang laptop anda sudah terhindar dari virus shortcut.

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Playstore Di Laptop

Nah itulah bagaimana cara menghilangkan virus shortcut di laptop dengan mudah yang bisa anda lakukan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin merasa kesulitan untuk menghilangkan virus shortcut yang berada di laptop.

Sebagai informasi tambahan, file shortcut tidak akan dapat dibuka dimana saat anda mencoba untuk membuka file shortcut tersebut justru akan memunculkan pesan error. Jika laptop anda terkena virus shortcut, tentu saja bisa mempengaruhi penyimpanan eksternal dan juga penyimpanan internal dari laptop seperti harddisk dan flashdisk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!