Wajib Tahu, 4 Perbedaan Kerusakan Lcd Dan Touchscreen HP Smartphone

1 min read

Perbedaan Kerusakan Lcd Dan Touchscreen HP

Perbedaan Kerusakan Lcd Dan Touchscreen HP Smartphone – Seiring dengan berkembangnya zaman dan juga teknologi, hp atau ponsel juga mengalami perkembangan. Dimana jika dulu kita hanya mengenal featured phone atau hp basic biasa, namun sekarang ini sudah ada yang namanya Smartphone. Smartphone adalah ponsel pintar yang biasanya memiliki fitur Touchscreen atau layar sentuh. Namun terkadang terjadi masalah dimana layar dari smartphone yang mengalami kerusakan. Tentu saja kalian harus mengetahui perbedaan kerusakan lcd dan touchscreen, untuk mengetahui apa yang harus diperbaiki atau diservis.

Saat smartphone kita mengalami kerusakan pada layar tentu saja kita harus bisa mengetahui dulu dan mendiagnosa kira-kira bagian mana yang mengalami kerusakan. Karena jika masalah di layar ini terdapat dua kemungkinan yakni kerusakan di LCD atau kerusakan di Touchscreen. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi terkait perbedaan kerusakan lcd dan touchscreen.

Apa Perbedaan Kerusakan LCD Dan Touchscreen Smartphone

Sebelum kalian memutuskan untuk melakukan perbaikan pada smartphone yang kalian miliki, tentu saja kita harus mengetahui bagian mana dari smartphone yang mengalami kerusakan. Apalagi jika yang mengalami kerusakan adalah bagian layar smartphone, tentu saja kita harus mengetahui perbedaan kerusakan LCD dan Touchscreen smartphone. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Layar Smartphone Retak

Masalah pertama yang sering menghampiri pengguna smartphone adalah layar smartphone yang retak. Nah disini tentu saja kita harus mengetahui bagian mana yang ikut mengalami kerusakan karena layar smartphone retak tersebut. Apakah hanya LCD atau Touchscreen yang rusak.

Jika layar hanya retak, namun beberapa bagian di layar masih bisa digunakan atau digerakan. Kemungkinan besar yang mengalami kerusakan adalah LCD saja, karena kemungkinan touchscreen hanya kendur saja di bagian kabel elastisnya.

2. Garis Di Layar

Selain itu, terkadang sering muncul garis di bagian layar smartphone. Untuk masalah ini sudah pasti yang mengalami kerusakan adalah LCD smartphone. Mungkin karena kabel elastis LCD tertarik atau kendur, sehingga muncul garis-garis yang terdapat di layar smartphone.

3. Layar Smartphone Pecah

Untuk masalah yang satu ini cukup sulit mengetahui perbedaan kerusakan pada LCD dan Touchscreen smartphone. Karena jika hanya retak kita masih bisa mengetahui apakah LCD yang rusak atau Touchscreen juga ikut rusak. Untuk memastikannya kalian bisa membongkar smartphone kemudian cek apakah kabel Touchscreen putus atau kendur.

4. Layar Tidak Sensitif

Terakhir, untuk yang satu ini mungkin kita bisa menyimpulkan jika kerusakan terdapat pada Touchscreen smartphone. Dimana layar bisa menampilkan gambar dengan jernih dan sempurna, namun touchscreen tidak sensitif atau bahkan mengalami delay. Untuk masalah ini kemungkinan karena kabel elastis dari Touchscreen hp yang kendur.

Kesimpulan

Lalu apa sih kesimpulan dari perbedaan kerusakan LCD dan Touchscreen HP? Sebenarnya sangat mudah, karena kedua bagian layar ini adalah perangkat atau komponen yang sangat berbeda. Karena itu tentu saja kedua perangkat ini juga memiliki fungsi yang berbeda.

Jika LCD berguna untuk menampilkan output keluaran gambar dan tulisan yang terdapat di HP. Sementara untuk Touchscreen ini berguna untuk menjadi input sentuhan. Jika LCD hanya mengalami retak saja, kemungkinan Touchscreen masih bisa digunakan.

Nah itulah informasi mengenai perbedaan kerusakan LCD dan Touchscreen HP, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda yang kebingungan dalam melakukan diagnosa kerusakan di bagian layar smartphone.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!