Pengertian dan Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

2 min read

Pengertian dan Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Pada era sekarang, jurusan desain komunikasi visual menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh banyak orang, hal tersebut dikarenakan perubahan lingkup kerja serba digital. Jadi bisa dikatakan kebutuhan akan konten media sosial, promosi digital, dan lainnya yang berbau digital akan sangat cepat diserap oleh pasar.

Bagi mereka yang tidak bisa beradaptasi tentunya harus siap-siap tergerus oleh persaingan bisnis. Kita semua sepakat, kondisi pandemi yang menerpa dunia selama 2 tahun belakangan ini sangat merubah kebiasaan hidup manusia cukup drastis, mulai dari membeli bahan pokok makanan dari online hingga bekerja pun cukup dari rumah secara online.

Ketergantungan hidup akan internet menjadi tidak terelakkan untuk saat ini. Salah satu pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah tersebut adalah desain grafis, video editor, copy writing, dan lain sebagainya. Namun dalam kesempatan kali ini kami ingin membahas sedikit tentang jurusan desain komunikasi visual.

Pengertian Jurusan Desain Komunikasi Visual

Desain komunikasi visual atau yang lebih dikenal dengan singkatan DKV, adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari konsep tentang cara komunikasi melalui media dengan memanfaatkan elemen atau ornamen visual atau bisa juga berupa seni rupa dengan maksud untuk menyampaikan satu pesan atau tujuan tertentu.

Biasanya hasil dari DKV ini banyak berupa banner, baliho, selabaran poster, video motion, dan lain sebagainya. Intinya apa yang mereka kerjakan adalah mendorong seseorang untuk memperhatikan pesan apa yang disampaikan.

Nah, keluaran dari jurusan desain komunikasi visual ini banyak yang bekerja dalam satu perusahaan produk penjualan, baik itu produk makanan, garmen, make up / skincare, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah mengemas produk tersebut kepada masyarakat umum tentang daya tarik apa saja yang bisa dijual dari produk tersebut.

Biasanya juga para desainer grafis ini sering bekerja sama dengan salah satu influencer atau artis yang menjadikan ambasador atau iconic dari produknya, tujuannya sudah jelas untuk menggaet visitor dan buyer, dan perusahaan pun bisa closing produk dengan cepat.

Program Studi Jurusan Desain Komunikasi Visual

Sebagaimana mestinya dalam satu bidang studi, pastinya memiliki beberapa pecahan atau fokusan bidang studi yang dapat di dalami oleh seorang pelajar tersebut, dalam salah satu institusi negri di kota Bandung menjelaskan, bahwa ada 3 program studi yang akan dijuruskan setelah masuk DKV.

  • Komunikasi Grafis.
  • Komunikasi Visual Iklan.
  • Komunikasi Multimedia.

Dari ketiga program tersebut memang terkesan hampir mirip secara keseluruhan, namun dalam penerapan kerjanya pasti berbeda. Dan inti dari ketiga program studi tersebut adalah mengolah bahasa visual pada suatu media, memiliki kehandalan dalam membuat ilustrasi, tipografi, logo, desain majalan, signage, desain website, membuat animasi video motion, dan media promosi lain nya.

Prospek Kerja DKV

Dalam satu bidang studi yang ditekuni, pastinya memiliki daya serap SDM yang sangat baik pula karena mereka fokus dalam mempelajari dalam jurusan desain komunikasi visual. Namun sebagai catatan, diterimanya lulusan DKV dalam industri tergantung keberuntungan dan keahlian yang mereka miliki masing-masing, untuk prospeknya antara lain.

  • Konsultan desain grafis (Graphic house).
  • Biro periklanan atau advertising.
  • Rumah produksi, baik produk makanan, kecantikan, dan lain-lain.
  • Stasiun TV dan media online.
  • Public relation atau lembaga swasta.
  • Pengusaha atau freelancer.

Namun kebanyakan dari lulusan DKV ini banyak yang mendirikan biro iklan atau konsultan desain, dapat dikatakan mereka berwirausaha sendiri. Karena kemampuan yang dimiliki memang unik dan berbeda dari yang lain.

Tetapi tidak sedikit dari mereka juga bekerja di salah satu instansi, baik itu instansi swasta atapun negri. Nah, bagi kamu yang sedang mencari lowongan kerja desainer grafis, ternyata informasinya sudah banyak sekali loh tersebar di salah satu portal lowongan pekerjaan.

Salah satu portal loker tersebut adalah Jooble, di sana kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan yang masih ada kaitannya dengan dunia DKV, jadi tentukan pilihan kamu mulai dari sekarang. Apakah ingin membuka usaha sendiri atau kerja di instansi, semoga beruntung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!