Kenapa Memori Internal Xiaomi Penuh Padahal Aplikasi Sedikit?

1 min read

Memori Internal Xiaomi Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Penasaran gak sih kenapa memori internal Xiaomi penuh padahal aplikasi sedikit? Hal ini kerap ditemui oleh kamu pengguna HP Xiaomi.

Biasanya perangkat Xiaomi memiliki penyimpanan internal mulai dari 64GB hingga 256 GB untuk keluaran HP di tahun 2021.

Namun banyak yang tidak menyadari bahwa memori tersebut akan terus dipangkas oleh berbagai hal sehingga kamu mungkin tidak dapat menggunakan semuanya.

Semakin lama pemakaian, akan membuat ukuran memori internal kamu semakin menipis, dan mungkin kamu bertanya kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Untuk menjawab hal tersebut, Haxina.com beirkut ini akan memberikan alasan kenapa memori internal Xiaomi penuh padahal aplikasi sedikit. Simak berikut ini.

Kenapa Memori Internal Xiaomi Penuh Padahal Aplikasi Sedikit?

Kenapa Memori Internal Xiaomi Penuh Padahal Aplikasi Sedikit?

Bagi kamu yang belum tahu, ada beberapa hal yang bisa membuat memori internal Xiaomi kamu penuh, padahal kamu hanya menginstall sedikit aplikasi, hal ini disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut.

Data File Sistem Operasi

Pertama disebabkan oleh data sistem operasi android yang mana hal ini menyebabkan sebagian memori internal kamu tidak seutuhnya penuh.

Misalnya, kamu memiliki memori internal sebesar 32GB, namun hanya dapat digunakan sebesar 26GB saja.

Hal ini dikarenakan sistem operasi Android yang terinstall pada Xiaomi kamu memang membutuhkan ukuran sebesar 4 GB atau lebih.

File Sampah Yang Menumpuk

Kedua dikarenakan file sampah yang menumpuk pada Xiaomi kamu. File sampah diantaranya seperti cache, backup, thumbnail dan yang lainnya.

Cache biasanya didapatkan dari seberapa banyak kamu menggunakan aplikasi, hal ini akan semakin banyak sebanding seberapa sering kamu menggunakannya.

Sebagai contoh, kamu menggunakan Facebook yang awalnya hanya memakan 100 MB saja, namun lama kelamaan akan menumpuk bahkan menjadi 1 GB.

Hal ini dikarenakan dalam aplikasi Facebook, kamu bisa melihat berbagai konten seperti gambar dan video, secara otomatis Facebook akan menyimpannya menjadi cache sehingga kamu bisa dengan cepat ketika mengaksesnya kembali.

Baca Juga: Penyebab Kapasitas Memori Internal Xiaomi Tidak Sesuai

Data Aplikasi Menumpuk Setelah Dihapus

Jangan langsung menghapus aplikasi di Android tanpa membersihkan data dan cache terlebih dahulu, hal ini akan menyebabkan memori Xiaomi kamu penuh dengan cepat.

Yang mana setiap aplikasi yang kamu install kemudian menggunakannya akan secara otomatis menyimpan data dan cache.

Nah ketika kamu menghapus secara langsung, hal ini akan membuat data tersebut tidak langsung terhapus.

Walaupun dalam satu aplikasi data yang tertinggal terbilang kecil, namun lama kelamaan akan menumpuk dan semakin besar.

Sebaiknya hapus data dan cache terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk menghapus aplikasi di Android.

Foto dan Video Yang Semakin Banyak

Tahukah kamu bahwa file foto yang kamu jepret menggunakan kamera HP memiliki size yang sangat besar? Hal ini akan membuat memori kamu cepat penuh.

Baik itu video maupun foto memiliki size yang besar sesuai dengan besar piksel kamera pada Xiaomi kamu.

Semakin besar piksel kamera, maka semakin besar pula ukuran foto yang dihasilkan, hal ini akan membuat memori dengan cepat penuh.

Sebaiknya kamu harus memfilter video dan foto di Xiaomi kamu kamu agar nantinya tidak menumpuk semakin banyak dan menghabiskan memori.

Atau alternatif lain, gunakan aplikasi kompres size gambar dan video agar memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga tidak membuat memori bengkak.

Baca Juga: Cara Membersihkan Penyimpanan Memori Internal Xiaomi Penuh

Nah itu saja alasan kenapa memori internal Xiaomi penuh padahal aplikasi sedikit, semoga saja ulasan diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Sampai jumpa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!