Kenapa Sinkronisasi Gmail Lama?

Penulis: Ai Konome

Kenapa Sinkronisasi Gmail Lama?

Kenapa sinkronisasi Gmail lama? Suatu masalah yang mungkin kamu ketahui pada ponsel Android, dimana ketika kamu melakukan sync atau sinkronisasi memerlukan waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, bagi kamu yang merupakan user android dan mengalami masalah proses sinkronisasi yang cukup lama, ada beberapa penyebab yang bisa kamu ketahui. Namun sebelum itu, kamu mesti tahu apa itu sinkronisasi sendiri.

Apa Itu Sinkronisasi?

Sinkronisasi pada perangkat Android merupakan salah satu proses untuk menyimpan suatu data pada perangkat Android, dimana proses sinkronisasi akan menyimpan data sebagai berikut ini:

  • Kalender
  • Kontak
  • Gmail
  • Google Calendar (Aplikasi)
  • Google Fit Data
  • Google Keep (Notes)
  • Detail Kontak
  • Task di Kalender

Proses sinkronisasi akan dilakukan secara realtime agar Google data menyimpan data kamu dengan aman, dan kemudian jika terjadi masalah seperti data hilang atau ganti perangkat, kamu bisa mengembalikannya dengan mudah berkat fitur sinkronisasi.

Sehingga akan memudahkan kamu untuk penyimpanan kontak orang terdekat dan tidak perlu mencari kontak dari awal ketika berganti perangkat.

Kegunaan sinkronisasi sangat dibutuhkan bagi kamu yang ingin serba cepat, simple dan mudah dilakukan. Lalu apa saja penyebab kenapa sinkronisasi Gmail lama di Android?

Baca Juga: Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa Sinkronisasi

Kenapa Sinkronisasi Gmail Lama?

Kenapa Sinkronisasi Gmail Lama?

Gmail merupakan salah satu layanan perpesanan milik Google, kegunaan Gmail tentu sangat beragam, dan pengguna diwajibkan memiliki Gmail jika menggunakan perangkat Android.

Namun proses sinkronisasi terbilang tidak akan mulus setiap saat, setiap pengguna pasti akan mengalami beberapa masalah yang cukup merepotkan seperti proses yang lama.

Oleh karena itu berikut ini beberapa penyebab kenapa sinkronisasi Gmail lama di Android:

Data Terlalu Besar

Pertama penyebab kenapa sinkronisasi Gmail lama dikarenakan data yang harus di backup terlalu besar, sehingga menunggu waktu untuk mengakses server.

Hal ini akan membuat proses lama dan membutuhkan waktu beberapa menit, akan tetapi tenang saja. Kamu bisa rutin menghapus pesan pada Gmail.

Dengan menghapus pesan pada Gmail akan membuat proses sinkronisasi lebih cepat karena data yang akan disimpan sedikit.

Tenang saja proses akan berlangsung secara otomatis sehingga kamu tidak harus menunggu proses sinkronisasi selesai. Cukup diamkan saja ponsel kamu dapa proses akan selesai.

Jaringan Internet Lemot

Kedua, penyebab kenapa sinkronisasi Gmail lama dikarenakan jaringan internet kamu yang lemot atau bermasalah.

Proses sinkronisasi akan membutuhkan data internet yang besar dan cepat, sehingga memberikan bandwidth yang lebih besar agar proses sinkronisasi berlangsung lebih cepat.

Pastikan kamu menggunakan jaringan WiFi atau jaringan seluler yang memiliki full speed untuk mengatasi masalah yang lambat.

Server Google Maintenance

Terakhir adalah masalah pada server Google itu sendiri yang mungkin mengalami error, down atau bahkan sedang melakukan maintenance atau perbaikan.

Sehingga proses sinkronisasi akan berjalan cukup lambat dari biasanya, hal ini menyebabkan kamu mungkin kesal menunggu.

Untuk mengatasinya terbilang cukup mudah, tidak ada hal yang harus kamu lakukan, kamu hanya perlu untuk menunggu hingga pihak Google memperbaikinya sendiri.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa Dibuka

Penutup

Fitur sinkronisasi memang sangat berguna untuk menyimpan data secara otomatis pada perangkat Android.

Dimana kamu bisa membackup semua data pada aplikasi Google seperti Gmail, dan jika kamu tidak semangat menghapus pesan di Gmail, maka Google dapat memulihkannya melalui fitur sinkronisasi.

Tak hanya kehilangan data, jika kamu mengganti perangkat lama ke perangkat baru juga akan sangat mudah.

Cukup masukan akun Google sebelumnya, dan lakukan sinkronisasi, semua dapat dari perangkat sebelumnya akan berpindah dengan cepat pada perangkat baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!