Deposito atau Reksadana Pasar Uang, Mana yang Cocok untuk Pemula?

Penulis: Ai Konome

Deposito atau Reksadana Pasar Uang

Investasi memang ada banyak jenis dan pilihannya. Sebagian orang tentu sudah mengenal investasi seperti deposito. Namun Anda juga perlu tahu ada pilihan investasi lainnya dari Reksadana. Reksadana sendiri memiliki beberapa instrumen investasi salah satu yang direkomendasikan adalah Reksadana jenis pasar uang. Anda sebagai pemula bisa memilih Reksadana pasar uang, sebagai investasi yang cukup  minim risiko.

Apa Itu Reksadana Pasar Uang

Definisi Reksadana pasar uang sendiri merupakan jenis investasi lewat Manajer Investasi reksadana dengan proses yang lebih mudah. Anda tinggal melakukan pembelian Reksadana lalu dana Anda dan sejumlah investor akan dikumpulkan lalu diinvestasikan oleh Manajer Investasi ke pasar uang.

Setelah membeli Reksadana maka uang Anda akan dikonversikan dalam bentuk unit reksadana yang kemudian disebut dengan nilai aktiva bersih atau NAB.

Anda bisa memilih apakah ingin melakukan investasi dana ke deposito atau Reksadana pasar uang. Keduanya tentu punya perbedaan masing-masing dan juga keuntungan masing-masing? Mari kita telaah dulu perbedaan di antara keduanya untuk menjadi bahan pertimbangan Anda.

Perbedaan Reksadana Pasar Uang dan Deposito

Perbedaan Reksadana Pasar Uang dan Deposito

Berikut adalah beberapa perbedaan dari investasi deposito dan Reksadana pasar uang yang perlu Anda tahu.

1. Modal Investasi

Reksadana pasar uang disebut cocok untuk pemula bukan hanya karena aman tapi karena biaya atau modal awal investasi yang lebih fleksibel. Namun semakin banyak dana yang diinvestasikan tentu semakin tinggi pula potensi keuntungan atau return yang bisa Anda dapatkan.

Anda yang pemula tidak hanya akan merasa aman, tapi juga merasa terbantu untuk memilih investasi. Jadi meski dananya tidak terlalu besar tetap bisa melakukan investasi lewat RDPU.

Untuk investasi dengan deposito memiliki sedikit perbedaan. Karena Anda harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih besar, setidaknya Anda harus memiliki dana jutaan rupiah terlebih dahulu untuk penyetoran awal.

2. Return

Return atau nilai pengembalian dari kedua jenis ini juga relatif tinggi. Saat ini deposito memberikan jumlah keuntungan kepada Anda untuk suku bunga 4% sampai 5%.

Sedangkan jika memilih Reksadana untuk jenis pasar uang Anda berpotensi mendapatkan keuntungan 4% sampai 7% per tahun. Hal ini disebabkan karena perputaran uang Reksadana ada di beberapa jenis produk investasi. Apalagi jika pasar uang sudah membaik maka keuntungan bisa makin tinggi.

3. Jangka Waktu

Sebelum berinvestasi, pastikan Anda sudah menentukan tujuan investasinya terlebih dahulu. Setelah mengetahui tujuan investasi, Anda bisa menentukan jenis reksadana apa yang cocok Anda ambil. Reksadana pasar uang sendiri cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka pendek di bawah satu tahun. Hal ini dikarenakan mayoritas isi dari reksadana pasar uang adalah instrumen yang jatuh temponya pendek.

Deposito sendiri adalah jenis investasi jangka pendek yang memiliki jangka waktu tertentu. Besaran suku bunga yang diberikan tergantung pada jangka waktu penyimpanan yang dipilih. Biasanya, jangka waktu yang ditawarkan berkisar 1, 3, 6, 12 sampai 24 bulan.

Jika Anda ingin mengambil dana sebelum jatuh tempo dari jangka waktu yang ditetapkan, pencairan dana deposito akan dikenai denda atau penalti.

4. Masa Pencairan Dana

Reksadana pasar uang bagi pemula bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menyimpan dana darurat. Mengapa demikian? Karena di Reksadana Anda bisa mengambil dana kapan saja, tanpa harus menunggu jatuh tempo. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan masalah denda karena tidak akan dikenakan denda.

Sedangkan untuk kategori deposito, Anda bisa mengambil dana sesuai dengan jatuh tempo. Misalnya Anda memilih tabungan deposito untuk jangka waktu 6 bulan atau 1 tahun. Maka dana baru bisa Anda ambil ketika sudah mencapai waktu yang ditentukan. Jika ingin melakukan pengambilan dana sebelum jatuh tempo tetap bisa  saja, namun anda akan dikenakan denda atau penalti.

Yang paling penting adalah Anda memilih mitra investasi yang tepat. Karena hal ini akan berpengaruh pada profit  yang akan didapatkan.

5. Pajak

Reksadana sangat tepat dipilih karena tentu saja membebaskan pajak saat pencairan dana. Reksadana bukan produk yang merupakan objek pajak, jadi keuntungan yang akan Anda dapatkan sepenuhnya akan jadi milik investor dan tidak dikenai potongan pajak.

Untuk deposito sendiri, Anda akan dikenai pajak final sebesar 20% terhadap bunga yang diberikan.

Investasi Reksadana Pasar Uang dengan DBS Treasures

Untuk pilihan tempat investasi yang tepat apapun pilihan reksadananya Anda harus menggunakan DBS Treasures. DBS Treasures merupakan priority banking yang memberikan kemudahan untuk Anda dalam melakukan transaksi apalagi untuk investasi.

Anda bisa dengan mudah melakukan transaksi perbankan, melakukan investasi baik jual Reksadana, beli Reksadana, registrasi SID atau Single Investor Identification hingga switching reksadana lewat Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi digibank by DBS adalah inovasi digital berkelanjutan dari DBS Treasures untuk proses analisis Reksadana yang didukung data dari infovesta yang tentu saja update dan terkini. Selain itu apalagi keuntungan melakukan investasi Reksadana di DBS Treasures?

  • Mendapatkan Panduan Investasi, investasi melalui DBS Treasures menguntungkan karena Anda akan mendapatkan panduan investasi yang telah dipersonalisasi dan dikomunikasikan kepada Anda oleh tim ahli. Di mana panduan investasi sangat penting bagi para pemula, terutama untuk melakukan analisa pasar dan juga mengetahui peluang terkini. Jadi apakah saat ini harus beli Reksadana, jual Reksadana atau switching semua akan dipandu untuk melakukan evaluasi lewat panduan investasi dari tim ahli finansial langsung yang dimiliki oleh DBS Treasures.
  • Dikelola Oleh Profesional, investasi Reksadana yang Anda lakukan di DBS Treasures akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional dan terkemuka. Dengan cara ini maka Anda bisa mengoptimalkan produk investasi yang dipilih, dalam hal ini tentu saja mencakup produk investasi Reksadana pasar uang.
  • Kurangi Risiko Investasi, dalam melakukan investasi tentu ada keuntungan dan risiko tersendiri. Namun investasi Reksadana dengan DBS Treasures akan membantu mengurangi risiko investasi lewat diversifikasi. DBS Treasures akan melakukan diversifikasi penyebaran dana ke berbagai jenis aset investasi, sehingga potensi keuntungannya akan stabil.

Sekarang Anda sebagai calon investor dan investor tentu sudah bisa memilih pilihan investasi yang menurut Anda tepat. Ingin pilih deposito atau Reksadana pasar uang, Anda bisa tentukan sesuai kebutuhan dan keyakinan masing-masing. Segera lakukan investasi Reksadana dengan yakin hanya bersama DBS Treasures.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!