Banyak dari kamu yang mungkin belum mengetahui mengenai cara ngecas headset Bluetooth. Hal ini dikarenakan pengguna bingung karena memang perangkat ini didesain tanpa adanya kabel.

Teknologi nirkabel seperti headset Bluetooth memang saat ini lebih banyak disukai oleh pengguna, mulai dari alasan yang praktis, tidak merepotkan, serta lebih trendy dan elegan untuk dilihat.

Selain itu, harga perangkat headset Bluetooth juga cukup terjangkau dan memiliki harga yang tidak berbeda jauh dengan headset jenis lainnya di pasaran.

Nah bagi kamu yang baru membeli perangkat headset Bluetooth, berikut ini langkah cara ngecas headset Bluetooth yang baik dan benar.

Cara Ngecas Headset Bluetooth

Cara Ngecas Headset Bluetooth

 

Cara kerja headset Bluetooth adalah menggunakan daya baterai agar perangkat bisa digunakan dan berfungsi dengan semestinya.

Seperti yang kamu ketahui, baterai memiliki jangka masa pemakaian yang akan habis jika daya pada baterai kosong, sehingga kita harus mengisi baterai agar headset Bluetooth bisa digunakan kembali.

Untuk mengisi kembali, kamu bisa ngecas perangkat headset Bluetooth yang kamu miliki, untuk caranya adalah sebagai berikut.

Sebelum membahas cara ngecas headset Bluetooth, ketika pertama kali kita membeli perangkat headset Bluetooth, kamu akan mendapatkan beberapa barang seperti Dus, Pengikat Kabel, Kabel USB micro, dan headset Bluetooth.

Untuk ngecas headset Bluetooth, kamu hanya perlu melakukan langkah sebagai berikut:

  1. Kamu bisa mencari lokasi port SUB yang terdapat pada headset Bluetooth.
  2. Untuk lokasi Port USB akan berbeda-beda tergantung dari model headset Bluetooth, baik disebelah kiri, kanan atau di bagian penghubung headset Bluetooth.
  3. Silahkan hubungkan kabel USB pada Port USB yang terletak pada headset Bluetooth.
  4. Sambungkan juga kabel USB dengan menggunakan Kepala Charger.
  5. Kamu bisa cek bagian lampu indikator yang menandakan bahwa headset Bluetooth sedang dalam pengisian.
  6. Tunggu hingga baterai penuh.
  7. Lepaskan jika dirasa baterai headset Bluetooth penuh.
  8. Selesai.

Untuk mengetahui apakah headset Bluetooth sudah terisi penuh atau tidak cukup mudah dilakukan. Kamu bisa melihat lampu indikator pada headset Bluetooth yang akan berubah warna.

Misalnya ketika proses ngecas headset Bluetooth berwarna merah, namun ketika baterai penuh, LED pada headset Bluetooth akan berwarna biru atau hijau.

Ketika berubah warna pada notifikasi LED headset Bluetooth, kamu hanya perlu mencabut port USB saja, dan biasanya waktu pengecasan akan berlangsung dengan cepat.

Tentu saja lama pengecasan juga akan bergantung dari kapasitas baterai pada headset Bluetooth serta charger yang digunakan untuk ngecas.

Dengan menggunakan langkah di atas, kamu setidaknya berhasil untuk melakukan cara ngecas headset Bluetooth dengan baik dan benar.

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Bisa Ngecas

Ada beberapa masalah yang mungkin timbul ketika kamu mengalami tidak mengisi baterai headset Bluetooth.

Adapun yang bisa kamu atasi adalah sebagai berikut:

Cek Kabel USB

Kamu harus memastikan bahwa kabel USB tidak mengalami masalah, dimana terdapat kabel USB bawaan dari pembelian headset Bluetooth yang bisa kamu gunakan.

Jika mengalami masalah charger tidak masuk, kamu bisa mencoba menggunakan kabel USB perangkat ponsel kamu.

Kepala Charger

Cek bagian kepala charger, memang ketika pembelian kamu tidak diberikan kepala charger khusus.

Namun hampir semua kepala charger yang digunakan untuk perangkat ponsel dapat digunakan untuk ngecas headset Bluetooth.

Headset Bluetooth Bermasalah

Jika dirasa kedua alat diatas memang tidak bermasalah, mungkin saja masalah terletak pada perangkat headset Bluetooth.

Tidak ada yang bisa kamu lakukan selain membawa headset Bluetooth ke service center, atau menggantinya dengan headset Bluetooth baru.

Demikian diatas merupakan langkah-langkah bagaimana cara ngecas headset Bluetooth. Semoga saja dapat berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.