Cara Menstabilkan Ping WiFi di Android

Penulis: Ai Konome

youtube

Cara menstabilkan ping WiFi dilakukan agar kamu bisa nyaman ketika bermain game online, khususnya untuk pengguna non provider, kamu harus coba tips berikut ini.

Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher yang memiliki istilah sebagai paket data internet yang dibutuhkan untuk mengakses suatu server dan sebaliknya.

Ping umumnya digunakan dalam semua game online yang menandakan semakin besar ping kamu, maka semakin banyak hambatan dalam mentransmisikan paket data ke induk server.

Sebaliknya, semakin rendah ping maka akan semakin cepat transmisi data dalam permainan, sehingga akan sangat memudahkan kamu dalam bermain game tersebut.

Semua orang pastinya ingin memiliki ping yang kecil, karena itulah mereka menggunakan jaringan WiFi daripada menggunakan jaringan data provider.

Pasalnya, data provider cenderung memiliki ping lebih besar dibandingkan dengan ping dari WiFi, namun tak jarang, pada jaringan WiFi juga ping kamu tidak stabil.

Ketika ping tidak stabil, masalah yang muncul adala delay dalam permainan, kamu akan merasakan patah-patah, lag dan pastinya akan sangat menyebalkan.

Oleh karena itulah, kamu bisa mencoba menggunakan cara menstabilkan ping WiFi yang akan Haxina.com sampaikan dibawa ini.

Cara Menstabilkan Ping WiFi di Android

Cara Menstabilkan Ping WiFi di Android

Berikut ini beberapa langkah cara menstabilkan ping WiFi di Android dengan mudah agar bermain game online dengan nyaman. Silahkan simak caranya berikut ini.

Gunakan Aplikasi “Ping”

Salah satu aplikasi yang bisa kamu coba adala aplikasi bernama “Ping”, dengan aplikasi ini kamu bisa mendapatkan ping yang lebih stabil dengan mudah hanya dengan beberapa settingan saja.

  • Pertama, silahkan install aplikasi. “Ping” terlebih dulu.
  • Berikutnya, silahkan masukan IP ke menu Host yang tersedia dalam aplikasi.
  • Klik Start, dan ping kamu akan dioptimalkan.

Aplikasi ini akan berjalan secara otomatis baik menggunakan jaringans elular ataupun menggunakan jaringan WiFi pada perangkat kamu.

Baca Juga: Cara Agar HP Xiaomi Tidak Lag Saat Bermain Game (Free Fire, Mobile Legends, PUBG Mobile, Genshin Impact)

Gunakan Game Booster

Game Booster tak hanya meningkatkan performa smartphone dalam bermain game, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan agar ping berjalan lancar.

Cara menggunakan Game Booster relatif sama untuk semua aplikasi, baik aplikasi bawaan, ataupun aplikasi Game Booster yang tersedia di Google Play Store.

  • Silakan buka aplikasi Game Booster bawaan atau kamu bisa install terlebih dahulu.
  • Berikutnya, pada halaman utama, silakan klik tanda + dan tambahkan game yang akan kamu mainkan.
  • Terakhir, buka game dalam aplikasi Game Booster, dan aplikasi akan secara otomatis mengoptimalkan game.
  • Selesai.

Dengan cara daiats game yang akan kamu mainkan akan berjalan dengan lancar, sekaligus mengoptimalkan ping jika suatu saat bermasalah.

Gunakan WiFi dengan Kabel Fiber Optik

Ada beberapa jenis kabel yang digunakan ketika pertama kali kamu berlangganan WiFi.

Yang mana diantaranya adalah kabel Coaxial, kabel Twisted Pair, dan kabel Fiber Optik.

Usahakan untuk berlangganan WiFi dengan kabel Optik agar transisi pada jaringan WiFi akan semakin cepat.

Ping sendiri biasanya dapat dipastikan dengan adanya latency atau tidak pada WiFi yang kamu gunakan.

Latency rendah akan menghasilkan ping yang rendah atau lancar, sedangkan latency tinggi akan menghasilkan ping besar, yang mana salah satu kabel yang rendah dalam latency adalah kabel fiber optik.

Baca Juga: Aplikasi Agar HP Tidak Lemot, Wajib Install!

Penutup

Demikian beberapa langkah-langkah cara menstabilkan ping WiFi di Android, dengan cara di atas, kamu dapat merasakan kenyamanan lebih ketika bermain game online.

Nantikan informasi menarik lainnya seputar teknologi dan game hanya di Haxina.com!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!