Begini cara menjalankan aplikasi Android di Windows 10 & 11. Caranya sendiri terbilang sangat mudah, kamu hanya memerlukan aplikasi tambahan yakni Emulator Android.

Emulator merupakan salah satu software yang dapat menjalankan program diluar software pada Windows. Emulator sendiri memiliki berbagai jenis loh, seperti Emulator Android, Emulator Game (PS, Gameboy, PSP dan lainnya).

Tentu saja agar perangkat komputer kamu bisa mendukung aplikasi Android, kamu membutuhkan adanya Emulator Android yang memungkinkan bisa menampung berbagai aplikasi dan game android di dalamnya.

Haxina berikut ini akan memberikan penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara menjalankan aplikasi Android di Windows 10 & 11. Kamu bisa menyimak tutorialnya dibawah ini.

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Windows 10 & 11

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Windows 10 & 11

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara menjalankan aplikasi Android di Windows 10 & 11.

Install Emulator Android

Kamu bisa menggunakan emulator android agar dapat menginstall aplikasi android pada perangkat PC.

Tersedia banyak emulator android yang bisa kamu gunakan, dan tentu saja masing-masing dari emulator memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebagai contoh, kita akan menggunakan emulator android bernama Bluestacks, kamu bisa mengunduh dan menginstall aplikasi Bluestacks pada halaman resmi-nya.

Buka Emulator Android (Bluestacks)

Karena kita memberikan contoh menggunakan emulator Bluestack, lanjut saja kita akan membahas sampai kamu bisa menggunakannya.

Silahkan buka aplikasi Bluestack yang sudah kamu install dengan cara pertama diatas, kemudian aplikasi akan memulai langkah secara otomatis, tunggu proses hingga selesai.

Daftar Akun Bluestack

Lanjut ke tahap berikutnya dimana kamu harus membuat akun Google agar dapat digunakan pada aplikasi Bluestack.

Jika kamu sudah memiliki akun Gmail, silahkan lakukan Sign In, jika belum buatlah dari awal.

Install Aplikasi Android

Sebenarnya ada dua langkah untuk cara menginstall aplikasi pada perangkat PC dengan menggunakan Bluestack.

Langkah pertama, kamu bisa menginstall berbagai aplikasi atau game pada Google Play Store yang terdapat didalam aplikasi emulator Bluestack.

Silahkan buka aplikasi Google Play Store didalam emulator Bluestack, kemudian cari aplikasi yang kamu butuhkan.

Setelah menemukan aplikasi, kamu bisa melakukan download dan menginstall aplikasi android seperti pada ponsel umumnya.

Cara kedua adalah melalui file APK yang bisa kamu dapatkan melalui peramban Google, dimana cara ini terbilang cukup mudah dilakukan.

Kamu cuku mencari dan mendownload file APK yang ada di Google, baik melalui APKpure dan situs penyedia aplikasi android lainnya.

Setelah file APK didapatkan, silahkan buka file APK dengan klik kanan, kemudian klik Buka dengan Bluestack.

Aplikasi akan terinstall secara otomatis, tunggu hingga aplikasi terinstall dan nantinya akan muncul pada emulator Bluestack.

Membuka Aplikasi Android di Emulator Bluestack

Langkah terakhir adalah dengan membuka aplikasi android yang sudah kamu install tadi. Caranya sangat mudah.

Kamu cukup klik tab Home di aplikasi Bluestack yang terletak diatas layar. Kemudian akan muncul semua aplikasi yang sudah terinstall di emulator Bluestack.

Double pada aplikasi yang ingin kamu buka, dan kamu bisa menggunakan aplikasi android di PC atau Laptop dengan menggunakan Bluestack.

Selain itu, kamu juga bisa membuat shortcut aplikasi android pada Desktop dengan cara menggeser icon aplikasi di Bluestack ke tampilan awal Desktop komputer kamu.

Baca Juga: Cara Instal Aplikasi Android di PC Tanpa Bluestack

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara menjalankan aplikasi Android di Windows 10 & 11. Semoga saja dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Sampai jumpa di ulasan lainnya!