Cara Mengirim Paket Dokumen Surat Lewat Pos

Cara Mengirim Paket Dokumen Surat Lewat Pos Indonesia

POS memiliki layanan pengiriman yang relatif terjangkau. Bahkan sampai sekarang masih banyak orang menggunakan jasanya apalagi untuk mengirim surat, Karena hal tersebut kami akan memberikan penjelasan mengenai cara mengirim paket dokumen surat lewat pos.

Jika dahulu menggunakan perangko untuk mengirim surat, seiring dengan perkembangan zaman sudah mulai modern. POS memiliki layanan yang sudah support dengan resi otomatis yang bisa kamu tracking untuk melacak paket dokumen surat yang dikirim sudah sampai mana. Apalagi layanan pengiriman POS di Indonesia sudah tersebar ke berbagai wilayah.

Cara Mengirim Paket Dokumen Surat Lewat POS

Contoh Dokumen Surat Pos Indonesia
Contoh Dokumen Surat Pos Indonesia

Paket Dokumen Surat yang bisa kamu kirimkan melalui POS diantaranya adalah ijazah, surat lamaran kerja, KTP, SIM, STNK, dan berbagai surat berharga lainnya. Tenang saja keamanannya terjaga dan sudah tersebar ke berbagai wilayah terpencil sekalipun. Bagaimana cara mengirim paket dokumen surat lewat POS nya? Simak ulasan berikut!

1. Buat atau Siapkan Dokumen Surat

Cara Mengirim Paket Dokumen Surat Lewat Pos yang pertama adalah dengan membuat atau menyiapkan terlebih dahulu dokumen surat yang akan dikirimkan. Kami sarankan gunakan kertas yang seukuran dengan amplop atau mop sehingga memudahkan kamu dalam melakukan pengiriman nantinya.

2. Packing Dokumen Surat dengan Rapih

Setelah selesai menyiapkan dokumennya, silahkan kamu langsung packing saja dan pastikan harus rapih jangan sampai terlipat. Akan lebih bagus lagi apabila kamu memiliki bublewarp agar melindungi isi paket dokumen suratnya. Bisa packing menggunakan Amplop Cokat dan Mop Folio.

3. Membuat Detail Informasi Alamat Tujuan

Jangan lupa untuk membuat detail informasi alamat tujuan. Jika ingin rapih kamu bisa mengetik lalu print dan tempelkan pada paket. Bisa juga dengan menulisnya secara manual. Informasi yang harus kamu sertakan diantarnya adalah nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon penerima, ataupun catatan kecil apabila diperlukan.

4. Cek Ongkir Paket Dokumen Surat Kamu

Jika semuanya sudah siap maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah cek berapa ongkos kirim yang harus kamu bayar. Untuk Tutorial cek ongkir POS nya, silahkan baca penjelasan berikut:

  • Buka Laman Website POS Indonesia
  • Lengkapi Informasi yang diperlukan seperti alamat asal pengirim dan alamat tujuan pengirim.
  • Pada Detail Pencarian, pastikan untuk memilih “Paket Kiriman Surat”
  • Masukan Berat atau Bobot Paket Dokumen Surat Kamu
  • Masukan Ukuran atau Dimensi Paket
  • Klik Cek Tarif untuk menampilkan Informasi Berapa Ongkir yang harus kamu bayar.
  • Harga Ongkir yang harus Kamu Bayar sudah Muncul di Layar

nah itulah tutorial mengenai cara cek ongkir paket dokumen surat jika kamu ingin mengitimkannya melalui POS Indonesia.

5. Kirimkan Paket Dokumen Surat

Setelah mengetahui berapa ongkos kirimnya, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah pergi ke cabang kantor pos terdekat yang ada di daerah kamu. Pastikan Bawa uang sesuai dengan ongkos kirimnya.

Menuju ke bagian pelayanan dan jelaskan ingin mengirimkan paket dokumen surat. Setelah itu kamu bayar ongkos kirim dan serahkan paketnya. Kamu akan mendapatkan bukti resi pengiriman untuk tracking atau melacak progress dari paket yang terkirim. Ini bisa kamu gunakan untuk memantau paket sudah sampai mana.

Nah itulah penjelasan mengenai cara mengirim paket dokumen surat lewat pos dari Haxina. Semoga bermanfaat dan membuat kamu jadi mengetahui bagaimana skema ataupun proses jika ingin mengirimkan paket dokumen surat melalui kantor POS Indonesia. Sekian dan Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!