Cara Menghitung PPh Badan

Cara Menghitung PPh Badan

Apabila saat ini kamu memiliki penghasilan besar baik itu dari bisnis atau dari lembaga yang dimiliki, sebaiknya mulai mengetahui tentang PPH badan. PPH adalah pajak penghasilan yang wajib dibayarkan sebuah badan usaha atau sejenisnya. Jika kamu masih belum mengetahui tentang bagaimana cara menghitung PPH badan sebaiknya mulai sekarang mempelajari bagaimana rumusnya.

Cara Menghitung PPH Badan

Cara Menghitung PPh Badan

Sebenarnya tidak sulit untuk menghitung PPH dari sebuah badan usaha. Terdapat rumus sederhana yang bisa membantu mendapatkan hasil tarifnya pajak. Di sini akan diberikan contoh tentang bagaimana cara sederhana menghitung PPH terutama bagi badan yang sudah dikenakan wajib pajak.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menghitung peredaran bruto misalnya saja 4 miliar. Badan usaha tersebut nantinya bisa mendapatkan potongan tarif PPH mencapai 50%. Hal ini sudah tercantum dalam undang-undang dasar mengenai perpajakan.

Jika sudah diketahui bahwa peredaran bruto mencapai 4%, maka cara menghitung PPH badan adalah sebagai berikut:

Persentase dari potongan tarif PPh x Persentase dari PPh x Penghasilan yang kena Pajak

Maka akan didapatkan hasil

= 50% x 20% x Rp4 miliar

=Rp400 juta

Cara Membayar PPh Badan

Selanjutnya apabila kamu sudah mengetahui tentang rumus menghitung PPH badan, selanjutnya juga perlu mengetahui tentang bagaimana cara membayar PPH badan tersebut. Saat ini setiap masyarakat bisa melakukan pembayaran pajak secara online maupun offline. Namun memang cara online lebih banyak dipilih karena lebih mudah dan praktis.

Apabila kamu ingin melakukan pembayaran pajak secara online langkah yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Masuk ke halaman website resmi DJP online
  2. Selanjutnya ada bisa login ke website tersebut dengan memasukkan username dan juga password yang sudah kamu miliki.
  3. Berikutnya kamu akan diminta untuk memasukkan berbagai informasi seperti NPWP, password, dan juga kode keamanan.
  4. Berikutnya akan tersedia beberapa opsi, kamu tinggal pilih menu Ise SSE.

Selanjutnya apabila sudah masuk ke menu tersebut, sistem akan secara otomatis mengirim SSE. Berikutnya akan muncul formulir yang harus diisi dengan benar. Kamu perlu memasukkan informasi seperti jenis pajak, tahun pajak, jenis toran, masak apa aja, jumlah setoran, dan lain sebagainya sesuai pada form yang muncul.

Setelah semuanya dimasukkan, Kamu bisa mengecek ulang informasi tersebut agar tidak ada yang keliru.

  1. Jika sudah, Kamu tinggal klik simpan kemudian klik kode billing, lanjutkan dengan cek kode billing.

Untuk melakukan pembayaran pajak, Kamu bisa melalui beberapa media atau channel seperti ATM, m-banking, atau bahkan melalui kantor pos.

Saat ini untuk melakukan pembayaran pajak kamu tidak perlu keluar rumah karena bisa dilakukan melalui smartphone. Perlu kamu pahami bahwa membayar pajak penghasilan merupakan suatu keharusan karena sudah diatur oleh undang-undang.

Kamu bisa melakukan perhitungan mandiri atau meminta bantuan konsultan pajak. Apabila sudah terbiasa melakukan penghitungan pajak sendiri, tentu tidak akan menemukan kendala yang berarti.

Bagi kamu yang sudah dikenakan wajib pajak memang sebaiknya mengetahui tentang bagaimana cara menghitung PPH badan 2023. Seiring berjalannya waktu, tarif pajak PPH badan 2023 juga sering berubah. Kamu perlu untuk terus memantau informasi terbaru mengenai pajak agar tidak melakukan kesalahan dalam pembayaran pajak.

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara menghitung PPH badan yang sangat mudah dan cepat. Semoga ulasan di atas membantu kamu yang sudah dikenakan wajib pajak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!