Cara Mengatasi Mi Cloud di Xiaomi Dengan Mode Fastboot

2 min read

Cara Mengatasi Mi Cloud di Xiaomi Dengan Mode Fastboot

Bagaimana cara mengatasi Mi Cloud di Xiaomi dengan mode Fastboot? Bagi kalian pengguna HP Xiaomi pasti tidak asing dengan sistem operasi bawaan yang sudah disediakan oleh HP asal Cina tersebut, tak lain adalah MIUI yang hingga sekarang sudah beranjak ke versi 11.0, demi mengikuti perkembangan teknologi maka salah satu raksasa teknologi tersebut juga harus mengikuti pengguna nya dari segi praktisi, efisiensi, dan tampilan / interface yang lebih memukau.

Umumnya di sistem operasi MIUI terdapat penyimpanan awan atau MIUI Cloud seperti google drive, yang dimaksudkan disini adalah secara garis besar file maupun dokumen kalian tersimpan di internet. Penyimpanan tersebut diberikan secara cuma-cuma dengan kapasitas sebesar 5 GB, MIUI Cloud diberikan otomatis sesuai dengan IMEI HP Xiaomi kalian, jika kalian baru membeli HP baru maka biasanya hanya perlu memberikan password saja.

Permasalahan yang sering terjadi adalah jika menemui error pada HP kalian atau baru saja di fastboot karena beberapa alasan, kemungkinan besar MI Cloud akan mengalami kendala berupa tidak bisa mendeteksi file-file yang sudah tersimpan sebelumnya. Berikut Cara Mengatasi Mi Cloud di Xiaomi dengan Mode Fastboot,

Cara Mengatasi Mi Cloud di Xiaomi Dengan Mode Fastboot

Bisa dianalogikan istilah boot atau booting adalah sebagai jalan pintas atau jalan masuk perangkat dalam mendeteksi seluruh sumberdaya yang ada, seperti hardware dan sistem operasi. Maka dari itu untuk meminimalisir kegagalan pembacaan imei untuk login ke MIUI Cloud dapat menggunakan fastboot.

Sesuai dengan analogi yang sudah dijabarkan diatas fastboot memiliki artian booting cepat, yang pada artinya log atau catatan aktivitas kalian dibersihkan. Bisa dibayangkan saat kalian memakai HP Xiaomi selama 3 tahun berapa log activity yang tercatat, berupa login, dan lain sebagainya sebenarnya hal tersebut tercatat saat booting dimulai.

Cara ini akan mempercepat booting sebab log kalian direset kembali dari awal, sehingga pendeteksian devices menjadi lebih cepat dan efisien dalam melakukan tugasnya. Berikut langkah untuk cara mengatasi Mi Cloud di Xiaomi dengan mode Fastboot.

  1. Perlu diingat bahwa setiap versi memiliki jalan masuk ke mode fastboot berbeda-beda, tetapi mayoritas adalah dengan klik power + volume bawah secara bersama, HP Xiaomi sebelumnya dalam keadaan mati.
  2. Lalu hubungkan PC dengan Laptop menggunakan port USB.
  3. Buka Command Prompt pada PC.
  4. Lalu ketikkan pada Command Prompt “fastboot devices”, enter.
  5. Lalu selanjutnya “fastboot -w”, enter.
  6. fastboot erase config”, enter.
  7. fastboot reboot”, enter.
  8. Otomatis setelah selesai melakukan langkah diatas maka HP Xiaomi kalian akan langsung restart.
  9. Lalu langkah terakhir adalah menyalakan HP seperti biasa, lalu buka MI Cloud. Login sesuai dengan password yang sudah dibuat sebelumnya.

Nah diatas sudah saya tuliskan bagaimana cara mengatasi Mi Cloud di Xiaomi dengan mode Fastboot. Semoga informasi yang saya berikan diatas bisa bermanfaat dan membantu permasalahan pada Mi Cloud di Hp Xiaomi yang anda miliki.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hp Xiaomi Lelet

Bagaimana Jika Masih Tidak Berhasil?

Terkadang dalam menghadapi suatu permasalahan, kita tidak akan selalu bisa berhasi. Termasuk juga untuk cara mengatasi Mi Cloud di Xiaomi dengan mode Fastboot yang sudah saya tuliskan diatas. Untuk anda yang masih belum berhasil mengatasinya dengan mode Fastboot. Berikut dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan.

1. Melakukan Test Point

Yang pertama anda bisa mengatasinya dengan melakukan test point. Karena secara umum, test point ini adalah metode yang paling mudah dan banyak digunakan. Hanya saja, untuk menggunakan mode test point hanya berlaku bagi smartphone dengan prosesor Snapdragon saja.

2. Mengganti EMMC

Berikutnya anda juga bisa mengganti part hardware atau eMMC dengan yang baru. Dimana eMMC adalah otak dari smartphone. Namun untuk biaya penggantian eMMC ini cukup mahal, bahkan bisa seperti harga Hp Baru.

Baca Juga: Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Redmi 2 Cepat Habis

3. Menggunakan Custom Rom

Terakhir, anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan custom rom. Dimana Custom Rom adalah firmware atau software yang sudah dimodifikasi. Jadi dengan menggunakan custom rom, smartphone Xiaomi anda akan berubah seperti model smartphone lainnya sesuai dengan firmware atau custom rom yang anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *