Cara Mengatasi Lubang Charger Laptop Longgar dan Kendor

2 min read

laptop 1

Inilah cara mengatasi lubang charger laptop longgar dan kendor. Laptop adalah komputer portable yang menggunakan sumber daya dari baterai untuk menghidupkannya, tetapi jika colokan atau lubang atau port casan atau charger laptop longgar pengisian daya akan tidak optimal.

Seringkali lubang port ini longgar karena ada tarikan atau cabutan yang sangat kencang dan menyebabkan komponennya pada Jack DCnya rusak. Bisa juga karena kabel charger tertendang dan menyebabkan colokan itu terputus secara keras tentunya tindakan ini bisa mengakibatkan port laptop anda menjadi kendor atau longgar.

Jika kamu mengalami masalah ini, kami akan memberikan tutorial cara mengatasi lubang charger laptop longgar dan kendor, bagi yang penasaran terus ikuti pembahasannya!

Cara Mengatasi Lubang Charger Laptop Longgar dan Kendor

Cara Mengatasi Lubang Charger Laptop Longgar dan Kendor

Sebelum ke pembahasannya, kami memperingatkan, cara ini bisa menghilangkan garansi laptop karena harus membongkar laptop dan mengganti beberapa komponennya.  Jadi jika kamu merasa awam untuk membongkar laptop secara mandiri tidak perlu memikirkannya untuk memperbaikinya sendiri. Kamu bisa meminta bantuan teknisi profesional dan mendatangi tempat service laptop terpercaya.

Tetapi jika kamu adalah orang yang sudah terbiasa dalam memperbaiki laptop dan sedang membutuhkan referensi, berikut pembahasannya:

Sediakan Bahan-Bahan Yang di Perlukan

  • Besi Solder
  • Multimeter (Opsional)
  • Obeng Kecil 1 set
  • Jack DC baru
  • Senyawa termal
  • Gelas sekali Pakai
  • Pematrian Braid
  • Isopropanol

Setelah bahan terkumpul, kita berlanjut pada langkah-langkah untuk memperbaikinya, berikut penjelasannya!

Bongkar Laptop

  • Lepaskan hard drive, driver optik, baterai, dan apapun yang dapat anda lepaskan
  • Lepaskan sekrup dan tetapkan nover sekrup, tempatkan sesuai dengan jenis skurp kedalam gelas sekali pakai, beri nomor pada gelas tersebut agar tidak tertukar dan hilang.

Lepaskan Konektor Plat

  • Amati bagaimana konektor pelat (Colokan) dipasang ke badan laptop
  • Geser drive datar dengan lembut dan angkat secara bertahap hingga pelat muncul.
  • Balikan Laptop dan Lepaskan konektor pelat
  • Lepaskan kabel dan colokan yang terpasang pada pelat

Catatan : Mekanisme bagaimana konektor plat ditempelkan ke badan laptop sangat bervariasi. Beberapa laptop diproduksi lebih sulit daripada yang lain jangan dipaksa menarik pelat keluar.

Keyboard dan LCD

  • Lepaskan beberapa sekrup, maka anda akan dapat melepaskan keyboard
  • Kemudian kamu dapat melepaskan kabel LCD dan Antena, lepaskan engsel asli dan lepaskan LCD
  • Jika laptop anda memiliki antena pastikan kabel mana yang terpasang

Lepaskan Exoskeleton

Setelah melepaskan beberapa sekrup, kamu dapat melepas kerangka luar atau casing laptop dengan mencari tahu cara sambungnya.

Lepaskan Endoskeleton

Sekarang anda bisa melihat laptop telanjang, buka lagi dan cabut konektor apapun yang terpasang dan lepaskan endoskeleton.

Lepaskan Soket Daya DC lama

Sekarang kamu dapat melihat papan sirkuit untuk daya DC. Silahkan lepaskan Desolder Jack DC lama anda.

Catatan : kamu bisa mencari panduan untuk melepas desolder ini di internet untuk melepaskannya.

Pasang kembali DC baru melalui papan DC, gunakan solder untuk memasangnya.

Menyolder Jack Daya DC Baru

Setelah pematrian, gunakan driver datar kecil untuk mengamankan ruang yang cukup untuk menempatkan kaki-kaki dari jack DC basang. Pasang dongkrak baru, dan kemudian solder kaki-kakinya.

Pasang Kembali

Kamu dapat memeriksa kontinuitas dengan multimeter, dalam kasus ini sulit untuk menempatkan probe ke dalam jack. Kemudian ikuti diagram dan kencangkan kembali skripnya.

Sebelum menempatkan endoskeleton, anda perlu membersihkan sisa-sisa termal dari pendingin CPU dengan Isopropanol dan penambahan setetes senyawa termal baru.

Pasang ulang kembali komponen laptop, dan pastikan semua kabel dan konektor terpasang kembali. Karena sulit untuk membukanya lagi dan menyambungkannya kembali.

Menyalakan kembali laptop untuk memastikan adaptor atau lubang DC bisa kembali normal.

Itulah cara mengatasi lubang charger laptop longgar, kamu bisa melakukanya dengan membaca secara seksama pembahasan diatas, jika cara diatas tidak bisa kamu lakukan sendiri kami sarankan untuk membawa laptop ke tempat service resminya agar mendapatkan perbaikan secara maksimal. Sekian dan Terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *