Cara Mengatasi Batre Hp Kembung Dengan Mudah

3 min read

Cara Mengatasi Batre Hp Kembung

Bagaimana sih cara mengatasi batre HP kembung? Tentu saja masalah baterai yang kembung di HP atau Smartphone menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu. Pasalnya karena masalah baterai yang kembung ini akan membuat konsumsi dan juga penggunaan baterai menjadi boros. Lalu bagaimana sih cara memperbaiki baterai hp yang kembung?

Seperti yang sudah kita bahas diatas, bahwa akibat atau dampak dari baterai HP yang kembung adalah akan membuat penurunan performa dari baterai hp itu sendiri, oleh sebab itu tentu saja munculnya masalah baterai yang kembung di HP tentu saja harus segera diatasi dengan cepat.

Sebab jika anda tidak dengan cepat mengatasi baterai hp kembung, tentu saja akan menghambat aktivitas dan juga kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi terkait bagaimana sih cara mengatasi batre hp kembung.

Penyebab Baterai HP Menjadi Kembung

Cara Mengatasi Batre Hp Kembung

Sebelum mengatasi baterai HP yang kembung, tentu saja anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sih yang membuat baterai HP menjadi kembung tersebut. Hal ini karena sangat penting untuk anda ketahui, pasalnya ada beberapa pengguna yang tidak sadar bahwa kebiasaan-kebiasaan yang sering mereka lakukan tersebut malah justru menghambat dan merusak kinerja dari baterai HP.

Nah untuk itu, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan apa saja sih penyebab dari baterai HP yang kembung.

1. Penggunaan Charger Yang Tidak Sesuai Standar

Salah satu penyebab dari baterai HP yang kembung adalah karena penggunaan charger yang tidak sesuai standar. Tentu saja saat anda membeli smartphone, anda juga mendapatkan satu set lengkap beserta dengan charger smartphone original tersebut.

Hal ini karena memang setiap HP atau smartphone memiliki syarat pengisian daya yang harus sesuai dengan ketentuan dan juga spesifikasi yang dibawa oleh HP itu sendiri. Oleh sebab itu juga sangat penting untuk melakukan pengisian daya menggunakan charger baterai yang original.

Sebab walaupun memiliki bentuk yang sama, setiap charger memiliki tegangan dan juga arus listrik yang berbeda-beda. Mungkin untuk orang awam anda tidak akan menyadari tentang hal itu, namun untuk orang yang benar-benar paham tentu saja akan sebisa mungkin menghindari penggunaan charger yang tidak sesuai dengan yang dianjurkan.

2. Tidak Mencabut Charger Walau Sudah 100%

Penyebab lainnya dari baterai smartphone yang kembung adalah karena overcharging atau lupa tidak mencabut charger walaupun baterai sudah terisi 100%. Kebiasaan melakukan pengisian daya baterai walaupun sudah 100%, tentu saja bisa berdampak pada kesehatan baterai dan tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan pada baterai yang kembung.

3. Menggunakan HP Sambil Dicas

Memang saat ini keberadaan dari HP sudah semakin masif dan meningkat. Namun hal tersebut tentu saja tidak harus membuat anda menggunakan HP sambil dicas ya. Kebiasaan buruk ini tentu saja harus anda hindari karena bisa menjadi salah satu penyebab dari baterai HP yang kembung.

4. Kebiasaan Menggunakan Powerbank

Powerbank memang sangat membantu untuk melakukan pengisian daya baterai menggunakan Powerbank. Memang keberadaan dari powerbank ini sangat membantu dikala anda membutuhkan smartphone di kondisi darurat saat HP sedang lowbat. Namun dampak jika anda terlalu sering menggunakan Powerbank, terutama untuk Powerbank dengan kemampuan yang kurang mumpuni tentu saja akan membuat kinerja dan juga kualitas dari baterai menjadi berkurang.

Untuk itu, sebisa mungkin anda hindari kebiasaan menggunakan Powerbank untuk melakukan pengisian ulang baterai. Gunakan powerbank jika memang dalam keadaan mendesak dan benar-benar darurat.

Langkah Mudah Cara Mengatasi Batre HP Kembung

Cara Mengatasi Batre Hp Kembung

Nah jika diatas sudah saya tuliskan apa saja sih penyebab dari baterai HP menjadi kembung. Lalu bagaimana sih cara mengatasi batre hp kembung dengan mudah? Nah jika baterai HP anda sudah terlanjur kembung dan ingin memperbaikinya, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan bagaimana sih cara memperbaiki baterai HP yang kembung yang bisa anda lakukan.

1.     Copot Baterai Terlebih Dahulu

Langkah pertama untuk mengatasi baterai HP yang kembung adalah dengan mencopot baterai terlebih dahulu. Dimana untuk bisa mengempiskan baterai ponsel yang sudah terlanjur kembung dengan mudah, kalian hanya perlu menyediakan obeng kecil saja.

Lepaskan terlebih dahulu casing bagian belakang, kemudian gunakan obeng kecil untuk mencopot baterai dari HP. Untuk anda yang menggunakan HP dengan baterai removable, anda tidak perlu menggunakan obeng untuk melepaskan baterai.

Untuk itu, langkah pertama silahkan anda lepaskan dulu baterai HP dari ponsel. Sebagai langkah awal dalam cara mengatasi batre HP kembung.

2.     Masukkan Ke Dalam Freezer

Langkah berikutnya setelah anda melepaskan baterai dari HP, tentu saja anda harus memasukkannya ke dalam freezer. Hal ini karena salah satu penyebab dari baterai HP kembung adalah karena kelebihan gas yang terdapat di dalam wadah HP. Nah proses terciptanya gas itu terjadi karena hasil reaksi kimia dari elektroda dengan elektrolit di dalam baterai.

Solusi yang paling tepat untuk mengempiskan baterai Hp yang kembung adalah dengan memasukkannya ke dalam freezer. Walaupun ada cara lain yaitu dengan menusuk menggunakan jarum, namun untuk cara yang satu ini tidak begitu saya rekomendasikan karena cukup berbahaya.

Anda hanya perlu membungkus baterai terlebih dahulu dengan menggunakan plastik pembungkus, sebelum memasukkannya ke dalam freezer.

3.     Ambil Baterai Dari Dalam Freezer Dan Keringkan

Setelah anda memasukkan baterai ke dalam Freezer, biarkan selama beberapa hari. Setelah itu silahkan anda ambil baterai dari dalam Freezer kemudian keringkan.

Namun yang harus anda ingat adalah proses mengeringkan baterai ini jangan sampai anda menjemurnya di bawah panas terik matahari langsung. Lebih baik anda mengeringkan dengan cara menggunakan kipas angin. Karena jika anda mengeringkan langsung di bawah terik matahari, tentu saja sangat berbahaya dan bisa berpotensi meledak.

4.     Pasang Baterai Ke HP

Langkah terakhir, cara mengatasi batre HP yang kembung tentu saja adalah dengan memasang kembali baterai ke dalam HP. Pastikan setelah anda mengeringkan baterai, langsung dipasang ke HP dengan menggunakan obeng.

Namun pastikan saat anda mulai memasangkan lagi baterai ke HP, pastikan jika kondisi baterai benar-benar sudah kering ya. Saat anda memasangkan ulang baterai ke HP, disini anda baru sadar bahwa kondisi baterai sudah normal kembali dan tidak kembung.

Nah itulah bagaimana cara mengatasi batre Hp kembung dengan mudah dan cepat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang mengalami masalah baterai Hp kembung. Namun perlu anda ingat, saat kondisi baterai HP anda sudah normal kembali, jangan sampai anda mengulang kesalahan yang sama dengan melakukan beberapa hal yang bisa membuat baterai HP menjadi kembung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *