Cara Membuat Efek Cahaya Di Corel Draw Yang Keren

Cara Membuat Efek Cahaya Di Corel Draw Yang Keren

Bagaimana cara membuat efek cahaya di Corel Draw? Membuat efek cahaya di Corel Draw sangat penting untuk diketahui, terutama untuk anda yang ingin memberikan efek lampu di objek yang berupa teks, lingkaran, kotak dan bentuk-bentuk lainnya. DImana dengan menambahkan background yang gelap ditambah dengan efek lampu tentu saja akan membuat desain grafis yang anda buat menjadi lebih nyata.

Untuk sebagian orang, mungkin Corel Draw bukan menjadi hal yang asing lagi. Apalagi untuk anda yang memiliki hobi mengedit foto, membuat desain logo, pamflet, baliho dan sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama mengenai bagaimana cara membuat efek cahaya di Corel Draw untuk teks, garis yang dibuat menggunakan Rectangle Tool.

Kenapa kita menggunakan Corel Draw pada tutorial kali ini? Sebab Corel Draw bisa dibilang menjadi salah satu aplikasi desain grafis terbaik yang pernah ada. Bahkan Corel Draw juga menjadi salah satu aplikasi desain grafis yang selalu mendapatkan update setiap saat. Hingga saat ini Corel Draw sudah ada di versi terbarunya yakni Corel Draw X9.

Cara Membuat Efek Cahaya Di Corel Draw Semua Versi

Cara Membuat Efek Cahaya Di Corel Draw

Bisa dibilang Corel Draw mempunyai banyak sekali manfaat dan keunggulan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakannya untuk keperluan desain grafis. Sebab dengan menggunakan Corel Draw anda bisa menghasilkan gambar vektor dan desain karya digital lainnya yang berkualitas profesional.

Balik lagi ke topik pembahasan, lalu bagaimana cara membuat efek cahaya di Corel Draw? Nah untuk anda yang sudah penasaran dengan bagaimana cara membuat efek cahaya di Corel Draw. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Membuat Efek Cahaya Di Corel Draw

Untuk bisa membuat efek cahaya di Corel Draw bisa dilakukan dengan mudah. Dimana anda hanya perlu menggunakan beberapa tool-tools standar dan dasar yang tersedia di Corel Draw. Nah berikut adalah cara membuat efek cahaya di Corel Draw.

  1. Langkah pertama silahkan anda buka dulu aplikasi Corel Draw yang terinstall di laptop atau komputer anda.
  2. Berikutnya silahkan anda buat project baru dengan ukuran bebas.
  3. Buat background dengan menggunakan bantuan Rectangle Tool kemudian beri warna sesuka hati anda.
  4. Buat lagi objek persegi panjang dengan menggunakan rectangle tool, dimana objek ini lah yang akan kita gunakan untuk membuat efek cahaya di Corel.
  5. Selanjutnya silahkan anda klik kanan di objek yang sudah anda buat tadi, kemudian silahkan anda pilih menu Convert to Curves.
  6. Langkah berikutnya silahkan anda aktifkan shape tool, kemudian silahkan atur objek menjadi berbentuk sedikit mengerucut di bagian atas (seperti efek cahaya lampu).
  7. Jika sudah, silahkan anda beri warna putih pada objek tersebut.
  8. Hapus garis di pinggirnya dengan cara memilih outline pen, kemudian anda pilih no outline, Atau anda klik kiri kemudian anda klik tanda silang di bagian palet warna yang berada di bawah tool Corel.
  9. Langkah berikutnya silahkan anda ubah objek tersebut menjadi bitmaps dengan cara select objek, kemudian anda pilih Bitmaps di bagian menu atas. Berikutnya anda ubah saja convert to bitmap.
  10. Berikutnya anda pilih lagi menu Bitmaps, kemudian pilih Blur, pilih Gaussian Blur.
  11. Silahkan anda atur blur sesuai dengan selera dan efek cahaya yang ingin anda berikan.
  12. Jika sudah, silahkan anda pilih menu Transparency tool untuk bisa mengatur transparansi dari efek cahaya yang ingin diberikan.
  13. Langkah berikutnya anda hanya perlu membuat duplikat objek cahaya yang sudah anda buat tadi, kemudian atur sedemikian rupa sampai berbentuk seperti efek cahaya.
  14. Langkah selanjutnya silahkan anda pilih Polygon Tool, kemudian silahkan anda atur menjadi berbentuk persegi 6.
  15. Aktifkan menu shape tool, kemudian anda tarik sudut di segi 6 hingga berbentuk seperti bintang.
  16. Berikan warna putih pada shape tool tersebut, dan kalian ubah ke bitmap. Atur blurnya sesuai dengan selera.
  17. Duplikat kemudian anda susun seperti efek butiran cahaya-cahaya.
  18. Selesai, sekarang anda sudah bisa membuat efek cahaya di Corel Draw.

Baca Juga:

Nah itulah bagaimana cara membuat efek cahaya di Corel Draw yang keren dan realistis. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin ingin mengetahui bagaimana cara menciptakan efek cahaya di Corel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *