File WhatsApp Tersimpan Dimana? Ini Lokasi Foldernya!

Bertanya-tanya File WhatsApp Tersimpan Dimana? Tenang saja, Haxina akan membantu kamu untuk menemukan jawabannya pada artikel ini. Kami akan membahas secara lengkap mengenai letak folder WhatsApp untuk mengakses media yang tersimpan. Yuk langsung saja simak pembahasan berikut ini untuk mengetahuinya!

File WhatsApp Tersimpan Dimana? Ini Lokasinya di Android!

File WhatsApp biasanya akan tersimpan otomatis pada penyimpanan internal. Namun, jika kamu menggunakan media penyimpanan lainnya seperti kartu SD Eksternal, bisa juga file media yang tersimpan terlekat pada kartu SD tersebut.

Berikut lokasi folder WhatsApp jika tersimpan pada penyimpanan internal:

Penyimpanan Internal/Android/Media/com.whatsapp/WhatsApp/Media/

Pada folder tersebut, kamu akan menjumpai banyak kategori folder. Mulai dari Video, Audio, Image, Document, Stickers, hingga Voice Notes.

Jika media WhatsApp otomatis tersimpan pada Kartu SD eksternal, letak foldernya kurang lebih sama. Silahkan explore folder yang terdapat pada kartu SD dan temukan media dari com.whatsapp untuk mengaksesnya.

Lokasi Folder Media WhatsApp di iPhone (iOS)

Perlu kamu ketahui bahwa iPhone menggunakan mekanisme sistem yang berbeda dengan Android. Hal ini menyebabkan folder penyimpanan WhatsApp juga berbeda letaknya.

Pada iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS, kamu tidak bisa mengakses folder penyimpanan WhatsApp secara langsung melalui file explorer. Hal ini disebabkan oleh kompleksnya iOS dalam menjaga privacy agar data pengguna tetap aman terjaga.

File yang ada di WhatsApp langsung tersimpan pada aplikasi. Namun tenang saja, karena kamu masih bisa menyimpan secara manual media yang ada di WhatsApp, seperti foto ataupun file lainnya. Caranya sebagai berikut:

Cara Simpan Foto WhatsApp Ke Galeri iPhone

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pergi ke menu Pengaturan WhatsApp
  • Lalu pilih opsi Chat
  • Aktifkan fitur Simpan ke Camera Roll

Cara Simpan File Dokumen WhatsApp di Iphone

Untuk menyimpan file dokumen, kamu bisa memanfaatkan fitur File Sharing pada iPhone. Jika ingin lebih praktis, untuk menyimpan semua file yang ada, kamu hanya perlu login WhatsApp di Desktop dan unduh secara manual untuk di simpan di perangkat Desktop kamu.

Pentingnya Mengetahui File WhatsApp Tersimpan Dimana

Sebagai pengguna WhatsApp tentu saja sangat penting untuk mengetahui letak folder penyimpanan media atau File yang ada di WhatsApp. Tujuannya agar kamu dapat leluasa mengkontrol file tersebut dan bisa mempermudah untuk berbagai urusan, seperti melakukan backup manual atau memindahkan file-file penting.

Kami harap dengan hadirnya artikel ini bisa membantu kamu untuk mengetahui file WhatsApp tersimpan dimana secara default. Selain itu, perlu kamu ketahui juga bahwa file yang tersimpan di WhatsApp bisa kamu atur apakah ingin otomatis diunduh atau tidak saat ada orang yang mengirimkannya.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa pergi ke Menu Pengaturan, Pilih Opsi Penyimpanan dan Data, lalu atur melalui opsi Unduh otomatis media. Jika kamu ingin menonaktifkannya, silahkan gunakan opsi Tidak Ada Media.

FAQ Seputar File WhatsApp Tersimpan Dimana

1. Apakah File WhatsApp Bisa Disimpan di Kartu SD?

Tentu saja bisa! Jika kamu mengaktifkan penyimpanan eksternal, bisa kamu atur lokasi penyimpanannya ke kartu SD.

2. Bagaimana Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan File WhatsApp?

Sampai saat ini, WhatsApp masih belum menyediakan fitur yang dapat digunakan para pengguna untuk mengatur lokasi penyimpanan file. Namun kamu bisa memindahkan file dari folder penyimpanan WhatsApp ke lokasi lainnya secara manual melalui file manager Android.

3. Apakah File WhatsApp Akan Hilang Jika Aplikasi Dihapus?

Ya, File WhatsApp akan hilang jika aplikasinya dihapus jika kamu tidak melakukan backup sebelumnya. Namun jika sudah melakukan backup, file akan tersimpan di tempat kamu membackupnya, contohnya pada Google Drive.

Akhir Kata

Nah itulah pembahasan lengkap mengenai File WhatsApp Tersimpan Dimana dari Haxina. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu untuk lebih mengetahui dimana letak pasti folder penyimpanan Aplikasi WhatsApp. Terima kasih!

Baca Juga: Cara Melihat Voice Note WhatsApp yang Terhapus

Tinggalkan komentar