6 Cara Mengatasi Discord Tidak Ada Suara

Sedang mengalami masalah Discord Tidak Ada Suara? Jika iya, maka kamu sangat tepat berkunjung kemari karena Haxina akan membagikan solusi untuk mengatasinya.

Masalah hilangnya suara pada Discord sangat mengesalkan apabila terjadi. Menghilangkan fungsi utama Discord yang memang menjadi sebuah platform berkomunikasi. Harus segera diselesaikan masalahnya agar Discord dapat digunakan kembali sebagaimana mesti fungsinya.

Nah bagi kamu yang penasaran dan ingin mengetahui apa penyebab serta bagaimana cara mengatasi Discord Tidak Ada Suara, silahkan langsung simak saja pembahasan lengkap berikut ini!

Penyebab Discord Tidak Ada Suara

Penyebab Discord Tidak Ada Suara

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi sumber masalah atau penyebab kenapa Discord Tidak Ada Suara. Mulai dari masalah hardware, koneksi internet, dan lain-lainnya. Lebih lengkapnya dapat kamu simak pada penjelasan di bawah ini!

1. Pengaturan Audio yang Salah

Penyebab pertama kenapa Discord tidak ada suara adalah karena adanya kesalahan pada pengaturan audio. Biasanya kondisi volume perangkat berada di tingkatan nol sehingga tidak dapat mengeluarkan output suara sama sekali. Jadi apabila masalah ini terjadi, silahkan cek bagian pengaturan audio perangkat ya untuk memastikannya.

2. Adanya Kerusakan Hardware Audio Perangkat

Penyebab selanjutnya adalah karena adanya kerusakan pada hardware audio perangkat. Contohnya seperti komponen speaker, audio card, atau perangkat audio-audio lainnya. Harap cek satu per satu untuk menemukan dimana letak sumber masalahnya.

3. Kendala Koneksi Jaringan

Koneksi jaringan internet yang buruk juga bisa menjadi penyebab kenapa Discord Tidak Ada Suara. Seperti yang kita ketahui bahwa Discord sendiri merupakan platform komunikasi online yang memang pada dasarnya membutuhkan koneksi internet agar dapat terhubung ke server.

Bisa saja audio tidak keluar karena faktor delay. Terdapat jeda yang cukup lama ketika terhubung ke server karena kendala jaringan. Jadi harap pastikan koneksi internet kamu lancar ya sebelum menggunakan Discord.

4. Server Discord Sedang Gangguan

Server yang bermasalah atau sedang gangguan juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Selain dapat membuat Discord tidak ada suara, bisa juga menyebabkan masalah lainnya seperti discord tidak bisa dibuka atau diakses sama sekali.

Jika sedang terjadi gangguan pada server, semua fungsi atau fitur yang ada tidak akan bisa kamu gunakan. Baru bisa digunakan kembali ketika server sudah normal atau proses maintenance server discord nya selesai.

5. Terjadi Konflik Perangkat Lunak

Terjadi konflik perangkat lunak bisa juga menjadi salah satu penyebabnya. Mungkin ada software lain yang sedang menggunakan fungsi audio sehingga ketika menggunakan Discord audionya tidak keluar. Untuk mengetahui apa perangkat lunak yang konflik, kamu bisa cek melalui task manager dan melihat mana saja aplikasi yang sedang berjalan.

Nah itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kenapa Discord tidak ada suara. Dengan mengetahuinya akan membuat kamu lebih mudah lagi dalam menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalahnya.

Cara Mengatasi Discord Tidak Ada Suara

Cara Mengatasi Discord Tidak Ada Suara

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, kamu juga perlu tau apa saja solusi yang ampuh untuk mengatasi masalahnya. Berikut informasi lengkap mengenai cara mengatasi Discord tida ada suara!

1. Cek Volume Audio Perangkat

Cara mudah yang dapat kamu lakukan pertama kali untuk mencoba mengatasi masalahnya adalah dengan cek volume audio perangkat. Pastikan tidak berada di tingkatan nol atau kosong agar dapat mengeluarkan output suara.

2. Pastikan Koneksi Internet Normal

Setelah memastikan bahwa volume audio tidak nol namun tetap masih belum memunculkan suara, kemungkinan terjadi delay karena faktor jaringan yang buruk. Solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan jaringan internet yang normal dan lancar.

Kamu bisa lakukan on-off data untuk me-refresh jaringan. Bisa juga mengaktifkan mode pesawat dalam beberapa menit setelah itu nonaktifkan kembali. Setelah dipastikan jaringan internet sudah normal dan lancar, silahkan buka Discord dan tes untuk play audio atau bisa juga untuk berkomunikasi.

Jika suara sudah terdengar maka sudah dipastikan bahwa kamu berhasil mengatasi masalahnya. Namun jika ternyata masih belum ada hasilnya, kemungkinan besar ada hardware audio yang rusak.

3. Cek Hardware Audio Perangkat

Silahkan kamu cek dan pastikan apakah ada hardware audio perangkat yang rusak atau tidak. Jika ternyata ada hardware audio yang rusak, maka sangat wajar apabila perangkat tidak bisa mengeluarkan suara. Tentu saja hal ini berdampak juga pada discord.

Solusinya ada dua, yaitu dengan kamu memperbaiki hardware audio yang rusak ataupun menggunakan perangkat audio eksternal. Contohnya bisa menggunakan earphone, headset, ataupun speaker tambahan. Dengan begitu pasti audio akan terdengar lagi saat kamu menggunakan Discord.

4. Tunggu Hingga Server Discord Kembali Normal

Discord tidak ada suara bisa terjadi akibat gangguan server. Jika ini yang menjadi sumber masalahnya, maka solusinya kamu perlu menunggu proses maintenance server Discordnya selesai.

Biasanya akan banyak media yang memberitakan bahwa Discord sedang error dan tidak bisa diakses. Jadi kamu tunggu saja hingga kembali normal, akan lama atau tidaknya tergantung dari seberapa parah masalah yang terjadi pada server Discord.

5. Mulai Ulang Discord

Melakukan restart Discord terkadang juga efektif untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi. Bisa saja masalah Discord tidak ada suara terjadi karena bug atau kesalahan sistem sesaat. Dengan melakukan restart sudah cukup untuk mengatasinya. Dijamin Discord akan kembali normal dan bisa kamu gunakan kembali untuk berkomunikasi.

6. Update Discord Ke Versi Terbaru

Terakhir kamu bisa melakukan update discord ke versi terbaru untuk mengatasi masalahnya. Dengan mengupdate ke versi terbaru, otomatis semua masalah atau bug pada versi sebelumnya terselesaikan. Bahkan ada keuntungan lain yang akan kamu dapatkan juga seperti Discord yang menjadi semakin lebih ringan dan responsif.

Akhir Kata

Sekian pembahasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi Discord Tidak Ada Suara dari Haxina. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam menemukan solusi efektif untuk mengatasi masalahnya. Terima kasih!

Tinggalkan komentar