Cara Mengatasi Speaker iPhone Tidak Bunyi

Cara Mengatasi Speaker iPhone Tidak Bunyi

iPhone merupakan perangkat cerdas yang dimana fitur yang sangat penting hadir diantaranya adalah suara, mulai dari notifikasi, mendengarkan lagu, menelpon dan lainnya. Namun kamu mungkin menemukan masalah speaker iPhone tidak bunyi, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab speaker iPhone tidak bunyi bisa dikategorikan menjadi dua hal, pertama disebabkan karena masalah pada software atau pengaturan pada iPhone, dan adanya kerusakan pada hardware iPhone seperti speaker.

Haxina akan menjelaskan penyebab serta cara mengatasi speaker iPhone tidak bunyi yang bisa kamu terapkan agar masalah pada iPhone kamu bisa teratasi tanpa harus membawanya ke service center. Langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Speaker iPhone Tidak Bunyi

Cara Mengatasi Speaker iPhone Tidak Bunyi

Berikut ini merupakan tutorial mengenai cara mengatasi speaker iPhone tidak bunyi yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah kamu. Simak dan terapkan baik-baik.

Cek Pengaturan Notifikasi Aplikasi

Baik android maupun iPhone akan memiliki pengaturan khusus untuk memunculkan apakah suatu aplikasi mendapatkan pemberitahuan atau tidak.

Kamu bisa mengeceknya secara mandiri melalui pemberitahuan pada pengaturan dengan cara sebagai berikut.

  • Buka Settings dan kemudian klik menu Notifications.
  • Berikutnya silahkan cari aplikasi yang ingin kamu aktifkan pemberitahuan.
  • Masuk pada aplikasi tersebut dan aktifkan opsi “Allow Notifications”.
  • Selesai.

Dengan melakukan langkah di atas, setiap akan muncul notifikasi pada aplikasi tersebut maka iPhone kamu akan berbunyi, masalahnya jika tidak diaktifkan, iPhone akan hening tanpa suara.

Baca Juga: Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Suara

Matikan Fitur Do Not Disturb

Do Not Disturb merupakan salah satu fitur yang memungkinkan tidak akan terganggu dengan apapun di iPhone. Fitur ini digunakan ketika kamu sibuk atau sedang dalam acara penting sehingga tidak ingin diganggu.

Ketika diaktifkan, iPhone akan dalam keadaan hening atau silent sehingga tidak memunculkan suara apapun. Seolah-olah mungkin disebabkan karena kerusakan, rupanya fitur Do Not Disturb sedang aktif sehingga tidak mengakibatkan bunyi.

Untuk mematikan Do Not Disturb cukup mudah, kamu bisa membukanya melalui Toggle yang ada di homescreen iPhone yang berlogo bulan sabit. Silahkan klik untuk mematikannya.

Tombol Silent/Ring Aktif

Bisa saja masalah speaker tidak bunyi disebabkan kamu mengaktifkan tombol Ring atau Silent pada sisi kiri iPhone, dimana jika ini diaktifkan maka tidak akan ada notifikasi suara apapun yang masuk.

Kamu bisa melihat tombol warna orange yang artinya diam, dan jika berwarna hitam artinya berdering. Silahkan atur tombol tersebut untuk memunculkan bunyi.

Speaker Rusak

Masalah terakhir terletak pada hardware di iPhone terutama untuk speaker, dimana jika mengalami kerusakan tentu saja tidak akan menimbulkan berbagai bunyi di iPhone.

Untuk mengetahui apakah speaker rusak atau tidak kamu bisa mengeceknya sendiri pada pengaturan. Caranya sebagai berikut.

  • Pergi ke Pengaturan di iPhone.
  • Kemudian pilih menu Sounds.
  • Pada menu Ringer And Alerts silahkan geser ke volume tertinggi.
  • Jika muncul suara, speaker dalam keadaan normal, dan jika tidak maka speaker rusak.

Cara ini dapat dilakukan untuk mengetahui apakah iPhone bisa berbunyi atau tidak termasuk kerusakan pada hardware atau software.

Bawa ke Service Center

Jika kerusakan pada hardware speaker, langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawanya ke service center.

Pastikan kamu membawanya ke service center resmi dan sebutkan semua keluhan pada iPhone kamu.

Baca Juga: Cara Mengecek Nomor Seri Iphone, Asli atau Palsu

Demikian diatas merupakan informasi mengenai bagaimana cara mengatasi speaker iPhone tidak bunyi. Semoga saja bisa bermanfaat dan sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *